10 Tips Sukses Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate

Tips Sukses Wawancara Kerja Untuk Fresh GraduateBagaimana tips sukses wawancara kerja untuk fresh graduate agar bisa diterima diperusahaan impian? Disini akan dijelaskan ada 10 tips yang bisa Anda terapkan agar berhasil. Tips ini tidak hanya berguna untuk yang baru lulus saja, tetapi bisa juga diterapkan untuk orang yang ingin melamar kerja meski sudah lama menganggur namun belum pernah kerja sama sekali.

Ada banyak perusahaan yang ingin mencari orang-orang yang sudah berpengalaman. Namun ada rahasianya agar Anda bisa diterima tanpa harus punya pengalaman dulu. Ya, Anda bisa mendapatkan pekerjaan idaman meski pun baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja.

Satu hal lagi, bahwa tidak semua perusahaan hanya mencari orang yang berpengalaman. Ada juga yang mencari fresh graduate dan ada juga yang mencari keduanya. Artinya masih ada kesempatan bagi Anda meski baru lulus kuliah. Tidak perlu takut.

Tentunya ada banyak faktor agar wawancara kerja membawa Anda pada keberhasilan. Namun, faktor utama bukan karena pengalaman semata. Faktor utamanya adalah bagaimana sikap Anda atau bagaimana Anda secara personal. Bukan karena pengalaman Anda. Bukan pula karena Anda fresh graduate. Belum punya pengalaman hanya sedikit berpengaruh dalam kelulusan.

Sisanya adalah bagaimana Anda menjual diri ke perusahaan. Hal ini meliputi : apa saja yang bisa Anda tawarkan ke perusahaan dari diri Anda yang apa adanya, bagaimana Anda bisa menjual pengalaman organisasi (jika ada), bagaimana kemampuan Anda menyelesaikan masalah, bagaimana sikap Anda, penguasaan materi pelajaran Anda, dan sebagainya.

Mereka akan meneliti itu, bukan pengalaman kerja Anda. Ini adalah faktor utama yang kemudian saya sebut sebagai tingkat kepercayaan diri Anda. Lalu, apalagi tipsnya? Percaya diri adalah tips pertama dan utama kemudian disusul 9 tips lainnya. Berikut ini adalah 10 tips sukses wawancara kerja untuk fresh graduate.

Tips Sukses Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate


1. Memiliki Percaya Diri Yang Tinggi

Percaya diri yang tinggi adalah kunci sukses utama Anda karena seperti yang sudah saya jelaskan di atas hal ini mencakup bagaimana Anda bisa menjual diri Anda. Dimana menjual diri ini hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Bukan hanya sekedar memiliki kepercayaan diri tetapi kepercayaan diri yang tinggi dan sejati.

Percaya diri yang tinggi akan membuat Anda dipercaya oleh perusahaan tempat Anda melamar kerja. Jika Anda tidak percaya diri bagaimana bisa orang lain mempercayai diri Anda? Lalu, bagaimana cara meningkatkan percaya diri? Cara percaya diri terbaik silahkan baca di sini.

2. Melakukan Research

Setelah melatih kepercayaan diri, Anda juga harus mempersiapkan faktor sukses lainnya. Yaitu apa saja pengetahuan Anda tentang perusahaan tempat Anda melamar kerja. Pastikan Anda telah mengetahui tentang perusahaan tersebut sebelum melakukan wawancara. Anda harus tahu tentang di bidang apa perusahaan tersebut bergelut sampai ke posisi yang Anda inginkan.

Apakah ini penting? Sangat penting. Sebab pertanyaan tentang pengetahuan Anda mengenai perusahaan tersebut sering ditanyakan pada wawancara kerja. Meskipun tidak selalu namun ada baiknya Anda menyiapkannya buat jaga-jaga.

3. Praktek Terlebih Dahulu

Sebelum wawancara, Anda bisa mencoba mempraktekannya dengan teman Anda. Suruh teman Anda menanyakan hal-hal yang mungkin ditanyakan saat wawancara nanti. Dengan latihan ini akan lebih memantapkan Anda untuk bisa lulus wawancara kerja.

4. Pilih pakaian yang tepat

Memilih pakaian yang tepat juga dianjurkan. Sebab hal tersebut akan menjadi salah satu yang dinilai pertama kali saat Anda memasuki ruang wawancara. Pakailah pakaian yang rapi dan jangan memakai kaos.

5. Datang Tepat waktu

Pada saat wawancara kerja kedisiplinan Anda dinilai pertama kali. Untuk itu, datanglah tepat waktu. Minimal 30 menit sebelum wawancara dimulai Anda sudah datang ditempat wawancara kerja.

6. Berikan Kesan pertama terbaik Anda

Tampilkan kesan pertama yang baik. Ini penting sekali. Untuk menampilkan kesan yang baik Anda harus memperkenalkan diri, berbicara dengan jelas dan berjabat tangan dengan tegas.

7. Presentasikan diri Anda

Disinilah letak kepercayaan diri Anda diuji. Anda bisa menjual diri Anda lewat presentasi Anda. Perkenalkanlah diri Anda lengkap dengan semua kelebihan dan keahlian yang Anda miliki. Jika Anda percaya diri, Anda akan melakukannya dengan baik. Baca juga : Cara meningkatkan percaya diri saat presentasi.

8. Gunakan Bahasa tubuh yang baik

Gunakan bahasa tubuh yang baik. Seseorang akan lebih cenderung mengingat seseorang dari apa yang mereka lihat. Oleh karena itu, tunjukkan bahasa tubuh yang baik. Tersenyumlah dan bersikaplah ramah.

9. Akhiri dengan baik

Saat wawancara berakhir, Anda harus memberikan kesan yang baik pula seperti saat pertama kali Anda wawancara. Berikan senyuman, jabat tangan dan jangan lupa ucapkan terima kasih atas waktu yang mereka berikan untuk Anda. Akhiri wawancara ini sebaik mungkin seperti saat Anda mengawalinya.

10. Follow Up

Baiknya juga Anda aktif setelah wawancara berakhir. Anda dapat mengirimkan email ucapkan terima kasih terhadap pewawancara. Hal ini akan membuat Anda semakin diingat.

Demikian tips sukses wawancara kerja untuk fresh graduate ini. Semoga bisa membantu Anda dan bisa membuat Anda sukses wawancara kerja meski Anda belum punya pengalaman.

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.

Leave a reply "10 Tips Sukses Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate"