Tips Mengatasi Rasa Gugup

mengatasi rasa gugupApakah anda pernah merasa gugup saat mau melakukan presentasi di tempat kerja atau pada saat kuliah. Anda tidak bisa duduk diam, tangan dan kaki anda gelisah ? Telapak tangan anda mulai berkeringat, anda tidak merasa tenang dan gugup? Apa yang harus Anda lakukan? Nah, berikut adalah tips mengatasi rasa gugup yang akan saya berikan, pada saat anda gugup saat presentasi.

Tips Mengatasi Rasa Gugup

1.Anda harus mempersiapkan diri

Langkah pertama untuk mengatasi rasa gugup adalah dengan mempersiapkan diri. Jika anda ingin mengadakan presentasi, maka pelajari lah terlebih dahulu catatan-catatan anda dan apa yang akan di sampaikan pada saat presentasi. Mempersiapkan ini semua dengan hati-hati dan cermat akan mengurangi rasa gugup anda secara signifikan, dan akan membuat anda lebih percaya diri.

2.Tarik Napas 30 kali Dalam-dalam

Langkah selanjutnya untuk mengatasi rasa gugup adalah dengan menarik napas 30 kali dalam-dalam. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda lakukan :

1.Duduklah dengan posisi yang santai dengan kaki yang terlentang.

2.Kemudian simpan tangan anda di perut. Menggunakan perut, bernapaslah perlahan melalui hidung. Jika anda melakukannya dengan benar, maka perut anda akan membesar dan anda akan merasakannya melalui tanganmu.

3.Lalu buang napas secara perlahan melalui hidung dan lakukan dengan sedikit tenaga sehingga perut bisa tertarik masuk ke dalam menuju punggung anda.

4.Kemudian tarik dan buang napas selama 30 kali, ambillah napas yang perlahan dan dalam.

5.Setelah anda mengambil 30 kali napas dalam dan fokus untuk menghitungnya, maka tidak hanya anda akan merasakan lebih santai dan terfokus, tubuh anda juga akan secara otomatis bernapas seperti itu tanpa perlu fokus padanya.

6.Mengambil napas dengan menggunakan perut akan berguna juga ketika anda mulai merasa gugup atau tidak fokus ketika anda ingin presentasi.

Tentu persiapan ini harus di lakukan setidaknya 30 menit sebelum presentasi, agar anda memiliki waktu yang lebih lama. Di Jamin, ini akan mengatasi rasa gugup anda dan meningkatkan percaya diri anda.

3.Lebih sering berlatih

Anda harus terus berlatih jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan berlatih akan menempatkan diri anda pada situasi yang bisa membuat anda gugup, akan membuat anda semakin percaya diri. Jika anda sudah pernah mengalami hal tersebut sebelumnya, maka anda akan tahu apa saja yang mungkin akan terjadi, sehingga anda akan semakin merasa nyaman dan mengatasi rasa gugup anda.

4.Visualisasi Dengan Cara yang Positif

Kurangi menvisualisasi apa yang mungkin salah pada masa depan. Karena hal ini tentunya bisa membuat tingkat rasa gugup yang tinggi. Hal ini juga bisa memberikan hasil yang sama seperti apa yang anda imajinasikan atau takutkan. Jika anda berpikiran akan gagal, maka anda telah mempersulit diri anda sendiri untuk berhasil.

Yang lebih baik adalah menvisualisasikan secara positif. Ini adalah cara yang lebih berguna dan menyenangkan untuk dilakukan dengan imajinasi anda. Bagaimana anda menvisualisasikan sesuatu yang akan terjadi akan banyak merubah bagaimana anda bersikap, apa yang anda katakan dan apa yang anda rasakan pada masa yang akan datang dan hal-hal itu bisa memberikan efek yang besar pada apa yang sedang terjadi.

Itu saja tips untuk mengatasi rasa gugup pada saat presentasi kerja atau pada saat presentasi kuliah. Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk hal-hal lain yang membuat anda gugup.

Rahasia Sukses Percaya diri

Orang yang percaya diri tentu akan mudah sukses dalam karir ketimbang orang yang kurang percaya diri. Hal ini sudah jelas, dan saya rasa semua orang sudah tahu.

Lalu, apa rahasia sukses percaya diri itu?

Rahasia sukses percaya diri ini sudah teruji pada diri saya. Sebuah strategi yang di kembangkan dengan memperhatikan akar permasalahannya. Bukan hanya membahas aspek luar saja, tetapi langsung pada esensinya. Oke deh langsung saja liat lebih lengkapnya di sini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *