Motivasi Hidup : Pengertian dan Urgensinya

3 comments 6669 views

motivasi hidup

Motivasi hidup sangat penting dimiliki oleh seseorang. Orang akan memiliki motivasi yang berbeda-beda dalam hidupnya. Semua itu tergantung pada apa yang ingin dia raih dalam hidupnya. Yang jelas motivasi ini akan mempengaruhi hidupnya secara keseluruhan. Bagaimana dia menjalani hidupnya dan apa yang dia kerjakan tergantung pada motivasi ini.

Pengertian Motivasi Hidup

Apa pengertian motivasi hidup itu? Motivasi adalah dorongan atau semangat. Sehingga yang dimaksud dengan motivasi hidup adalah dorongan atau semangat untuk hidup. Dengan dorongan ini, maka orang akan menjalani hidupnya sesuai dengan motivasinya itu. Motivasi ini bermacam-macam dan berbeda pada setiap orang.

Seperti apa motivasi hidup ini akan tergantung pada seperti apa seseorang memaknai hidupnya atau bagaimana seseorang mendefenisikan arti hidupnya. Itu mengapa, motivasi hidup seseorang berbeda-beda. Setiap orang wajib memiliki motivasi ini. Karena dengan begitu hidupnya akan lebih bermakna.

Perbedaan Motivasi Hidup dengan Motivasi Diri

Motivasi hidup ini berbeda dengan motivasi diri. Kalau motivasi hidup adalah dorongan untuk menjalankan hidup yang lebih. Lebih tepatnya semangat untuk hidup. Sedangkan motivasi diri adalah sebuah dorongan dari dalam diri untuk melakukan sesuatu lebih tepat untuk menjalankan hari-hari seseorang. Jadi, motivasi diri itu adalah bagian dari motivasi hidup. Keduanya, baik motivasi hidup maupun motivasi diri sangatlah penting untuk anda. Untuk motivasi diri, bisa baca artikel berikut.

Seperti apakah motivasi dalam hidup anda? Temukan dan cari tahu bagaimana memilikinya..

Urgensi Motivasi Hidup

Kenapa orang memerlukan motivasi didalam hidupnya? Kita tahu setiap orang pasti pernah mengalami beberapa masalah, kegagalan, tantangan, atau hal sejenisnya dimana itu bisa saja akan membuat mereka jatuh dari keterpurukan. Masalah, kegagalan, atau tantangan itu akan membuat mereka kehilangan semangat hidupnya, sehingga mereka perlu segera bangkit untuk melanjutkan hidupnya. Caranya adalah dengan memiliki motivasi dalam hidupnya.

Selain itu, banyaknya masalah yang dihadapi juga akan membuat diri menjadi kaku, tidak memiliki semangat hidup dan loyo untuk menghadapi setiap hal dalam kehidupan. Dengan berpikir positif dan memiliki motivasi dalam hidup akan membuat Anda menjadi sosok seseorang yang berkeinginan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari sesuatu yang pernah Anda dapatkan.

Memiliki motivasi dalam hidup sangat penting, karena akan memberi dorongan atau semangat untuk hidup yang lebih baik. Dengan memiliki motivasi dalam diri seseorang maka dapat dipastikan itu adalah satu kekuatan dalam hidupnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berjalan maju kedepan.

Motivasi dalam hidup anda akan sangat berpengaruh pada apa anda hasilkan nanti, bagaimana keinginan anda, bagaimana mimpi anda dan bagaimana anda mencapainya, itu tergantung pada motivasi dalam hidup anda. Jadi, jika anda akan dihadapkan pada banyak tantangan dalam hidup maka anda memiliki alasan yang tepat mengapa anda menjalani hidup selama ini dan melakukan hal-hal yang anda lakukan sekarang. Ketika Anda mampu memotivasi diri dengan benar maka hasil yang Anda dapatkan akan menjadi maksimal.

Motivasi seperti apakah yang anda miliki? Motivasi yang tepat akan menuntun anda di jalan yang benar dan motivasi yang salah akan membawa anda kepada jalan yang salah. Jadi, sangat perlu memiliki motivasi hidup tetapi tidak sekedar motivasi biasa tetapi motivasi hidup sejati.

Seperti apa motivasi sejati? Tergantung pada makna hidup anda selama ini atau tergantung dari sebuah pertanyaan ini,”mengapa kita hidup?” kalau kita merujuk pada ayat Al Qur’an, maka kita akan bisa menjawabnya mengapa sebenarnya kita hidup?

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. (QS. Ad Dzariat:56).

Dari sini kita bisa melihat untuk apa kita hidup yaitu untuk beribadah kepada Allah. Jadi, Hidup kita tiada lain hanya untuk beribadah kepada Allah. Dalam hal ini, tidak hanya ibadah ritual saja tetapi juga ibadah pada semua aspek kehidupan yang kita jalani harus dalam rangka ibadah.

Dengan memiliki motivasi, maka anda akan selalu menjalani kehidupan ini dengan sebaik-baiknya dan dalam rangka ibadah kepada Allah. Karena tidak ada tujuan lain dalam hidup kita kecuali ibadah. Sehingga tidak ada alasan untuk anda tidak semangat lagi dalam menjalani hidup ini.

Kesimpulan Motivasi Hidup

Ada beberapa poin penting yang bisa kita perhatikan disini. Poin itu bisa kita simpulkan sebagai berikut.

  • Perlunya mengetahui makna motivasi hidup supaya hidup anda lebih bermakna.
  • Perlunya memiliki motivasi hidup supaya hidup anda lebih bermakna dan mampu menghadapi berbagai masalah dan tantangan hidup.
  • Motivasi hidup anda sebaiknya adalah motivasi hidup yang sejati, yaitu untuk beribadah kepada Allah sehingga hidup anda akan lebih baik dan bermakna disisi Allah. Karena tidak ada tujuan lain dalam hidup kita kecuali ibadah.

Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua.

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.
  1. author

    Muhammad Sigit2 years ago

    Salah satu ujian paling sukar dalam hidup ialah mencari orang yang tahusegala kelemahan dan kekurangan diri kamu, tetapi dia masih sangup menyayangi dan mencintai kamu dengan sepenuh hatinya.
    https://www.facebook.com/pages/Petrus-Nawawi/805996936124474?ref=bookmarks

    Reply
  2. author

    Bung Hartarto2 years ago

    hidup adalah perjuangan. menyerah pada keadaan adalah kelemahan. berpikir negatif adalah kebinasaan, terburu-buru adalah kecerobohan.

    Reply

Leave a reply "Motivasi Hidup : Pengertian dan Urgensinya"