Tips Mencari Ide Untuk Menulis Artikel

No comment 609 views

Tips Mencari IdeTerkadang kita kehabisan ide untuk menulis artikel. Padahal, kita harus menulis banyak artikel setiap hari untuk di posting ke beberapa blog yang kita punya. Bagaimana caranya menghasilkan ide? Hal ini juga saya alami, sehingga karena tidak punya ide buat nulis artikel akhirnya saya tidak jadi untuk posting artikel. Karena kendala seperti itu, maka saya pun mencari cara sedemikian rupa untuk bisa cepat menghasilkan ide. Apakah Anda juga mengalami hal yang sama? Untuk itu tips mencari ide untuk menulis artikel ini di buat.

Nah, berikut saya akan bagikan tips mencari ide untuk menulis artikel.

1. Bacalah buku sebanyak-banyaknya yang sesuai tema blog Anda.

Tips mencari ide pertama adalah Anda bisa membaca buku. Misalnya tema blog saya adalah motivasi maka saya pun membaca banyak buku tentang motivasi. Hal ini juga di lakukan oleh blogger-blogger lainnya. Sebut saja Yayat Sudrajat ~ Bloggerpemula.com -tinggal di Surabaya~Jawa Timur.

Dengan membaca buku-buku motivasi kita pun mendapat banyak pengetahuan dan ide untuk menulis artikel.

2. Bagaimana perasaan Anda hari ini?

Dengan mengenali perasaan Anda pada hari di mana Anda ingin menulis artikel akan memberikan kita ide untuk menulis artikel. Misalnya perasaannya senang. Senang karena apa? Anda bisa curhatkan di blog Anda. Mungkin ini tips mencari ide yang sangat mudah untuk Anda.

3.Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM)

Hal ini juga terkadang saya gunakan kalau lagi kering ide. Dengan melototin tulisan sahabat yang bagus, Saya tiru dan modifikasi seperlunya, tentunya dengan izin yang punya dan menyertakan link sumber diakhir tulisan.

4. Apa yang Anda lihat, dengar, dan alami?

Waw, ini benar-benar cara sederhana tetapi justru bisa membuat kita produktif. Anda bisa menghasilkan banyak artikel kalau Anda melakukan ini.

5. Blogwalking

Bagi seorang blogger, jalan-jalan yang paling menyenangkan ya blogwalking. Dengan blogwalking Anda akan mendapatkan banyak ide dari membaca artikel, ataupun dari mengamati blog orang lain. Tentu saja jangan copas.

6. Perjalanan

Ini juga mengasikkan. Ceritakan perjalanan Anda. Misalnya saja Anda sedang rekreasi. Maka ceritakan saja tentang rekreasi itu sedetail mungkin.

7. Apa berita trend saat ini?

Lihat aja TV apa yang jadi trend? tulislah artikel yang trend tersebut. Misalnya berita politik, olahraga, gosip artis, atau apa pun yang lagi trend saat ini.

Masih ga dapat ide? ya sudah mending Anda tidur saja, :-). Yang terpenting adalah jangan takut salah atau tidak bagus, yang penting tuangkan semua yang ingin di tulis. Karena tidak ada kata terlambat untuk belajar.Sebenarnya metode bagaimana metode kita mencari ide, itu tergantung dari kebiasaan diri sendiri. Mungkin cara seseorang menghasilkan ide itu berbeda.

Demikian tips mencari ide dari saya. Bagaimana menurut Anda? Apa Anda memiliki cara lain untuk mencari ide? Anda bisa share di sini. Semoga bermanfaat 🙂

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.

Leave a reply "Tips Mencari Ide Untuk Menulis Artikel"