Tips Mengatasi Marah yang Berlebihan

mengatasi marahSaya yakin banyak di antara anda (termasuk saya) yang pernah marah. Marah mungkin boleh-boleh saja, tetapi bagaimana kalau marahnya berlebihan. Tentu ini akan membuat anda tidak terlihat baik dihadapan orang, membuat anda akan tertekan, dan emosi yang tidak terkontrol.

Bagaimana cara mengatasi marah tersebut?

Nah, berikut adalah beberapa saran praktis untuk mengatasi marah, terutama mengatasi marah yang berlebihan.

Tips mengatasi marah yang Berlebihan

1.Diam Sejenak

Diam sejenak akan membantu anda mengatasi marah berlebihan. Karen jika kita berbicara dalam rasa marah, kita pasti akan memperburuk situasi dan sangat mungkin menyakiti perasaan orang lain.

Jika kita berbicara dalam rasa marah, kita mungkin akan menemukan bahwa orang-orang akan menanggapi dengan rasa marah juga, menciptakan sebuah lingkaran kemarahan. Takutnya akan berujung pada perselisihan.

Maka, cara terbaik adalah dengan diam sejenak. Setelah dia sejenak, maka anda akan dapat mengatasi marah dengan baik.

2.Tinggalkan orang-orang yang telah membuat anda marah

Kemudian untuk mengatasi marah sebaiknya anda segera menghindari objek kemarahan anda. Itu, penting agar tidak berkelanjutan. Bila anda marah pada seseorang, diam sejenak kemudian anda tinggalkan orang itu adalah hal terbaik yang bisa anda lakukan.

Hal ini juga bisa membuat anda terhindar dari serangan balik dari orang-orang yang telah membuat anda marah. Mereka menyerang balik karena mereka tahu, anda telah marah.

3.Gunakan alasan untuk mengatasi marah.

Jika anda marah, maka katakan pada diri anda bahwa “kemarahan anda tidak akan membantu anda dengan cara apapun”. Kemarahan itu hanya akan membuat situasi menjadi lebih buruk.

4.Merubah Mindset terhadap Objek kemarahan

Anda harus segera berbuat baik terhadap orang yang membuat anda marah. Guru spiritual mengatakan jika anda menganggap orang yang telah membuat anda marah seperti anak usia 5 tahun, maka kemarahan anda akan reda.

Jika anda berpikir tentang orang lain sebagai anak berusia 5 tahun yang tak berdaya, kasih sayang dan pengampunan anda yang akan muncul. Jika adik kecil anda tidak sengaja menusuk anda, anda tidak akan merasakan kemarahan dan keinginan untuk membalas.

Sebaliknya anda hanya akan merasa dia masih terlalu muda dan perlu tahu hal-hal yang lebih baik. Latihan ini mungkin terlihat konyol, namun terbukti mampu mengatasi kemarahan.

5.Nilai perdamaian jauh lebih tinggi dibanding rasa marah.

Jika Anda jauh menghargai perdamaian dibandingkan dengan rasa marah, maka anda pun akan mencoba segera berdamai. Atau jika anda meletakkan perdamaian lebih tinggi di atas permusuhan. Maka anda akan segera sadar bahwa anda perlu segera berdamai dan menghilangkan rasa marah itu.

6. Fokus pada lawannya

Jika anda marah pada sifat tertentu pada seseorang, maka anda harus fokus pada kebaikannya. Fokuskan diri anda pada kebaikannya, sehingga hal ini akan membuat anda bisa mengatasi marah.

7. Tarik nafas dalam-dalam.

Mengenai hal ini juga saya jelaskan pada artikel tips mengatasi rasa gugup. Menarik napas dalam-dalam ini juga bisa dilakukan ketika anda marah. Karena hal ini akan membuat anda lebih tenang.

8. Bermeditasi.

Berlatih meditasi secara teratur untuk membawa kedamaian batin anda kedepan. Jika kita dapat memiliki akses menuju kedamaian batin, maka kita akan mampu memanfaatkan hal ini selama masa pengujian.

9. Tersenyumlah

Selain tips di atas untuk mengatasi marah yang berlebihan, maka tersenyum adalah cara lainnya dan cukup ampuh. Meskipun ini kadang sulit. Kalau anda terbiasa segera tersenyum ketika mau marah, maka hal ini lebih mudah di lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *