Sudahkah Anda Menentukan Tujuan Hidup Anda?

tujuan hidupDi dunia ini, terdapat milyaran orang yang menghembuskan nafasnya setiap hari, tetapi, sudahkan mereka pastikan untuk apa mereka bernafas? Apa tujuan mereka bernafas? Apa tujuan hidup mereka? Bagaimana dengan kita? apakah kita semua sudah menentukan apa tujuan hidup kita? Jangan-jangan kita hidup hanya untuk menghabiskan umur yang diberikan Tuhan saja. Syukurlah kalau sudah. Dan, saya berdoa semoga tujuan kita tercapai.

Kata pepatah, hidup di dunia itu cuma sebentar. Saking sebentarnya, ibarat orang mampir minum saja. Sayang kalau waktu yang cuma sebentar ini tak berarti. Tapi, tak semua orang bisa dengan mudah menentukan apa yang ia tuju dalam hidupnya. Bahkan, tidak semua orang memiliki tujuan hidupnya.

Mungkin anda akan berpikir buat apa memikirkan tujuan hidup. Menghabiskan waktu saja. Lebih baik kita produktif dan mendapat sesuatu yang lebih konkret. Itu hak anda. Tapi, coba pikirkan sebentar. Apakah anda termasuk orang yang percaya kalau hidup itu penuh arti? Kalau anda percaya hidup anda punya arti, punya makna, so apapun yang anda lakukan juga pasti bermakna.

Bagaimana cara menentukan tujuan hidup?

Bagaimana cara kita bisa menemukan tujuan hidup kita. Berikut adalah langkah praktis untuk menentukan tujuan hidup.

1.Ambil secarik kertas kosong
2.Jangan lupa, di bagian atas kertas anda tuliskan judul “apa tujuan hidup saya?”
3.Tuliskan apa saja yang anda tuju dalam hidup anda. Atau, jika anda ingin lebih cepat, buka laptop dan mulai menulis.
4.Jangan berhenti menulis semua yang anda inginkan sampai anda menemukan jawaban yang membuat anda meneteskan sedih atau bahkah sampai menangis. Ya, jangan berhenti sampai anda menangis.

Jawaban yang anda temukan dalam keadaan menangis itulah yang anda cari dalam hidup anda. Siapapun anda, apapun pekerjaan anda, apapun jabatan anda, saya yakin anda perlu waktu untuk bisa meneteskan air mata. Entah anda presiden, pengusaha sukses, karyawan, orang kaya, orang miskin, temukan hal itu sampai anda menangis.

Banyaknya waktu yang kita perlukan tak sama. Ada yang 10 menit menulis sudah menangis. Ada yang 1 jam baru bisa menangis, atau bahkan 3 jam baru bisa menemukan apa yang ia cari dalam hidup. Dan, daftar jawaban setiap orang juga berbeda- beda. Ada yang sudah mendapatkan tujuan pada urutan no 90, ada juga yang urutan 200 baru bisa menangis. Semua ini tergantung keadaan pikiran masing-masing. Juga, tergantung pada memori setiap orang.

Kita pasti mengalami pengalaman hidup yang berbeda-beda. Dan, pengalaman ini pula yang membuat tujuan kita berbeda dari yang lain.
Sekarang anda mungkin bertanya, kenapa saya menulis artikel ini? Adakah hubungannya dengan bisnis internet? Atau saya mau alih profesi jadi guru spiritual? 🙂

Sederhana saja alasannya. Tujuan hidup anda akan mengawal kehidupan anda sehari-hari. Tujuan anda akan mempengaruhi keseharian anda.

Apa yang anda lakukan mau tidak mau pasti mengarah pada apa yang anda tuju. Itulah pentingnya memiliki sebuah tujuan dalam hidup. Ada satu titik yang kita tuju, ada sebuah perjalanan yang kita lalui, ada sebuah skenario yang mesti kita lakoni. Dan, semua itu anda sendiri dalangnya. Anda sendiri sutradaranya. Semoga maksud saya bisa anda pahami.

Nah, dengan menentukan tujuan hidup, di harapkan anda tidak salah melangkah. Jangan sampai anda sia-sia menjalani hidup selama ini. Karena hidup terlalu berarti jika hanya sekedar menghembuskan nafas saja. Selamat menentukan tujuan hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *