Info Peluang Usaha Bisnis Gorengan Dan Bagaimana Kiat Suksesnya

peluang usaha bisnis gorengan
Sumber Foto dewa-bisnisbaru.blogspot.co.id

Kali ini saya akan menulis tentang peluang usaha bisnis gorengan dan bagaimana kunci suksesnya. Berbicara tentang makanan yang paling nikmat dimakan disaat santai ini memang cukup menarik. Pasalnya, makanan ini merupakan salah satu makanan kesukaan orang Indoesia. Siapa sih yang tidak suka makan gorengan?

Aneka gorengan seringkali menjadi santapan nikmat saat bersantai, harga yang terjangkau serta banyak macamnya membuat jenis makanan yang satu ini banyak dicari. Ada banyak makanan yang bisa digoreng seperti aneka kue hingga ayam goreng sekelas Kentucky Fried Chicken (KFC). Namun, yang paling banyak dan mudah ditemukan adalah jenis usaha gorengan seperti, tempe, tahu isi, bakwan, cireng dan sebagainya.

Menjual gorengan bisa jadi salah satu usaha rumahan yang mendatangkan keuntungan jika dilakukan dengan benar serta mengetahui bagaimana kiat sukses menjalankan usaha tersebut. Dilihat dari berbagai faktor, usaha atau bisnis rumahan menjual aneka gorengan memiliki prospek yang cukup bagus, hanya perlu sedikit berkreasi dan meracik bumbu yang unik agar gorengan yang ย dijual terasa lebih nikmat dan berbeda dari yang lain.

Tertarik ingin mencoba atau mengetahui bagaimana cara memulai dan menjalankan usaha rumahan bisnis gorengan? Yuk intip ulasannya berikut ini!

1.Target Konsumen

Tidak sulit untuk menarik konsumen usaha gorengan karena hampir berbagai kalangan menyukai jenis makanan ini. Harga yang relatif terjangkau membuat siapa saja bisa menikmatinya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Melihat hal ini, dapat dipastikan bahwa target konsumen usaha gorengan cukup luas.

2. Cara Menjalankan Bisnis

Banyak jenis gorengan yang bisa kita temui di pasaran hingga di restoran, namun yang populer di masyarakat adalah jenis gorengan seperti bakwan, tempe goreng, tahu isi, pisang goreng dan yang lainnya. Proses pengolahannya yang mudah serta bahan baku murah, membuat jenis usaha ini bisa dijalankan dimana saja termasuk di rumah.

Untuk bisa memulai usaha berjualan gorengan di rumah, beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah:

Sediakan Tempat

Tidak sulit menyediakan tempat untuk membuka usaha berjualan gorengan di rumah, cukup manfaatkan teras atau halaman rumah yang dilengkapi dengan meja, kursi dan etalase untuk wadah meletakkan gorengan. Jika ingin membuat konsumen merasa nyaman menyantap aneka gorengan di warung, maka sediakan tempat yang lebih luas. Bisa menggunakan kursi dan meja panjang atau lesehan.

Siapkan Peralatan Masak

Gorengan paling nikmat disantap saat dalam keadaan panas, oleh karena itu perlu tempat peralatan masak seperti kompor, wajan dan serok untuk memasak gorengan yang akan dijual. Ketika baru selesai digoreng, letakkan gorengan di wadah plastik yang dilapis dengan kertas untuk menyerap minyak berlebih yang terdapat dalam gorengan.

Siapkan Bahan Baku

Setelah menyiapkan peralatan memasak, selanjutnya adalah menyiapkan bahan baku seperti tepung terigu, tahu, tempe, sayur-sayuran, minyak goreng, pisang masak dan sebagainya. Untuk memudahkan mendapatkan bahan baku, sebaiknya lakukan kerjasama dengan suplier atau penyedia bahan baku agar stok selalu terpenuhi dan bisa mendapatkan harga bahan yang lebih murah.

Lengkapi Peralatan Warung

Agar usaha gorengan berjalan lancar, lengkapi peralatan dan keperluan warung lainnya misalnya dengan menyediakan kantong kresek/plastik, alat penjepit untuk memudahkan mengambil gorengan, lap atau tissu, sambal saos dan spanduk.

Tentukan Jenis Dan Harga Gorengan

Terakhir, tentukan jenis gorengan apa saja yang akan dijual serta tentukan harga yang sesuai pasaran. Untuk memudahkan, bisa lakukan survei terlebih dahulu dengan mencari informasi dan bertanya kepada pengusaha yang sudah lebih dahulu bergelut dalam bisnis gorengan.

3. Kelebihan Dan Kekurangan

peluang usaha kuliner dengan modal kecil
Sumber Foto www.investasiuntung.com

1.Kelebihan Bisnis

Banyak orang yang ingin memulai usaha namun seringkali terkendala keuangan yang harus disediakan untuk modal membuka usaha. Modal yang besar menjadi faktor pertimbangan awal seseorang dalam mengambil keputusan apakah akan memulai usaha atau tidak.

Pada usaha rumahan bisnis gorengan, salah satu kelebihannya adalah modal yang tidak terlalu besar sehingga siapa saja yang ingin mencoba usaha ini dapat melakukannya. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang akhirnya mencari penghasilan dari usaha berjualan gorengan.

Tingginya minat masyarakat terhadap jenis makanan gorengan, baik di kota maupun desa membuat usaha ini selalu menyediakan peluang keuntungan yang cukup menjanjikan.

Baca Juga: Cara Membangun Bisnis Warung Makan & Kunci Suksesnya

Gorengan juga merupakan makanan yang cukup populer hampir diberbagai kalangan sehingga para pelaku usaha tidak akan kesulitan dalam memasarkannya, cukup lakukan kreasi serta sajikan dengan rasa yang nikmat dan khas maka usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Kelebihan lainnya dari usaha gorengan adalah proses pengolahannya yang mudah dan cepat sehingga tidak terlalu perlu keahlian memasak yang sulit. Usaha ini bisa dijalankan dengan waktu yang fleksibel sehingga cocok bagi anda yang ingin membuka usaha di rumah sambil mengurus rumah tangga.

2.Kekurangan Bisnis

Setelah pembahasan mengenai apa saja kelebihan usaha gorengan, perlu diketahui bahwa terdapat pula kekurangan atau kendala yang sering terjadi pada usaha ini. Mengetahui apa saja kekurangan bisnis yang dijalankan bukan untuk menjadi penghambat usaha, melainkan guna mencegah terjadinya masalah dan mengetahui cara mengatasinya. Dengan mengetahui apa saja tantangan yang sering dialami pelaku usaha ini maka anda bisa menentukan langkah penanganan lebih awal.

Kekurangan usaha atau bisnis gorengan yang pertama yaitu seringnya terjadi kenaikan harga bahan baku seperti tepung terigu dan minyak goreng. Hal ini seringkali menimbulkan dilema karena pelaku usaha dituntut sebisa mungkin menekan biaya produksi, sementara untuk menaikkan harga jual terlalu beresiko. Konsumen tentu akan memperhitungkan jika adanya kenaikan harga jual, terlebih jika disekitar tempat usaha banyak terdapat pesaing bisnis.

Baca Juga: Peluang Bisnis Laundry & Tips Agar Berhasil Menjalankannya

Apabila persaingan usaha cukup ketat, maka ini menjadi kendala lainnya dalam menjalankan dan mempertahankan bisnis. Untuk dapat menarik konsumen maka diperlukan usaha lebih dalam hal penyajian produk. Usahakan untuk selalu menjaga kualitas, rasa dan kebersihan gorengan yang dijual agar konsumen tidak merasa ragu membeli di tempat anda.

Kendala lainnya adalah adanya informasi yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi gorengan terlalu banyak dapat berakibat buruk terhadap kesehatan. Hal ini sedikit banyak berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam membeli gorengan. Namun tak perlu khawatir, ketakutan masyarakat akan bahaya akibat memakan gorengan dapat diminimalisir dengan beberapa cara agar gorengan yang dijual tetap aman untuk konsumen. Berikut tipsnya:

Tips Membuat Gorengan Agar Tetap Aman di Makan

  1. Apabila minyak goreng telah digunakan beberapa kali dan berubah warna menjadi hitam keruh, hendaknya mengganti dengan minyak goreng yang baru. Hal ini untuk menghindari bahaya timbulnya kolesterol akibat minyak goreng yang sudah tidak layak pakai. Hendaknya pergantian minyak goreng dilakukan secara teratur.
  2. Pilih dan gunakan bahan baku yang berkualitas serta higienis. Mulai dari tahap pembuatan hingga proses memasak, jaga selalu kebersihan. Letakkan gorengan di tempat yang terjaga dari kotoran yang mungkin menempel, hendaknya tempat tertutup.
  3. Pada saat meniriskan gorengan yang baru saja diangkat dari wajan, gunakan tissu kertas khusus penyerap minyak untuk makanan. Hindari menggunakan kertas koran atau kertas bekas yang bertinta sebagai alas meniriskan gorengan karena hal ini kurang baik dan dapat menimbulkan gorengan tercemar kandungan tinta.
  4. Jangan pernah sesekali melakukan tindakan curang hanya untuk membuat gorengan yang dijual menjadi renyah dengan cara mencampur minyak dengan plastik. Cara ini terkadang dilakukan oleh sebagian oknum penjual gorengan. Meski memang cara tersebut dapat membuat gorengan menjadi lebih renyah, namun tentu berdampak buruk terhadap kesehatan.

4. Cara Pemasaran

Tidak sulit dalam memasarkan usaha gorengan, hanya perlu lakukan promosi dari mulut ke mulut. Bisa dimulai dari tetangga, kerabat dekat, teman atau kenalan. Untuk memaksimalkan pemasaran, lengkapi dengan spanduk yang berisi nama warung serta aneka jenis gorengan yang dijual. Selain sebagai media promosi, dengan adanya spanduk bisa jadi daya tarik bagi orang-orang yang lewat depan rumah. Oleh karena itu, ada baiknya jika spanduk didesain sebagus dan semenarik mungkin.

Tips pemasaran lainnya yang bisa dicoba adalah dengan membuat gerobak dan mendisplaynya agar konsumen tertarik datang dan membeli gorengan. Biasanya, anak muda senang dengan tampilan yang menarik. Untuk membuat pengunjung yang datang betah, hadirkan suasana warung yang nyaman, rapi dan bersih.

5. Kunci Sukses Bisnis Gorengan

Dalam menjalankan usaha rumahan bisnis gorengan, hendaknya perhatikan kiat sukses berikut ini agar usaha yang dijalankan tetap bisa bertahan ditengah ketatnya persaingan.

  • Lakukan inovasi : bisa berupa resep atau variasi gorengan dengan menghadirkan berbagai pilihan rasa sehingga gorengan yang dijual memiliki keunikan dan berbeda dengan yang lain.
  • Jaga selalu kualitas: agar konsumen atau pelanggan setia tidak kecewa, jaga selalu kualitas gorengan. Pertahankan rasa dan kebersihan, baik pada produk yang dijual maupun tempat usaha.

Itulah sedikit penjelasan mengenai peluang usaha bisnis gorengan ini. Apabila anda tertarik dengan peluang usaha modal kecil yang menguntungkan ini maka anda bisa mempelajari tulisan ini. Semoga bermanfaat ya ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *