Peluang Usaha Rumahan Toko Sembako Dan Kunci Suksesnya

1 comment 51450 views
Peluang Usaha Rumahan Toko Sembako

Peluang Usaha Rumahan Toko Sembako (Foto : banjirpelanggan.com)

Hampir setiap orang memerlukan kebutuhan sembako seperti beras, gula, minyak dan bahan makanan lainnya. Hal ini pula yang membuat banyak orang memilih membuka usaha toko sembako.

Peluang usaha rumahan toko sembako ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena usaha ini tidak mengenal kata musiman dan bisa dimulai dengan membuka toko dirumah. Sudah banyak yang sukses dengan usaha ini sehingga layak menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih jenis peluang usaha.

Apakah anda tertarik mencoba usaha ini? Ya tidak ada salahnya jika ingin mencoba. Namun, akan lebih baik jika sebelum memulai usaha, anda mengetahui terlebih dahulu mengenai seluk-beluk peluang usaha rumahan toko sembako ini.

Peluang Usaha Rumahan Toko Sembako Dan Kunci Suksesnya

Berikut ini adalah beberapa ulasan singkat mengenai peluang usaha rumahan toko sembako yang tidak bisa dianggap remeh karena terbukti banyak yang sukses dengan usaha ini.

1.Target Konsumen Toko Sembako

Target konsumen usaha warung sembako terbilang hampir mencakup seluruh kalangan, mulai dari kalangan bawah hingga menengah ke atas. Hal ini karena setiap orang pasti memerlukan bahan sembako untuk kehidupan sehari-hari.

Apabila anda membuka usaha warung sembako di wilayah yang ramai atau padat pemukiman, maka sasaran pasar anda adalah para ibu rumah tangga, anak kost serta masyarakat sekitar yang melewati warung.

Baca Juga : Peluang usaha rumahan membuat kreasi kaos flanel

Jika ingin memperluas pasar, anda bisa menambahkan bahan jualan di warung dengan yang lainnya misalnya aneka snack, biasanya sasaran untuk jenis jualan snack adalah anak-anak. Saat ini, sebagian besar anak kecil banyak yang suka jajan sehingga hal ini bisa jadi membuat usaha anda semakin ramai pengunjung.

2. Info Peluang Usaha Rumahan Toko Sembako

Terkadang, saat ingin memulai usaha membuka warung sembako, sebagian orang ada yang merasa ragu karena kurangnya informasi mengenai berbagai hal terkait usaha yang ingin dijalankan.

Padahal untuk memulai usaha berjualan sembako, tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut:

Ikuti langkah sukses membuka usaha warung sembako berikut ini!

Langkah Pertama: Jika ingin membuka warung di rumah, maka siapkan terlebih dahulu tempat kosong yang dapat digunakan sebagai tempat berjualan. Anda bisa memanfaatkan area yang kosong seperti teras rumah atau garasi.

Langkah Kedua: Siapkan segala peralatan yang diperlukan untuk melengkapi dan mempermudah menjalankan usaha warung sembako seperti rak, meja, etalase, kalkulator, kantong plastik, gunting, dan lainnya.

Langkah Ketiga: Memilih dan menyediakan barang-barang kebutuhan pokok yang paling sering dicari atau dibeli oleh masyarakat, misalnya beras, tepung, gula, garam, minyak goreng, telur, susu, teh dan sebagainya.

Langkah Keempat: Carilah grosir sembako yang harganya yang lebih murah agar anda bisa menjual kembali barang sembako dengan harga yang bersaing. Akan lebih baik jika anda bisa menjalin kerjasama dengan distributor langsung untuk bisa mendapatkan harga yang semakin murah.

Langkah Kelima: Atur tata letak etalase, rak atau meja serapi mungkin, jangan lupa jaga kebersihan. Atur susunan barang jualan agar bisa dilihat langsung oleh pembeli untuk memudahkan dalam memilih. Buat warung semenarik mungkin sebagai trik menarik perhatian dan minat pembeli untuk mampir ke warung anda.

Langkah Keenam: Perhatikan persedian barang sembako apa saja yang hampir habis, untuk memudahkan mencek barang jualan, sebaiknya buat daftar kemudian beri tanda barang-barang apa saja yang stoknya hampir habis sehingga anda lebih mudah dalam berbelanja produk yang harus dibeli.

Langkah Ketujuh: Lakukan selalu survei harga terbaru karena biasanya barang sembako sering mengalami pasang surut. Ini perlu dilakukan sebagai antisipasi kerugian.

Kelebihan Dan Keunggulan Usaha Toko Sembako

#1. Kelebihan Usaha

Usaha warung sembako terbilang banyak memiliki kelebihan dibandingkan usaha lain, seperti cakupan pasar yang cukup luas karena mencakup dari berbagai kalangan, tidak mengenal musim, tidak perlu proses yang rumit karena tidak ada produk yang harus diolah. Anda hanya perlu membeli barang-barang kemudian menjualnya kembali.

Selain itu, dari segi waktu tergolong fleksibel karena warung sembako yang dibuka di rumah, bisa anda jalankan sambil mengurus keperluan rumah atau kegiatan lain. Usaha ini sangat cocok dijalankan bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan lebih tanpa harus meninggalkan rumah.

Melihat banyaknya keuntungan dan kemudahan menjalankan usaha warung sembako, tentu hal ini akan semakin memantapkan anda yang ingin segera membuka usaha. Jika anda jeli dan bisa menjalankan usaha dengan baik.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Lebih Banyak dengan Satu Rahasia Jitu

Tidak menutup kemungkinan akan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar, apalagi jika lingkungan ditempat anda membuka usaha memiliki tingkat kebutuhan produk sembako yang cukup tinggi.

#2.Kekurangan Usaha

Jika ada kelebihan, tentu ada kekurangan pula dalam menjalankan suatu bisnis. Namun, kekurangan ini jangan dijadikan sebagai penghalang untuk bisa menjalankan dan mengembangkan usaha. Untuk usaha warung sembako, beberapa tantangan yang sering dihadapi adalah sebagai berikut:

Harga sembako seringkali mengalami pasang surut (naik turun) sehingga harus jeli dan sering melakukan survei harga di pasaran

Terkadang saat terjadi lonjakan harga pada suatu produk sembako, seringkali barang tersebut menjadi langka

Banyaknya yang membuka warung sembako membuat usaha ini memiliki persaingan bisnis yang ketat, tidak hanya kepada sesama warung sembako tetapi juga minimarket yang kini marak dibuka di pemukiman warga

Cara Pemasaran Usaha Warung Sembako

Bagi anda yang baru memulai usaha, tentu perlu melakukan strategi pemasaran agar usaha anda semakin dikenal oleh masyarakat serta dapat menarik minat pembeli.

Untuk strategi pemasaran usaha warung sembako yang paling efisien adalah melakukan promosi dari mulut ke mulut. Anda bisa menginformasikan tentang usaha anda kepada teman, tetangga atau saudara yang ada disekitar tempat usaha.

1. Promo Spanduk

Selain promosi langsung, penggunaan spanduk besar di depan warung juga bisa jadi sarana promosi bagi orang-orang yang lewat. Buat spanduk semenarik mungkin agar masyarakat melihat, tambahkan dengan nama toko serta produk apa saja yang dijual, dengan begitu orang akan mengetahui warung anda.

2. Harga Yang Selalu Bersaing

Jika sudah dapat menarik pengunjung untuk datang dan membeli, maka selanjutnya hal yang penting agar usaha anda berjalan dengan baik ialah menawarkan harga yang bersaing, artinya anda menjual barang dengan harga yang sesuai dengan pasaran atau jika bisa lebih murah, jangan sampai menjual dengan harga yang lebih tinggi karena biasanya masyarakat sering membandingkan harga terutama pada kebutuhan pokok.

3. Produk Yang Beragam Kualitas Dan Merk

Untuk semakin menarik minat pembeli, sediakan barang sembako dengan beragam kualitas dan merk. Tujuan dari penyediaan stok barang sembako yang beragam untuk lebih memudahkan pembeli memilih sesuai selera dan kebutuhan serta untuk menjangkau berbagai kalangan.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Dalam berbisnis barang sembako, tidak hanya diperlukan ketersediaan barang yang lengkap dengan harga yang bersaing, tetapi juga masalah pelayanan terhadap konsumen sangat penting.

Untuk membuat pembeli betah dan merasa nyaman saat membeli, berikan pelayanan terbaik. Usahakan untuk selalu bersikap baik, ramah dan jujur kepada pembeli. Hal ini dapat memunculkan sikap loyalitas sehingga konsumen akan merasa puas dan tidak jera berbelanja di warung anda.

Baca Juga : 10 Tips Sukses Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate

Usaha warung sembako atau bisnis lainnya yang berada dalam lingkup jual beli, sejatinya tidak hanya sekedar menjual barang tetapi lebih sekedar itu, diperlukan sikap yang baik dan jujur untuk dapat membangun sebuah kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang anda jalankan.

Kunci Sukses Peluang Usaha Rumahan Toko Sembako

Agar usaha toko sembako yang anda jalankan, tidak mengalami kerugian dan dapat berkembang pesat, maka perlu melakukan kiat-kiat atau tips. Apalagi saat ini, persaingan warung sembako sangat tinggi, maka perlu memberikan nilai lebih pada warung anda dibandingkan dengan yang lain agar para konsumen tetap setia berbelanja di tempat anda.

Selalu lakukan survei harga terbaru agar bisa mematok harga yang sesuai, bahkan jika bisa berikan harga yang lebih murah. Prinsipnya, lebih baik mendapatkan laba sedikit namun loyalitas konsumen terjaga. Tips ini pula yang pernah di ajarkan nabi dalam berdagang. Jadi, sangat bagus jika diterapkan.

Baca Juga : 5 Cara Jitu Menghilangkan Rasa Malas Agar Menjadi Pribadi Yang Bersemangat

Menjaga agar konsumen merasa puas terhadap pelayanan serta agar mereka tidak berpindah ke warung lain, jauh lebih penting dibandingkan mengutamakan untung besar, selama tidak melakukan cara-cara yang buruk dan merugikan anda.

Tips lainnya, lengkapi warung dengan produk-produk yang sering dicari oleh orang. Hal ini akan membuat warung anda banyak didatangi konsumen dari berbagai lapisan. Selain itu, usahakan buka warung lebih pagi karena pagi hari adlaah waktu terbaik untuk mencari rezeki.

Analisa Ekonomi Toko Sembako

Asumsi
Diasumsikan bahwa usaha yang dijalankan tidak memerlukan uang sewa karena warung dibuka di rumah.

Modal Awal
Etalase Rp 1.000.000,00
Rak, timbangan, kalkulator, dll Rp 500.000,00

Stok produk sembako:
– 2 kwintal beras Rp 1.300.000,00
– 20 kg gula pasir Rp 190.000,00
– 20 kg minyak goreng Rp 250.000,00
– 10 kg telur ayam Rp 110.000,00
– 10 kg tepung terigu Rp 95.000,00
-10 susu kaleng Rp 65.000,00
– Stok teh dann kopi Rp 100.000,00
– Aneka sabun cuci Rp 100.000,00
– Aneka sabun mandi Rp 100.000,00 +
Total Rp 2.310.000,00
Total Modal Rp 3.810.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah 3 tahun (36 bulan) pemakaian, rincian: 1/36 x Rp 1.500.000,00 = Rp 41.700,00

Biaya operasional per bulan
Belanja barang dagangan Rp 3.000.000,00
Biaya listrik Rp 100.000,00
Biaya transportasi belanja Rp 150.000,00
Biaya penyusutan peralatan Rp 41.700,00 +
Total Rp 3.291.700,00

Omset per bulan
Penjualan per hari rata-rata Rp 150.000,00
Omset per bulan
@ Rp 150.000,00 x 30 hari Rp 4.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 4.500.000,00 – Rp 3.291.700,00 = Rp 1.208.300,00

ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan) = Kurang lebih 3 bulan

Demikianlah ulasan mengenai peluang usaha rumahan toko sembako yang bisa anda jalankan di rumah. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

peluang usaha tokosembako

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.
  1. author

    Inverter1 year ago

    Mantap. Komplit banget keterangannya..

    Reply

Leave a reply "Peluang Usaha Rumahan Toko Sembako Dan Kunci Suksesnya"