Rahasia 10.000 Jam

No comment 994 views

Apa persamaan orang-orang yang sukses yang saya sebutkan ini : David Bekham, Susi Susanti, Michael Jordan, Bong Chandra. Mereka adalah orang yang mati dan hidup untuk satu tujuan. Betul, tidak?

Sedangkan perbedaan orang-orang itu adalah di profesi. Ada yang pemain bola, bulu tangkis, pemain basket, dan pembicara. Persamaan mereka adalah mereka fokus. Itu benar, namun ada satu lagi rahasia mereka yang sama yaitu rahasia 10.000 jam yang membuat mereka ahli di bidangnya. Ini merupakan rahasia sukses mereka.

Apa yang di maksud rahasia 10.000 jam tersebut?

Ada sebuah rekaman Michael Jordan di Youtube (sebuah website kumpulan video-video menarik), dalam rekaman itu, Michael Jordan melakukan lemparan bebas ke ring dengan mata tertutup di hadapan 30.000 penonton. Dan lemparan itu masuk dengan sempurna. Bagi anda yang menyaksikan rekaman itu, mungkin anda akan berkata, hanya kebetulan, dia hanya beruntung.

Sesungguh tidak, karena Michael Jordan telah mengalami proses yang sangat panjang sekali untuk bisa melempar dengan mata tertutup. Michael tidak secara kebetulan ataupun untung-untungan saat membuat lemparan sempurna itu. Itu adalah hasil latihan bertahun-tahun. Saat pemain berlatih lemparan 100 kali, dia melakukan ribuan kali. Saat yang lain hanya 10 kali keliling lapangan dia melakukannya 20 kali lipat. Michael Jordan telah melewati 10.000 jam latihan sebelum mendapat hasil tersebut.

David Bekham, pemain sepak bola yang terkenal dengan tendangan bebasnya. Tendangan bebasnya memiliki tingkat akurasi sampai 80%. Bagaimana dia bisa seperti itu? Kita akan maklum kalau kita tahu selama ini ia latihan bertahun-tahun. David Bekham sudah melewati 10.000 jam latihan sebelum ia menjadi seperti sekarang ini.

Konon, Bekhan berlatih tendangan bebasnya dengan menciptakan suasana riil pertandingan. Dia menggunakan pagar betis yang terbuat dari papan dengan ukuran manusia sebagai ganti pemain lawan saat latihan. Dia berlatih menendang bola melewati penghalang untuk menuju gawang. Dan, tahukah apa yang menjadi gawangnya? Tidak lain adalah diameter ban mobil yang diameter lubangnya hanya lebih besar sedikit dari ukuran bolanya. Ini bukanlah sebuah kebetulan belaka. Tetapi, sebuah keahlian yang sudah diciptakan.

Musisi legendaris, The Beatles, juga seperti itu. Mereka bisa mendapatkan kemampuan bermusikl dan stamina luar biasa karena mereka mendapatkan kesempatan berlatih di panggung lebih dari sepuluh ribu jam, 8 jam sehari selama bertahun-tahun.

Apakah anda sudah siap menjadi orang yang beruntung dibidang anda? Maka lewatilah rahasia 10.000 jam tersebut. Sudahkan anda bersiap melewati 10.000 jam anda? Sekarang tinggal berapa lama anda memerlukan waktu untuk dapat melewati proses 10.000 jam tersebut. Semakin cepat anda melewatinya maka semakin cepat pula anda akan menjadi orang yang beruntung.

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.

Leave a reply "Rahasia 10.000 Jam"