Pengaruh Percaya diri pada Kehidupan Manusia

percaya diriPercaya diri sangatlah penting. Pengaruhnya pada berbagai aspek kehidupan manusia. Percaya diri akan memberikan semangat yang luar biasa dalam melakukan tindakan apapun. Kepercayaan diri adalah sebuah sikap yang positif. Kepercayaan diri akan membawa seseorang optimis dalam menjalani hidup. Kepercayaan diri adalah modal awal yang menentukan keberhasilan, dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi.

Seseorang yang percaya diri merasa sanggup dan berpikir positif dalam menghadapi tantangan. Seseorang yang percaya diri adalah sebuah kekuatan batin untuk menaklukkan, tanpa ada rasa ragu dalam hati akan ketidakmampuannya. Dia akan berpikir secara objektif tentang diri dan kemampuannya, bukannya merendahkan atau menyepelekannya. Berbicara masalah pentingnya percaya diri, sudah saya tulis pada artikel saya sebelumnya. Anda bisa membacanya disini.

Pengaruh kepercayaan diri akan memberikan dampak dalam berbagai aspek kehidupan. Pengaruhnya bisa terjadi dalam beberapa area psikologis manusia (Weinberg), Berikut adalah pengaruh kepercayaan diri pada berbagai aspek :

Pengaruhnya pada Emosi

Percaya diri dapat mempengaruhi emosi. Kepercayaan diri yang tinggi akan membuat seseorang lebih mudah mengendalikan dirinya didalam suatu keadaan yang menekan, dapat menguasai dirinya untuk bertindak tenang dan dapat menentukan saat yang tepat untuk melakukan suatu tindakan.

Pengaruhnya pada Konsentrasi

Kepercayaan diri yang tinggi akan mempermudah seseorang memusatkan perhatiannya pada hal-hal tertentu tanpa merasa terlalu khawatir akan hal lainnya yang mungkin merintangi rencana tindakannya. Intinya akan sangat berpengaruh pada konsentrasi seseorang.

Pengaruhnya pada Sasaran

Kepercayaan diri mampu membuat seseorang fokus pada sasarannya. Fokus pada apa yang dia tuju. Sehingga bisa memusatkan sasaran yang tepat dan memberikan tindakan yang maksimal.

Pengaruhnya pada Usaha

Seseorang dengan kepercayaan diri yang tinggi tidak mudah patah semangat atau frustasi dalam berupaya meraih cita-cita dan cenderung tetap berusaha sekuat tenaga sampai usahanya membuahkan hasil. Percaya diri juga akan menentukan tindakan apa yang akan dilakukan. Tanpa kepercayaan diri seseorang tidak akan bertindak. Kualitas tindakan seseorang sebanding dengan kualitas kepercayaan terhadap dirinya.

Pengaruhnya pada Strategi

Seseorang dengan rasa kepercayaan diri yang tinggi cenderung terus berusaha untuk mengembangkan berbagai strategi untuk memperoleh hasil usahanya. Akan mencoba berbagai strategi dan berani mengambil resiko atas strategi yang diterapkannya. Memiliki strategi yang bagus tentu akan memberikan suatu hasil yang baik pada keberhasilan.

Pengaruhnya pada Momentum

Dengan rasa percaya diri yang tinggi, seorang individu akan menjadi lebih tenang, ulet, tidak mudah patah semangat, terus berusaha mengembangkan strategi dan membuka berbagai peluang bagi dirinya. Akibatnya, hal ini akan menjadi lebih memberikan kesempatan pada dirinya untuk memperoleh momentum atau saat yang tepat untuk bertindak.

Itulah pengaruh kepercayaan diri dalam berbagai kehidupan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *