Peluang Bisnis Laundry Dan Tips Agar Berhasil Menjalankannya

Peluang Bisnis Laundry

Peluang Bisnis Laundry

Dari sekian banyak usaha rumahan yang semakin berkembang hingga saat ini terutama di kota-kota besar salah satunya adalah usaha laundry. Sejak tahun 2011 hingga sekarang, semakin banyak saja bermunculan usaha laundry kiloan. Melihat luasnya pasar untuk bisnis ini, membuat perkembangan usaha laundry kian pesat.

Kini, usaha laundry tidak hanya dipandang sebagai usaha rumahan yang terkesan sampingan tetapi sudah ada yang menjadikan usaha laundry sebagai bisnis franchise. Melihat potensi yang cukup besar, bagi anda yang berniat mencoba peluang usaha rumahan bisnis laundry, simak terlebih dahulu beberapa ulasan berikut untuk mengetahui hal-hal penting terkait bisnis ini.

Peluang Bisnis Laundry Dan Rahasia Suksesnya

1.Target Konsumen Bisnis Laundry

Target konsumen untuk peluang bisnis laundry laundry kebanyakan berasal dari orang-orang yang sibuk dimana mereka tidak memiliki banyak waktu luang untuk mencuci, seperti para mahasiswa, pegawai kantoran, anak kost dan sebagian masyarakat umum.

Hampir semua kalangan dapat menjangkau jasa laundry, tidak terbatas hanya pada golongan menengah keatas saja. Murahnya harga laundry kiloan saat ini membuat siapa saja dapat menggunakan jasa laundry, termasuk konsumen dari kalangan menengah ke bawah.

Artikel Terkait: Bisnis Camilan Makanan Dan Bagaimana Kunci Suksesnya

2. Info Bisnis Laundry

Jika ingin membuka usaha rumahan bisnis laundry, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan. Berikut diantaranya:

  1. Hal pertama yang tentu harus dipersiapkan selain modal adalah lokasi tempat membuka usaha. Untuk usaha laundry yang dibuka di rumah, anda bisa memanfaatkan ruang kosong seperti garasi atau teras. Jika ruangan tidak cukup besar untuk mencuci, maka anda bisa melakukan pencucian di belakang rumah. Jadi, ruangan utama paling tidak bisa dijadikan tempat untuk menerima cucian dari konsumen
  2. Buat prosedur tetap mengenai tata cara yang berkaitan dengan usaha laundry. Mulai dari proses takaran detergen yang digunakan, penggunaan pewangi, sortir baju, pengeringan, penyetrikaan, pengepakan baju yang telah bersih, rapi dan kering hingga penentuan harga cucian sesuai kiloan
  3. Siapkan segala keperluan yang mencakup alat dan bahan, seperti mesin cuci, setrika, keranjang baju, timbangan, gantungan, rak dan sebagainya
  4. Untuk keperluan bahan seperti detergen dan pewangi, belilah dalam jumlah banyak agar bisa bertahan lama. Untuk menghemat dan memudahkan dalam persediaan bahan, anda bisa menjalin kerjasama dengan suplier
  5. Sebelum penetapan harga, lakukan survei harga terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasaran laundry kiloan terbaru
  6. Jika memerlukan karyawan untuk membantu usaha rumahan laundry, maka pilihlah karyawan yang terampil dalam hal yang berkaitan dangan laundry, baik dan dapat dipercaya. Akan lebih baik jika karyawan berasal dari orang yang cukup dikenal sehingga lebih mudah untuk mengarahkannya.

Artikel Terkait: Peluang Usaha Rumahan Toko Sembako Dan Kunci Suksesnya

3. Kelebihan Dan Kekurangan Peluang Bisnis Laundry

Kelebihan Bisnis Laundry

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika anda menjalankan usaha rumahan laundry, yang pertama yaitu waktu kerja yang lebih fleksibel karena usaha dibuka di rumah maka bisa sambil mengurus keluarga.

Setiap waktu, selalu terjadi peningkatan pengguna jasa laundry sehingga peluang usaha ini berpotensi mendapatkan keuntungan yangg besar. Tarif jasa laundry kiloan yang dinilai oleh masyarakat lebih murah dibandingkan laundry bijian, membuat usaha laundry semakin ramai saja peminatnya.

Kekurangan Bisnis Laundry

Dalam proses membangun usaha, pasti adakalanya menemui beberapa hambatan dan kendala. Begitu pula saat menjalani bisnis laundry. Salah satu hambatannya ialah jika disekitar tempat anda membuka usaha sudah ada atau justru banyak yang membuka usaha sejenis, hal ini tentu akan menimbulkan persaingan yang ketat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa di beberapa tempat strategis untuk membuka usaha laundry, misalnya di kota atau tempat pemukiman warga, banyak yang memanfaatkan peluang ini sehingga timbullah beberapa usaha yang sama. Tidak heran, jika kini semakin banyak penyedia jasa laundry yang tersebar dimana-mana.

Dari segi kendala yang sering datang dari konsumen, biasanya berupa permintaan konsumen yang menginginkan pengerjaan yang cepat. Sebagai pelaku usaha, terkadang hal seperti ini tidak bisa dipaksakan karena berbagai faktor seperti banyaknya cucian dari konsumen lain yang harus ditangani, faktor cuaca yang terkadang juga bisa menghambat proses pengeringan serta lainnya.

Menghadapi berbagai kendala yang terjadi, memang diperlukan sikap yang sabar. Namun, ketekunan dan kerja keras yang maksimal tentu akan membuahkan hasil yang baik.

Artikel Terkait: Peluang Usaha Rumahan Membuat Kreasi Kaos Flanel

4. Cara Pemasaran Untuk Bisnis Laundry

Untuk strategi pemasaran peluang bisnis laundry rumahan, yang bisa dilakukan untuk membuat usaha yang dijalankan banyak diketahui oleh orang adalah dengan memasang spanduk di depan rumah. Jadi, setiap orang yang lewat depan rumah bisa mengetahui tentang bisnis yang sedang anda jalankan.

Agar semakin luas pemasaran, tingkatkan dengan media promosi lainnya seperti membagikan brosur, memasang pamflet dan leaflet di sekitar tempat usaha dan dibeberapa daerah yang ramai dan berpontensi menarik konsumen datang contohnya sekitar kost, kampus, perkantoran dan komplek perumahan warga.

Strategi pemasaran lainnya yang bisa dilakukan saat memulai usaha adalah memberikan promo berupa potongan harga. Hal ini biasanya efektif untuk menarik perhatian orang-orang untuk menggunakan jasa laundry, hitung-hitung sebagai perkenalan terhadap usaha yang baru dirintis. Jika konsumen merasa puas, mereka akan datang kembali nantinya.

Pemberian potongan harga atau bonus, bisa diberikan sesekali atau dengan syarat dan ketentuan khusus, misalnya untuk pelanggan tetap. Ini dilakukan untuk menjaga loyalitas konsumen sekaligus strategi mempertahankan usaha ditengah ketatnya persaingan bisnis.

Selain menggunakan berbagai media promosi, jangan lupakan untuk memaksimalkan pemasaran dengan melakukan promosi langsung. Mulailah memberitahukan mengenai usaha laundry anda dari orang-orang terdekat terlebih dahulu seperti teman, tetangga dan kerabat. Manfaatkan pula media internet untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat secara lebih luas.

Artikel Terkait: Cara Menghasilkan Uang Lebih Banyak dengan Satu Rahasia Jitu

5. Kunci Sukses Berbisnis Laundry

Peluang bisnis laundry adalah suatu usaha yang mengutamakan jasa layanan, oleh karena itu letak kesuksesan bisnis ini adalah kepuasan konsumen. Jadi, salah satu kunci sukses agar usaha laundry dapat bertahan dan berkembang adalah dengan cara selalu berupaya memberikan layanan terbaik bagi setiap konsumen yang menggunakan jasa laundry anda.

Layanan yang baik dalam usaha laundry meliputi banyak hal, diantaranya:

  • Kualitas cucian harus bersih, rapi, wangi dan tidak boleh cacat
  • Tarif yang bersaing, usahakan tidak terlalu mahal dari yang lain
  • Pelayanan yang baik, ramah dan sopan
  • Pengerjaan cucian tepat waktu
  • Menyediakan layanan fasilitas, misalnya untuk layanan antar jemput cucian konsumen

Artikel Terkait: Tips Membuka Usaha Bagi Pemula Agar Sukses

Dengan beberapa kunci sukses di atas berupa layanan yang maksimal, diharapkan konsumen tidak jera dan ragu untuk datang kembali ke tempat usaha laundry anda.

Demikianlah ulasan mengenai peluang bisnis laundry yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk anda para pembaca 🙂

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.
  1. author

    Lia Endah Sawitri4 months ago

    Terimakasih.. artikelnya membantu saya yg hoby berbisnis. Dan artikel ini bisa mnambah wawasan saya mengenai bisnis.

    Reply

Leave a reply "Peluang Bisnis Laundry Dan Tips Agar Berhasil Menjalankannya"