• Follow us : Facebook Google+ RSS Feed
Home » Pengembangan Diri » Rahasia Sukses dalam Belajar

Rahasia Sukses dalam Belajar

Janet's Rich Banana Bread Recipe Rahasia Sukses dalam Belajar
56

belajarBelajar adalah sesuatu yang harus dilakukan dalam menuntut ilmu dan mencapai impian. Kita di tuntut banyak belajar agar memiliki banyak wawasan dalam menjalani kehidupan ini. Seperti halnya sebuah pepatah, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Begitu pentingnya belajar.Belajar bisa dilakukan dari banyak hal, baik disekolah, maupun dari pengalaman yang kita peroleh. Dalam belajar kita pasti memiliki cara-cara sendiri yang menurut kita mudah dan bisa dimengerti. Namun, tidak semua orang bisa belajar dengan baik. Terkadang ada beberapa orang yang kesulitan belajar. Nah, disini saya akan menulis beberapa rahasia sukses dalam belajar terutama untuk pelajar.

Rahasia Sukses dalam Belajar

1.Keinginan kuat

Rahasia sukses yang pertama adalah harus memiliki keinginan yang kuat. Seseorang yang memiliki keinginan yang kuat untuk belajar tidak akan berhenti belajar di tengah jalan. Dia akan selalu bersemangat untuk belajar. Untuk itu tumbuhkan keinginan kuat anda untuk belajar. Untuk mendapatkan keinginan kuat setidaknya anda harus mencintai pelajaran anda. Cari alasan mengapa anda harus belajar. Mudah-mudahan ini bisa membuat anda termotivasi untuk belajar.

2.Disiplin dan teratur

Anda harus dapat mengembangkan pola belajar secara teratur dan terencana, kemudian Anda harus disiplin diri untuk mentaati rencana belajar yang telah Anda susun tersebut. Jangan banyak menunda. Menunda malah akan membuat anda gagal dalam belajar. Disiplin dan teratur akan memberikan anda kesuksesan dalam belajar.

3.Menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar

Bagi saya lingkungan yang kondusif sangatlah penting sebagai kunci sukses belajar. Lingkungan yang tidak kondusif akan membuat anda tidak konsentrasi belajar. Biasanya inspirasi itu datang dalam kamar yang nyaman. Begitu juga dengan belajar. Sangatlah penting untuk memiliki lingkungan yang kondusif pasa saat belajar. Lingkungan yang kondusif ini tidak hanya pada tempat dimana anda belajar, tetapi juga siapa yang bersama anda saat belajar. Sesuaikan dengan kenyamanan anda, apa anda suka dengan belajar sendiri tanpa ada yang mengganggu atau belajar bersama-sama.

4.Menjaga Kesehatan

Bila anda sehat maka belajar akan semakin nyaman. Yang perlu mendapat perhatian Anda yang berkaiatan dengan kesehatan jasmani, antara lain: Kebutuhan nutrisi harus cukup, bebas dari gangguan penyakit, dan tubuh yang fit. Disamping kondisi jasmani, tak kalah pentingnya adalah kondisi rohani (psikis) Anda harus benar – benar siap untuk melakukan aktivitas belajar. Beri motivasi pada diri anda. Bahagiakan diri anda sebelum anda belajar.

5.Sumber Belajar dan Perlengkapan Belajar

Anda harus punya sumber pelajaran dan memiliki perlengkapan belajar. Misalnya ada beberapa referensi buku pelajaran yang ingin anda pelajari, tersedia alat tulis untuk menulis point penting dari pelajaran anda.

6.Tehnik Belajar

Mempergunakan tehnik belajar dalam belajar akan mempermudah kita untuk melakukan pemusatan konsentrasi belajar pada pokok pelajaran secara terarah. Contoh dari teknik belajar seperti upaya yang harus dilakukan adalah penetapan tujuan yan hendak dicapai, bagaimana mengembangkan cara mendengar, mengembangkan cara membaca atau mengembangkan cara mempergunakan dnegan memakai kata tanya yaitu, bagaimana, mengapa, apa, dimana, siapa dan kapan, bagaimana untuk menyusun rangkuman dan kesimpulan yang dipalajari dengan kata – kata sendiri, bagaimana melakukan evaluasi tingkat penguasaan materi pelajaran, dan sebagainya. Itulah 5 rahasia sukses dalam belajar. Semoga rahasia sukses belajar ini bermanfaat untuk anda.

Incoming search terms:

Related Posts

2 Responses

  1. Wah, ternyata sikap proaktif sangat penting ya.. Thanks

Leave a Reply

 
© 2013 · RSS · Designed by Indowebthemes
Get up to speed fast on article spinner : risk free trial
Plugin from the creators of Brindes Personalizados :: More at Plulz Wordpress Plugins

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin