Pentingnya Mendahulukan Prioritas

mendahulukan prioritasKita hanya memiliki waktu 24 jam dalam sehari. Dalam kurun waktu 24 jam itu, ada yang memiliki kemampuan untuk membagi waktu dengan baik sehingga waktunya benar-benar produktif untuk hal-hal yang sangat bermanfaat saja. Namun, ada juga dalam waktu 24 jam, tidak bisa menggunakan waktunya dengan baik sehingga terbuang sia-sia.

Ini adalah soal belajar mendahulukan prioritas dan mengatur waktu sehingga yang penting bisa didahulukan daripada yang tidak penting. Sehingga bisa mengatur waktu sebaik mungkin. Masalah ini bukan hanya sekedar mengatur waktu. Tetapi juga soal belajar mengatasi ketakutan Anda dan bertahan di saat-saat yang sulit. Tentu, kita bisa mempunyai sederet sasaran serta niat baik, tetapi melaksanakannya dan mendahulukannya, akan terasa sulit.

Mengenal Kuadran Waktu

Gambar oleh remaja.co
Untuk mengatur waktu dengan sebaik mungkin kita perlu menggunakan suatu model. Model ini disebut Kuadran Waktu yang bisa membantu kita mengemas lebih banyak (terutama hal-hal yang penting). Kuadran Waktu ini terdiri dari dua unsur utama yaitu “penting” dan “mendesak”.

•Penting – hal-hal yang paling penting bagi anda, kegiatan-kegiatan utama, yang berkontribusi terhadap tercapainya misi serta sasaran anda.
•Mendesak – hal-hal yang menekan, yang menuntut perhatian segera dan harus segera di kerjakan.

Dari kuadran ini anda bisa mendahulukan prioritas. Pekerjaan mana yang akan di dahulukan bisa anda pilih, bisa di lihat dari kuadran tersebut. Selalu prioritaskan kuadran yang penting dan mendesak, caranya adalah buatlah daftar mana yang penting, mana yang mendesak dan mana yang keduanya. Dari sana anda bisa memprioritaskan pekerjaan anda.

Tujuan dari sebuah prioritas adalah untuk membantu Anda mencapai hasil terbaik dengan upaya yang sesuai. Namun bagaimana dengan tugas rumit yang membutuhkan perhatian khusus, atau jumlah tugas yang dapat dikatakan banyak sehingga Anda bingung mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu karena merasa semua tugas sama pentingnya. Berikut ini beberapa cara ampuh untuk memprioritaskan tugas-tugas dengan lebih efektif.

Tujuan dari sebuah prioritas adalah untuk membantu Anda mencapai hasil terbaik dengan upaya yang sesuai. Namun bagaimana dengan tugas rumit yang membutuhkan perhatian khusus, atau jumlah tugas yang dapat dikatakan banyak sehingga Anda bingung mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu karena merasa semua tugas sama pentingnya. Berikut ini beberapa cara ampuh untuk memprioritaskan tugas-tugas dengan lebih efektif.

1. Membuat Daftar Pekerjaan yang Ingin di prioritaskan

Yang harus anda lakukan adalah membuat daftar prioritas pekerjaan mana yang harus di dahulukan. Dimana urutan pekerjaan yang harus didahulukan adalah dari kuadran 1, 2, 3, dan 4. Jadi kudran 1 harus yang paling utama, dan seterusnya.

2. Fokus pada yang utama

Anda kini sudah tahu yang mana saja daftar pekerjaan yang masuk kuadran 1, 2, 3, dan 4. Tentu saja kuadran pertama yang lebih utama dan harus anda fokuskan.

3. Mengikuti Daftar Secara Teratur
Daftar sudah di buat maka tugas anda adalah mengikuti daftar secara teratur dan disiplin.
————————————————————————————————————-

Kesalahan Dalam Mendahulukan Prioritas

Anda mungkin akan di hadapkan pada kesalahan-kesalahan dalam Mendahulukan Prioritas. Nah, berikut adalah kesalahan-kesalahan dalam mendahulukan prioritas yang harus anda hindari.

Kesalahan # 1. Gagal Mengikuti To-Do List

Sebagaimana yang saya katakan sebelumnya bahwa kita harus membuat daftar mana saja pekerjaan yang harus di dahulukan. Nah, dari sini kita bisa melakukan satu persatu apa yang sudah kita tulis tersebut sebagai daftar yang di prioritaskan (Mengikuti To-Do List ). Kalau anda gagal Mengikuti To-Do List maka anda telah gagal Mendahulukan priritas.

Kesalahan # 2. Tidak Menentukan Target

Dalam menentukan prioritas kita juga seharusnya sudah menentukan target yang harus kita tuju. Apabila tidak menentukan target jelas saja anda bisa salah mendahulukan prioritas.

Kesalahan # 3. Gagal Menghadapi Gangguan

Dalam proses mendahulukan prioritas dan mengatur waktu, akan banyak sekali gangguan-gangguan yang akan di hadapi. Tugas anda adalah menghadapi gangguan tersebut. Jika anda gagal dalam menghadapi gangguan, maka anda bisa gagal dalam mendahulukan prioritas dan mengatur waktu.

Kesalahan # 4. Penundaan

Segala sesuatu kalau di tunda, maka gagallah semua pekerjaan anda yang telah anda rencanakan. Ini akan berakibat gagal juga dalam membuat prioritas dan manajemen waktu.

Kesalahan # 5: Mengambil terlalu banyak pekerjaan

Kalau anda terlalu banyak mengambil pekerjaan, maka akan sulit untuk menentukan prioritas. Jadi, sebaiknya lakukan pekerjaan yang memang penting saja dan jangan terlalu banyak mengambil pekerjaan.

Kesalahan # 6. Menjadwalkan Tugas dengan Tidak Efektif

Anda juga harus efektif dalam menjadwalkan tugas-tugas anda. hal ini berkaitan dengan ketepatan anda dalam menulis daftar prioritas.

Kesimpulan

Sangat penting untuk anda mengatur waktu dan mendahulukan prioritas. Gunakanlah kuadran waktu untuk menentukan prioritas ini. Selamat mengatur waktu dan mendahulukan prioritas.

One thought on “Pentingnya Mendahulukan Prioritas

  1. Kunjungan sore blog
    Sangat insviratif dan bermanfaat untuk saya baca Terimakasi suda membaerikan informasi.
    Masuk balik blog saya juga .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *