Peluang Usaha Rumahan Membuat Kreasi Kaos Flanel

Peluang Usaha Rumahan

Peluang Usaha Rumahan Membuat Kreasi Kaos Flanel (Foto : Pixabay.com)

Industri dalam dunia fashion seakan tak pernah sepi. Setiap waktu selalu saja ada ide-ide baru yang bermunculan sehingga membuat pelaku usaha rumahan dalam bidang fashion terus bertambah.

Salah satu perkembangan fashion yang ada saat ini adalah kemunculan kaos yang memadukan dengan kain flanel warna-warni. Perpaduan ini membuat tampilan produk yang dihasilkan sangat menarik.

Sehingga fashion dan kreativitas dalam produk kaos flanel, membuatnya sangat diminati oleh masyarakat luas sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencoba peluang bisnis ini.

Peluang Usaha Rumahan Membuat Kreasi Kaos Flanel

1.Target Konsumen Kreasi Kaos Flanel

Peluang usaha rumahan kreasi kaos flanel dimana yang biasanya suka memakai kaos warna-warni adalah anak-anak maka target konsumen dalam pemasaran produk adalah para ibu-ibu yang memiliki anak. Kaum ibu adalah kelompok yang sangat suka sekali dalam hal berbelanja apalagi membelikan baju untuk anak mereka.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Lebih Banyak dengan Satu Rahasia Jitu

Sehingga dalam pemasaran lebih banyak menargetkan para ibu. Tidak hanya harus jeli dalam menentukan target konsumen, pemilik usaha rumahan juga harus bisa melihat peluang usaha berdasarkan kondisi misalnya saat sedang bulan puasa atau menjelang hari raya besar.

2. Info Peluang Usaha Rumahan Kreasi Kaos Flanel

Warna-warni kain flanel tidak hanya dapat dikreasikan dalam bentuk kerajinan tangan saja, tetapi kini mulai berkembang mengikuti trend dan mode.

Para pengusaha rumahan yang menggunakan kain flanel sebagai bahan utama bisnis mereka, semakin kreatif dalam mengolah dan mengaplikasikannya.

Contohnya flanel yang dipadukan dengan kaos, sejadah dan berbagai hiasan lainnya. Berbagai desain menarik berpadu warna-warni membuat kreasi ini mudah diterima oleh pasar.

Pembuatan kaos flanel tergolong mudah dan murah sehingga siapa saja yang ingin mencoba, bisa mulai melakukannya dirumah sendiri dengan beberapa bahan dan bantuan alat yang digunakan untuk proses pembuatan.

Tertarik mencoba? Berikut Langkah Pembuatan Kreasi Kaos Flanel:

Peluang Usaha Rumahan Membuat Kreasi Kaos Flanel

Kreasi Kaos Flanel (Foto : Koombis.com)

Langkah Pertama : Sediakan kaos polos berbahan catton combat dan kain flanel dengan warna yang sesuai keinginan. Sebaiknya pilih perpaduan warna kain flanel yang menarik dengan warna kaos.

Langkah Kedua : Buat desain gambar atau bentuk yang menarik dan rapi. Anda bisa memilih desain tokoh kartun yang disukai anak-anak atau bentuk huruf, angka, bunga dan desain unik lainnya.

Langkah Ketiga : Bentuk pola yang sesuai dengan desain yang telah dibuat pada kain flanel.

Langkah Keempat : Setelah itu, gunting kain flanel sesuai pola dengan hati-hati dan rapi.

Langkah Kelima : Jika sudah selesai menggunting, tempelkan kain flanel pada kaos dengan cara dijahit menggunakan benang sulam agar hasilnya terlihat rapi dan kain flanel terekat kuat.

Kelebihan Dan Keunggulan Peluang Usaha Rumahan Kreasi Kaos Flanel

1.Kelebihan Usaha

Para pelaku usaha kreasi kaos flanel mendapatkan beberapa keuntungan seperti tidak terlalu banyak mengeluarkan modal untuk memulai usaha, proses produksi yang terbilang mudah dan simple.

Dan tentunya bisa dikerjakan di rumah sehingga siapapun yang ingin mencoba usaha ini, bisa memulainya tanpa harus banyak pertimbangan.

Jika pelaku usaha kaos flanel bisa melakukan berbagai inovasi dan kreasi yang menarik sehingga dapat bersaing di tengah maraknya usaha sejenis, tidak menutup kemungkinan usaha ini akan dapat bertahan dan menghasilkan keuntungan yang besar.

2.Kekurangan Usaha

Jika ada kelebihan dalam suatu usaha atau bisnis yang dijalankan, maka tentu adapula kekurangannya. Kekurangan dalam menjalankan usaha kreasi kaos flanel yaitu rentannya pembajakan terhadap desain sehingga pengusaha dituntut untuk terus berinovasi dan berkreasi serta mampu membuat ciri khas sebagai brand produk yang dihasilkan.

Baca Juga : 10 Tips Sukses Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate

Banyaknya permintaan pasar dan tingginya minat masyarakat terhadap produk kreasi flanel membuat banyak pelaku usaha sejenis yang bermunculan, hal ini menyebabkan ketatnya persaingan pasar.

CARA PEMASARAN USAHA KREASI KAOS FLANEL

Peluang Usaha Rumahan Membuat Kreasi Kaos Flanel 3

(Foto : siapbisnis.net)

Cara pemasaran kreasi kaos flanel bertujuan untuk membuat produk yang dibuat agar semakin dikenal oleh banyak orang. Sehingga memungkinkan luasnya pasar. Maka beberapa strategi pemasaran perlu dilakukan.

Untuk pemasaran secara langsung, pengusaha kreasi kaos flanel dapat mengikuti event promosi seperti bazar dan pameran yang ada di wilayah sekitar tempat usaha.

Maksimalkan pemasaran dengan melakukan secara online lewat media sosial yang kini banyak beredar seperti Website, Facebook, Instagram dan Line.

KUNCI SUKSES PELUANG USAHA RUMAHAN KREASI KAOS FLANEL

Sebuah usaha atau bisnis akan bertahan dan menghasilkan keuntungan jika memiliki kiat-kiat tertentu dalam menjalankan usaha. Apa saja kunci sukses dalam menjalankan usaha kreasi kaos flanel?

1.Kreativitas

Yang pertama adalah kreativitas, maraknya pembajakan dan ketatnya persaingan mengharuskan pelaku usaha kreasi kaos flanel untuk bisa membuat desain-desain unik dan berbeda dari yang lain agar konsumen selalu tertarik untuk membeli.

Baca Juga : 5 Cara Jitu Menghilangkan Rasa Malas Agar Menjadi Pribadi Yang Bersemangat

Hal ini juga sebagai salah satu tips untuk menghindari rasa bosan konsumen terhadap desain produk yang itu-itu saja.

2.Kualitas Produk

Kunci sukses lainnya dalam usaha ini adalah kualitas produk, karena termasuk dalam produk sandang yang mana memerlukan keterampilan dalam proses pembuatannya.

Dalam hal ini kerapian adalah hal yang penting karena ini akan menjadi salah satu perhatian dan pertimbangan konsumen saat ingin membeli.

Jadi, pastikan produk yang dihasilkan selalu rapi, tidak cacat, up to date dan terjaga kualitasnya.

3.Layanan Tambahan

Untuk meningkatkan daya tarik konsumen, pengusaha bisa melakukan trik lainnya yaitu dengan menawarkan fasilitas dapat mencantumkan nama pada kaos flanel atau menerima desain sesuai permintaan konsumen.

Cara ini tentu dapat menjadi daya tarik bagi konsumen yang ingin tampil beda sehingga mereka tidak akan ragu memesan dan membeli produk.

7.Analisa Ekonomi

Analisa ekonomi perlu diketahui bagi mereka yang ingin mencoba memulai usaha kreasi kaos flanel.

Berikut ini ada pemaparan tentang rincian mengenai modal awal, biaya operasional dan keuntungan yang diperoleh, namun dengan asumsi tertentu sehingga ini hanyalah gambaran saja, bukan perhitungan pasti.

Modal awal

Mesin jahit : Rp 1.500.000
Peralatan jahit : Rp 200.000
Kain flanel : Rp 300.000
Kaos polos berbagai ukuran : Rp 1.000.000 +
Total : Rp 3.000.000

Biaya operasional setiap bulan

Belanja bahan baku (flanel, benang, kaos, dll) : Rp 2.000.000
Perlengkapan (hiasan manik, plastik kemasan) : Rp 100.000
Biaya listrik : Rp 150.000
Biaya pemasaran : Rp 100.000
Biaya transportasi : Rp 150.000
Biaya penyusutan alat : Rp 41.7000 +
Total : Rp 2.541.7000

Mesin jahit mengalami penyusutan setelah digunakan selama 3 tahun (36 bulan),
asumsi: 1/36 x Rp 150.000 = Rp 41.7000

Omset setiap bulan

Penjualan kaos:
Ukuran S @ Rp 35.000 x 25 kaos: Rp 875.000
Ukuran M @ Rp 40.000 x 25 kaos: Rp 1.000.000
Ukuran L @ Rp 45.000 x 20 kaos: Rp 900.000
Ukuran XL @ Rp 47.500 x 15 kaos: Rp 712.500 +
Total Rp 3.487.500

Keuntungan bersih setiap bulan

Rp 3.487.500 – Rp 2.541.7000 = Rp 945.800
Return of Investment (ROI)

Modal awal : keuntungan bersih setiap bulan = 3,2 bulan

Demikianlah pembahasan mengenai peluang usaha rumahan membuat kreasi kaos flanel ini. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Cara Bisnis Anti Gagal
author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.

Leave a reply "Peluang Usaha Rumahan Membuat Kreasi Kaos Flanel"