Rahasia Sholat Dhuha dalam Meraih Kesuksesan

sholat dhuhaHai Anak Adam, tunaikan kewajibanmu untuk-Ku yaitu sholat empat rakaat pada pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi setiap menjelang harimu” (HR. Ahmad Abu ya’la).


Jika Anda adalah pebisnis atau pekerja, ada istilah Time is Money . setiap menit begitu berharga, sampai-sampai Anda lupa terhadap waktu. Anda lupa sholat, lupa beramal, dan sibuk dengan kenikmatan dunia sehingga lupa kepada Allah.

Anda harus sadar bahwa rezeki dalam genggaman-Nya. Dengan mengerjakan sholat Dhuha, Allah akan membukakan pintu rezeki hamba-Nya. Seperti halnya shalat tahajud, shalat dhuha juga memiliki keistimewaan tersendiri.

Ketika Anda sholat dhuha adalah waktu-waktu yang mengandung keberkahan rezeki, yaitu antara jam 6.15 sampai sebelum waktu sholat dhuhur.

Keutamaan Sholat Dhuha

Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zhuhur. Afdhalnya dilakukan pada pagi hari disaat matahari sedang naik ( kira-kira jam 9.00 ). Lebih dikenal dengan shalat sunah untuk memohon rizki dari Allah, berdasarkan hadits Nabi : ” Allah berfirman : Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya ” ( HR.Hakim dan Thabrani ).

Dari Zaid bin Arqam. Sesungguhnya ia melihat orang yang mengerjakan sholat dhuha (pada waktu yang belum begitu siang). Maka ia berkata” Ingatlah sesungguhnya mereka telah mengetahui sholat dhuha selain pada waktu itu adalah lebih utama, karena sesungguhnya Rasulullah SAW “ sholatnya orang-orang yang kembali kepada Allah pada waktu anak-anak cinta sudah bangun dari pembaringannya, karena tersengat panasnya matahari”.(HR. Muslim).

Anda dapat melantunkan Doa setelah sholat dhuha seperti Nabi Muhammad SAW :” Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu adalah waktu dhuha milikmu(milik)-Mu, kecantikan adalah kecantikan adalah kecantikan (milik)-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu,kekuatan itu adalah kekuatan (milik)-Mu, kekuasaan itu adalah kekuasaan (milik)-Mu, Ya Allah jika rezeki ku masih dia tas langit maka turunkanlah, jika didalam bumi maka keluarkanlah,jika sukar sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah,jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

Ketika Anda dalam keadaan sulit, kerjakanlah sholat ini, akan dimudahkan urusan Anda. Ketika Anda sedang bekerja, lakukanlah, insya Allah rezeki Anda akan bertambah dan bisnis Anda akan lancar. Dan juga di akhirat.

“Barang siapa mengerjakan sholat dhuha sebanyak 12 rakaat, maka Allah membangunkan untuknya istana disurga.”(HR Turmuzi dan Ibnu Majah).

Sesungguhnya di dalam surga ada pintu yang dinamakan pintu Dhuha. Maka orang yang selalu mengerjakan sholat dhuha pada hari kiamat, memanggil lah (yang memanggil Allah) di mana kah orang yang selalu mengerjakan sholat atas-Ku dengan sholat dhuha? Inilah pintu kamu. Maka masuklah kamu ke dalam surga dengan rahmat Allah” (HR. Muslim).

Sholat dhuha akan membuat kita mendapat keberkahan hidup sepanjang hari. Begitu dahsyat sekali shalat dhuha dalam rangka meraih kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat. Karena sudah di jamin Allah dalam ayat-ayatnya.

Adapun Tata-cara Melaksanakan Sholat Dhuha adalah

:

> Niat didalam hati berbarengan dengan Takbiratul Ihram
“Usholli sunnatadhuha rak ‘ataini mustaqbilal qiblati ada al lillaahi ta’aala”
“Aku niat shalat sunah Dhuha 2 rakaat karena Allah”
> Membaca doa Iftitah
> Membaca surat al Fatihah
> Membaca satu surat didalam Al-Quran. Afdholnya rakaat pertama surat Asy-Syams dan rakaat kedua surat Al-Lail
> Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali
> I’tidal dan membaca bacaanya
> Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali
> Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaannya
> Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali
> Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.

Rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti contoh diatas.

Wah, ternyata manfaatnya sangat dahsyat ya, jadi jangan lah Anda sekali-kali meremehkannya. Cobalah secara rutin, lama kelamaan akan terbiasa. Raihlah kesuksesan. Sholat dhuha ini di jamin merupakan rahasia meraih sukses yang luar biasa. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat buat semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *