Sebab-sebab Kegagalan Produktivitas Karyawan

ProduktivitasBerbicara mengenai tugas seorang pemimpin memang cukup berat. Ia harus membaca dan menggiring anak buahnya bersama-sama mencapai tujuan demi satu tujuan yaitu sukses membangun perusahaan.

Kesuksesan karyawan salah satunya karena adanya produktivitas yang baik dari pemimpinnya. Tentu saja, juga dipengaruhi oleh sikap dan tindakan karyawan itu sendiri.

Tidak dapat di pungkiri bahwa untuk memberdayakan para karyawan agar mencapai produktivitas yang diharapkan masih merupakan hal yang sulit. Karena kemampuan setiap karyawan dalam mencapai produktivitasnya tidaklah sama.

Nah, menurut pakar karier Dr. Donald E. mengatakan ada lima hambatan utama produktivitas karyawan yaitu :

1.Seleksi Awal Yang Kurang Baik

Seleksi merupakan tahap yang cukup menentukan untuk mendapatkan karyawan yang potensial. Maka, perlu diberlakukan seleksi yang cukup ketat untuk mendapatkan kandidat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Paling tidak, calon karyawan tersebut nantinya bisa mencapai target atau sasaran yang ditetapkan.

Untuk menanggapi hal ini, maka anda sebagai calon karyawan harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lulus seleksi itu. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kreativitas. Agar bisa lulus seleksi dan menjadi karyawan harapan perusahaan.

2.Training Yang Kurang Memadai

Pelatihan adalah investasi untuk memperkuat dan meningkatkan keterampilan dan sikap kerja karyawan. Perusahaan sering kali lupa dan terlena pada hasil yang diperoleh, padahal hasil yang diperoleh besok belum tentu sebagus kemaren. Akibatnya, produktivitas karyawan pun semakin buruk. Lebih jauh, perusahaan bisa mengalami kerugian. Jadi, sebaiknya di lakukan training secara berkala untuk karyawan.

3.Beban Kerja yang Berlebihan

Beban kerja yang tinggi tidak menjamin karyawan sukses mencapainya. Hendaknya beban kerja dibuat rasional. Ingat, orang yang rasional akan mencapai hasil yang rasional dalam waktu yang rasional pula. Membebani terlalu berat justru menyebabkan rendahnya produktivitas orang. Mungkn lebih produktif jika Anda meminta karyawan untuk mengerjakan lebih sedikit tugas namun lebih menghasilkan.

4.Ketidaksesuaian antara Tujuan Perusahaan dan Tujuan Pribadi

Seperti halnya tiap individu, perusahaan pun memiliki tujuan. Semakin mudah pula karyawan dalam mencapai tujuan itu. Sebaliknya, ketidaksesuaian tujuan perusahaan dan pribadi menyebabkan konflik batin yang cukup berat. Jangankan mencapai produktivitas, berangkat kerja saja rasanya berat.

5.Kelelahan Mental

Banyak karyawan yang merasa lelah dengan rutinitas kerja sehari-hari. Belum lagi jika menghadapi rekan-rekan yang tidak kompak, bos yang arogan, atau gaji yang kurang. Hal ini sering kali menyebabkan karyawan mengalami kelelahan mental karena mereka harus menahan konflik batin yang tidak ringan.

Jadi, jika ingin mencapai produktivitas yang diinginkan maka antisipasi kegagalan dan hambatan dengan memperbaiki hal- hal diatas. Demi kepuasan bersama, ada baiknya Anda buka jalur komunikasi terbuka pada mereka.

Oke, itulah beberapa hambatan produktivitas karyawan. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel tentang sebab-sebab kegagalan produktivitas karyawan.

4 thoughts on “Sebab-sebab Kegagalan Produktivitas Karyawan

  1. Kunjungan sore untuk anda 😀
    Banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang saya dapat dari artikel yang anda buat, semoga dapat diterapkan dalam keseharian dan prilaku orang-orang yang membaca artikel anda.
    Terimakasi untuk infonya semoga bermanfaat untuk orang banyak. Salam anomtunggal.
    Mampir juga ke blog saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *