Tinggalkan Sikap Perfeksionisme

perfeksionismeBanyak sekali orang yang terkena rasa cemas atau gangguan-gangguan lainnya, Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang perfeksionisme. Atau orang yang menginginkan segala sesuatu berjalan sebagaimana kehendaknya. Mereka tidak mau kekurangan. Mereka akan cemas kalau ada kemungkinan terjadi kerusakan. Misalnya mereka memerlukan teman-teman yang tanpa cacat, anak-anak taat, dan lain-lain.

Fakta yang perlu kita ketahui adalah di dunia ini selalu ada perasaan kurang. Kesempurnaan itu hanya terdapat pada para penyair, para pujangga.

Sebagai contoh adalah terwujudnya kejujuran di dunia ini adalah mustahil. Di dunia ini anda akan menemukan orang yang suka berbohong, menipu, bahkan munafik. Jumlah mereka pun tidak sedikit. Oleh karena itu, adanya kejujuran secara mutlak adalah hal yang tidak akan pernah terjadi.

Pertanyaannya kemudian adalah apakah anda akan bersedih atau berduka bila seseorang yang memiliki kehidupan terhormat di mata masyarakat, ternyata adalah seorang yang pembohong? Apakah anda akan bersedih hati apabila melihat seseorang yang anda anggap tulus ikhlas, ternyata adalah seorang yang munafik?

Apakah anda akan merasa cemas dan bersedih hati melihat kezaliman, kekerasan, dan penindasan yang menimpa orang-orang lemah. Anda mungkin bertanya mengapa tidak menimpa orang-orang jahat saja?

Perfeksionisme akan menyebabkan kecemasan yang tidak akan ada habisnya. Ia selalu menginginkan kesempurnaan, memang diakui bahwa semua orang pasti ingin hidup tenang dan bahagia tanpa masalah. Tetapi faktanya ialah tidak ada makhluk didunia ini yang diciptakan sempurna.

Hidup penuh tantangan, jika dijalani dengan baik, maka akan menghasilkan yang baik bagimu. Walupun untuk mencapai hal itu harus menghadapi berbagai cobaan dan masalah yang bertubi-tubi muncul kepadamu. Maka dibutuhkan sifat sabar dan jangan pernah putus asa.

Berbaik sangkalah (berpikir positif) kepada Allah, karena mungkin saja sesuatu yang telah terjadi tidak sesuai dengan keinginan kita, tetapi akan bermanfaat bagi kita di kemudian hari nanti
Kenapa Bisa Menjadi Perfeksionisme?

Saya menemukan ada tiga hal umum yang mendorong seseorang menjadi perfeksionisme. Perfeksionisme dapat terjadi karena salah satu atau kombinasi dari tiga penyebab perfeksionisme. jika kamu perfksionis, mungkin salah satu penyebabnya dapat kamu temukan dari ketiga daftar dibawah ini:

1.Hasrat untuk bertumbuh menjadi seseorang yang hebat.
Mungkin anda perfeksionisme karena adanya keinginan dalam diri untuk menjadi hebat.

2.Harapan sosial.
Perfeksionisme muncul karena harapan lingkungan sosialmu. Keluarga, guru, pelatih, manajer dan pemimpin yang otoriter serta gaya diktator menyebabkan perfeksionis dengan membuat standart yang terlalu tinggi dari patokan yang kita butuhkan untuk mencapai kesuksesan.

3.Rasa tidak aman
Bagi sebagian orang, perfeksionisme mungkin timbul dari rasa tidak aman dalam diri mereka sendiri. Orang orang yang telah mendapat dan menghadapi semacam diskriminasi atau dikucilkan sejak dulu akan mengembangkan perasaan tidak mampu atau kekosongan.

Bagaimana pun sikap perfeksionisme akan mengngganggu anda! Terlalu perfeksionisme akan membuat anda selalu khawatir pada segala hal!

Disisi lain perfeksionisme akan mengganggu. Meskipun ada sisi dimana perfeksionisme bersifat lebih baik! Namun menurut saya sisi yang kurang lebih banyak, so tinggalkan perfeksionisme!

semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *