Rahasia Sukses Para Miliarder Dunia (Bag. 1)

rahasia suksesApa sih rahasia sukses itu?Nah, untuk itu sebelum membahas rahasia sukses, saya uraikan arti sukses itu seperti dibawah ini.

Sukses adalah ketika kita bisa membeli apapun yang kita inginkan..
Sukses adalah ketika kita bisa pergi berlibur kemanapun kita mau…
Sukses adalah ketika kita bisa memberi (bersedekah) kepada siapapun dan berapapun jumlahnya yang kita inginkan…
Sukses adalah ketika kita memiliki kesehatan yang sempurna karena kita punya cukup waktu dan uang untuk memeliharanya…
Apa lagi? Silahkan tambahkan sendiri…

Lalu, apa rahasia sukses para miliarder?

Robert T. Kiyosaki dalam buku Cashflow Quadrant menggambarkan bagaimana rahasia sukses orang-orang di dunia ini mencari uang. Dia membagi dua kuadran bagaimana orang mencari uang di dunia ini. Coba anda lihat anda saat ini berada dikuadran mana?Jika anda berada di kuadran yang benar berarti anda sudah berada di jalur rahasia sukses para miliarder.

Kelompok ini harus terus aktif bekerja untuk menghasilkan uang (active income). Kuadran ini diwakili oleh pekerja dan pengusaha kecil atau profesional. Artinya mereka menukarkan waktu mereka untuk mendapatkan uang. Mereka harus tetap bekerja terus menerus. Kemudian ini disebut sebagai paradigma umum yaitu paradigma yang dilakukan orang pada umumnya.

Paradigma umum ini adalah orang-orang yang berada di kuadran kiri dan lebih banyak menggunakan otak kiri (masih ingat dengan buku 7 keajaiban rezeki miliki Ippho Santosa?).

Tahukah anda kalau 90 % orang di dunia ini berada di Kuadran Kiri. Coba saja lihat di lingkungan sekitar Anda. Tidak usah jauh-jauh profesi saya juga sebagai seorang apoteker berada di kuadran kiri (Mau pindah ke kuadran kanan kok :-))

Mereka yang berada di paradigma umum mencari penghasilan dengan cara:
1.Menjadi karyawan, contohnya buruh, pekerja kantoran, PNS, dll
2.Seseorang yang bekerja untuk dirinya sendiri, contohnya tukang becak, fotografer, dokter, artis, penyanyi, pelukis, presenter, dll.
3.Pengusaha kecil, contohnya buka warung/toko, jualan pulsa, punya usaha kecil-kecilan, dll.

Pertanyaannya, anda sedang berada dimana? Jangan khawatir, kalaupun anda sedang berada di kuadran kiri, anda bisa saja merubahnya kapanpun anda mau, selama anda masih punya waktu, betul?

Mereka yang berada di kuadran kiri, ketika mapan bisa saja mendapatkan kebebasan finansial tetapi tidak dapat mendapatkan kebebasan waktu. Kenapa? Karena biar bagaimanapun kita harus mengakui bahwa kita harus memenuhi kebutuhan hidup sampai kita mati. Berarti, kita perlu mencari uang atau menukarkan uang kita seumur hidup kita? Berarti, kita harus bekerja seumur hidup. Anda mau bekerja seumur hidup? Padahal ada hal-hal yang memaksa kita tidak bisa bekerja lagi. Sebagai contoh kalau kita sakit, dan lain-lain.

Konsep Paradima Umum memaksa seseorang terikat dengan pekerjaan selamanya.Karena dia mendapatkan penghasilan dengan mengorbankan waktu untuk bekerja. Mereka bisa saja punya banyak uang tetapi banyak diantara mereka yang tidak punya banyak waktu untuk menikmati hasil jerih payahnya. Sangat disayangkan kan kalau kita punya rumah besar tetapi ternyata yang menikmatinya adalah pembantu anda. Kalau anda punya kolam renang besar, tetapi yang berenang adalah tukang kebun di rumah anda :-).

Kuadran kanan. Kelompok ini tanpa bekerja bisa mendapatkan uang (pasive income). Ketika mapan, mereka bisa mendapat kebebasan waktu, finansial dan kebebasan untuk memilih bagaimana mengisi waktu dan bagaimana menggunakan uang mereka. Nah, ini dia sukses sejati. Dan disebut sebagai paradigma sukses. Dan ini yang saya maksud rahasia sukses para miliarder.

Inilah rahasia sukses para miliarder


Sebenarnya apa yang dilakukan orang sukses sehingga bisa sukses? Inilah yang saya maksud rahasia sukses itu, yaitu rahasia sukses para miliarder. Mereka merubah paradigma mereka dari paradigma umum menjadi paradigma sukses. Bagaimana paradigma orang sukses? Mari kita lihat cara berpikir orang-orang yang berada di Kuadran Kanan. Orang-orang yang menjadi pemilik usaha bersistem dan Investor.

Orang sukses itu tidak bekerja hanya untuk menghasilkan uang semata. Mereka bekerja susah payah bukan untuk uang dulu, tapi untuk membangun aset produktif. Selanjutnya ketika aset produktif tersebut sudah berjalan dan tersistematis dengan baik, maka aset tersebut akan menghasilkan uang sendiri tanpa harus bekerja lagi. Wah, enak sekali ya?

Dengan memiliki aset yang produktif, Anda tetap punya penghasilan tanpa harus bekerja lagi (pasif). Anda tetap masih bisa mewujudkan rencana masa depan. Anda tetap bisa menjamin biaya hidup anak cucu. Anda punya waktu untuk menemani anak-anak, orang tua, suami/isteri Anda. Anda tetap bisa liburan setiap hari di saat teman-teman Anda sedang sibuk di kantornya. Istilah kerennya adalah “Everyday is holiday”

Bagaimakah caranya memiliki aset yang produktif ini? Nantikan kelanjutan tulisan ini pada Rahasia Sukses Para Milyader Dunia (Bag. 1). Baca artikel selanjutnya pada rahasia sukses para miliarder bagian 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *