8 Rahasia Agar Rezeki Bertambah Terus Menerus

No comment 12177 views

Apa saja rahasia agar rezeki bertambah terus menerus? Tidak hanya bertambah tetapi juga berkah. Nah, inilah caranya agar rezeki bertahan, bertambah dan berkah. Tulisan ini diambil dari rangkuman ceramah Ust. Khalid Basalamah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sebelum kita ke inti bahasan tentang rahasia agar rezeki bertambah terus menerus, ada baiknya kita memahami poin-poin pentingnya sebagai pondasi awal agar rezeki dapat bertahan dan bertambah banyak. Ada 2 poin penting sebagai berikut.

Rahasia Agar Rezeki Bertambah Terus Menerus

Rahasia Agar Rezeki Bertambah Terus Menerus (Foto: Pixabay)

1. Memahami Makna Rezeki Yang Sebenarnya

Pertama-tama kita perlu memahami makna rezeki terlebih dahulu. Rezeki sendiri maknanya adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh semua makhluk dalam menjalani kehidupan mereka di dunia ini.

Kata para ulama, Rezeki ibarat sebuah pohon yang buahnya ada yang berjatuhan dan ada yang bergelantungan. Rezeki yang berjatuhan adalah rezeki yang didapat tanpa diperlukan upaya sebelumnya.

Sebagai contoh adalah udara yang dihirup, air hujan yang turun atau air yang tersedia disekitar kita. Contoh lainnya adalah anggota tubuh, mata yang bisa digunakan untuk melihat, telinga untuk mendengar, lidah untuk merasa, akal pikiran yang digunakan untuk berpikir dan sebagainya.

Sebaliknya, Rezeki yang bergelantungan adalah rezeki yang didapatkan oleh mahluk dengan cara mengambilnya dari pohon. Artinya harus berusaha terlebih dahulu untuk mendapatkannya.

Seperti halnya bekerja, membuka usaha rumah makan, membuka butik atau usaha apapun yang membutuhkan ide. Dimana ide itu sendiri adalah rezeki dari Allah yang patut disyukuri.

Jadi, rezeki tidak hanya masalah materi tertentu saja atau masalah duit saja. Tidak hanya pada satu poin saja. Ini pemahaman yang sangat fatal. Sehingga ada banyak yang tidak mensyukurinya terutama rezeki yang bertebaran di muka bumi ini (seperti buah yang bergelantungan). Seakan-akan itu bukanlah rezeki.

Padahal, itu adalah rezeki yang juga wajib disyukuri. Dengan memahami ini, maka perasaan syukur kita akan terbuka luas. Inilah yang akan dibahas sebagai poin pertama agar rezeki bertahan dan bertambah yang akan dijelaskan dibawah ini.

2. Yang Maha Pemberi Rezeki itu Hanyalah Allah SWT

Hanya Allah pemberi Rezeki, bukan yang lain. Semua kekuatan kita dalam hidup ini termasuk kekuatan fisik dan semua fasilitas yang kita butuhkan didunia ini sudah disediakan oleh Allah SWT.

Yang menyiapkan fasilitas sebagai kebutuhan dan menjadikan itu sebuah fasilitas adalah Allah SWT, tidak ada yang lain.

Allah lah yang menciptakan mata kita dan membuat fungsinya bisa melihat. Allah lah yang menciptakan telinga kita sebagai rezeki kita dan yang membuat fungsinya bisa mendengar.

Karena Allah pemberi Rezeki maka Allah lah satu-satunya tempat bergantung dan satu-satunya tempat kita meminta Rezeki.

Maka dari itulah mintalah Rezeki hanya kepada Allah. Jangan pernah meminta rezeki kepada selain Allah. Yang Maha Pemberi Rezeki itu adalah Allah dan Menjadikan Rezeki itu bisa ada fungsinya hanya Allah SWT. Allah adalah tempat satu-satunya bergantung.

Keyakinan yang benar bahwa hanya Allah Pemberi Rezeki dan tidak ada selain Allah merupakan pondasi awal agar rezeki bisa bertambah atau minimal bertahan.

8 Rahasia Agar Rezeki Bertambah Terus Menerus

Setelah memahami pondasi awal tentang rezeki maka kita bisa menjalankan kiat-kiat dibawah ini agar rezeki dapat bertahan dan bertambah banyak serta bagaimana agar tetap berkah.

1. Bersyukur Kepada Allah SWT

Bersyukurlah setiap hari dengan mengucapkan “Alhamdulillah”. Ketika kita mendapatkan rezeki dari Allah, Allah tidak minta balasan dari kita. Allah tidak butuh harta kita. Allah tidak membutuhkan kekayaan kita. Yang Allah minta dari kita hanya bersyukur.

Jangan lupa ketika makan atau minum, jangan lupa awali dengan bismillah (dikerasin suaranya) dan diakhiri dengan Alhamdulillah.

2. Infaq dan Sedekah

Yakinilah kalau mau mempertahankan dan menambah Rezeki itu maka disetiap sesuatu yang Allah siapkan ada infaqnya disitu.

Bersedekahlah agar kalau kita ingin rezeki bertahan dan bertambah. Kalau ingin maksimal keluarkan 1/3 yang kita miliki.

Akan lebih baik kalau yang dikeluarkan per itemnya. Misalnya mau beli baju seharga 100rb. Baiknya 1/3 dari harga baju disedekahkan dulu, misalnya 35rbnya.

Sedekah boleh sembunyi-sembunyi atau terang-terangan. Tinggal memperbaiki niat saja. Hati-hati sembunyi-sembunyi bisa menimbulkan ujub dan terang-terangan bisa menimbulkan riya. Tentu saja sembunyi-sembunyi lebih baik daripada terang-terangan.

3. Menikmati Yang Halal Dan Toyyib dan Menjauhi Yang Haram

Fokuslah yang halal dan toyyib (berkualitas). Makanan, pernikahan, jual beli, politik, membangun negara islam semua harus ada sistem yang benar yang halal dan toyyib. Jangan haramkan yang telah halal dan menghalalkan yang haram.

Halal dan toyyib adalah sesuatu yang tidak bisa dipisah. Misalnya, ayam yang halal tapi busuk artinya tidak toyyib (tidak berkualitas). Harus yang halal dan toyyib yaitu yang Allah bolehkan untuk makan dan yang berkualitas.

Rezeki yang kita dapatkan pun harus kita nikmati dan jangan dibatasi. Misalnya, jika kita ingin beli makanan maka belilah yang enak dan berkualitas. Nikmatilah yang halal dan tidak berlebih-lebihan.

4. Memperbanyak Istighfar

Poin keempat adalah memperbanyak istighfar. Sangat penting sekali dan hendaknya diamalkan sebanyak-banyaknya. Mohon ampunlah pada Allah, karena bisa jadi Rezeki kita tertahan (tidak bertambah) karena dosa-dosa kita.

5. Bertaqwa Kepada Allah SWT

Mengerjakan semua yang diperintahkan Allah dan meninggalkan semua yang Allah larang. Mengerjakan semua yang Allah wajibkan (termasuk yang sunah) dan meninggalkan semua yang haram dan yang makruh.

Siapa yang bertaqwa kepada Allah maka Allah akan memberikan jalan keluar dan Rezeki yang tak disangka-sangka. Baiknya taqwa dipatnerkan dengan tawakal yaitu berserah diri pada Allah.

6. Menjaga Silaturahim

Siapa yang ingin diluaskan Rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaknya ia bersilaturahim. Dipanjangkan umurnya disini adalah umur yang diberkahi, seperti banyak melakukan kebaikan. Jadi bersilaturahimlah pada orang yang memiliki hubungi darah atau kerabat.

7. Haji Dan Umrah

Rahasia Agar Rezeki Bertambah Terus Menerus

Rahasia Agar Rezeki Bertambah Terus Menerus (Pixabay)

Rahasia agar rezeki bertambah terus menerus berikutnya adalah dengan berhaji dan umrah. Sesuai dengan sabda Nabi, “Sertakanlah selalu ibadah haji dengan umrah secara berkesinambungan karena sesungguhnya kedua ibadah tersebut dapat menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana api menghilangkan karat dari besi, emas dan perak sedangkan haji yang mabrur ganjarannya adalah surga”.

Haji dan umrah juga dapat menambah Rezeki. Yang penting niatnya karena Allah maka Allah akan ganti uangnya lebih banyak. Mintalah kepada Allah agar dimampukan untuk haji dan umrah. InsyaAllah akan bertambah Rezeki kita.

8. Hijrah Di Jalan Allah SWT

Terakhir cara agar Rezeki bertahan dan bertambah adalah dengan hijrah di jalan Allah SWT. Barang siapa yang berhijrah dijalan Allah niscaya dia akan mendapati dimuka bumi ini tempat hijrah itu luas dan Rezeki yang sangat banyak.

Berhijrahlah ketempat yang lebih nyaman dan tidak ada gangguan dalam menjalankan ibadah atau kesulitan mendapatkan rezeki. Apalagi kalau Anda berada ditempat yang kesulitan dalam menjalankan ibadah. Berhijrahlah, maka Allah akan menambah Rezeki kita.

Demikian artikel kali ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Tidak hanya itu, semoga saya sendiri bisa mengamalkan apa yang saya sampaikan disini. Amin.

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.

Leave a reply "8 Rahasia Agar Rezeki Bertambah Terus Menerus"