Percaya Diri Untuk Mengatasi Minder

mengatasi minderKita sudah tahu seberapa besar pentingnya percaya diri untuk meraih sukses dalam kehidupan. Baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang tidak percaya diri akan menghambat tindakannya. Sedangkan orang tidak bertindak tidak akan sukses. Kalaupun bertindak biasanya tindakannya tidak maksimal sehingga hasilnya pun tidak maksimal juga. Untuk itu percaya diri sangatlah penting. Adapun pentingnya percaya diri sudah saya jelaskan beberapa waktu yang lalu.

Kali ini saya akan membahas tentang percaya diri untuk mengatasi minder. Minder dalam hal ini adalah baik minder pada saat berbicara di depan umum, minder bergaul, minder berbisnis, dan lain-lain. Berikut adalah tips untuk mengatasi minder.

Percaya Diri Untuk Mengatasi Minder

1.Berdiri Tegak, Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi minder adalah merubah penampilan, berdirilah yang tegak, busungkan dada dan coba tampillah sempurna. Penampilan akan sangat membantu untuk meningkatkan percaya diri.

2. Bersikap Asertif, Selanjutnya untuk mengatasi minder adalah merubah sikap, jadilah orang yang tahu kapan harus berkata tidak dan kapan berkata ya. Coba sekali-kali untuk tidak terlalu membayangkan orang lain akan berkomentar apa tentang diri kamu. Dan jangan takut membuat perubahan. Ini akan membuat anda lebih menghargai diri anda dan mengatasi minder.

3.Obyektif menilai diri sendiri. Tidak ada yang sempurna. Dan tidak ada juga ornag didunia ini yang benar-benar tidak berguna sama sekali. Karenanya jujurlah menilai diri sendiri, jangan selalu menganggap dirimu tidak mampu dan orang lain selalu lebih unggul dan juga sebaliknya. Semuanya sama meski punya keahlian yang berbeda, jadi untuk apa minder?

4. Buang Rasa Takut. Biasanya orang yang minder alias tidak percaya diri selalu kesulitan untuk mengungkapkan siapa dirinya pada orang lain. Cara mudah untuk berani menghadapi orang lain adalah menatap mata lawan bicara kita, tapi jangan memandanginya. Menatap lain dengan memandang, kalau memandang biasanya kamu memperhatikan lawan bicaramu, bagaimana cara bicaranya, bagaimana mimik wajahnya. Boleh saja seperti itu asal jangan kelewatan.

5. Sedikit basa basi. Jangan terlalu serius, cobalah untuk berbasa basi sedikit. Tetapi, jangan berlebihan sehingga membuat orang lain merasa jengkil. Dengan sedikit basa basi akan lebih meningkatkan percaya diri anda dan mengatasi minder.

6. Bicaralah dengan lugas. Salah satu ciri orang yang tidak percaya diri adalah tidak bicara secara lugas. Lugas akan memberikan kesan lantang dan bersemangat. Bila bertele-tele, ini akan memberikan kesan bahwa anda tidak pandai dalam suatu hal.

Itu saja beberapa tips percaya diri untuk mengatasi minder. Tips ini bisa digunakan untuk meningkatkan percaya diri baik dalam berbicara di depan umum atau berbicara dan berhadapan dengan orang penting. Oya, bila anda ingin lebih cepat dan tepat memiliki rasa percaya diri, saya punya panduannya “percaya diri dalam 21 hari” :-). Mungkin ini bisa anda coba 🙂

Semoga bermanfaat.

One thought on “Percaya Diri Untuk Mengatasi Minder

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *