Meskipun Kegagalan Terus Menghampiri, Teruslah Mencoba!

kegagalanGagal memang sangat menyakitkan. Tidak seorangpun menyukai kegagalan. Rasa dari sebuah kegagalan tidak lah enak. Kita semua tahu akan hal itu. Kita semua menghindari yang namanya gagal. Namun, kegagalan terlihat akrab dalam kehidupan kita. Banyak target tak tercapai, banyak cita-cita tak terealisasi dan banyak harapan kosong.

Mengapa kegagalan selalu terjadi?


Kegagalan pada hakikatnya tidak terjadi dalam semalam. Dan keberhasilan pun tidak di capai dalam sehari. Semua berawal dari kecil hingga akhirnya menjadi besar.

Secara teoretis, bisa di ibaratkan kita sedang menghapal sesuatu. Misalnya saja ada seorang sarjana bahasa inggris. Jika dia menghapal 5 kosakata bahasa inggris perhari. Maka dalam setahun ada berapa kata yang bisa dia dapatkan? Tetapi, berapa banyak yang lulus bahasa inggris dengan tidak maksimal? Jawabannya karena mereka gagal menghapal 5 kosakata bahasa inggris setiap harinya.

Berarti keberhasilan adalah kemampuan mengambil langkah-langkah kecil untuk mencapai hal besar. Sedangkan kegagalan adalah ketidakmampun menghindari hal-hal kecil sampai ia menumpuk sampai besar dan tak dapat di hindari lagi.

Jadi penyebab kegagalan itu adalah gagal mengucapkan selamat pagi, gagal minta maaf, gagal mengucapkan terima kasih, gagal mengurangi nasi dari diet harian, gagal tersenyum, gagal berolahraga, gagal menutup mulut dari ucapan yang tidak bermutu, dan sebagainya.

Kegagalan bukan sesuatu yang menakutkan

Kegagalan memang sesuatu yang menyakitkan bagi orang-orang takut gagal dan tidak berani mencoba. Tetapi, saya yakin, Anda yang telah sampai pada halaman saya ini adalah Anda yang tidak takut dengan kegagalan. Meskipun takut, saya yakin Anda ingin memperbaikinya. Itu dapat dibuktikan Anda telah membaca artikel ini.

Kegagalan demi kegagalan tidak seharusnya menyurutkan semangat kita. Karena gagal adalah bumbu setiap kehidupan yang tidak bisa kita hindari. Jangan menganggap kegagalan adalah sesuatu yang menakutkan karena Anda akan tahu manfaat dari kegagalan tersebut dalam hidup Anda.

Thomas Alfa Edison telah menemukan banyak alat dan telah dipatenkan. Penemuan yang dipatenkannya tercatat sebanyak 1.093 buah. Pada saat menemukan Lampu Pijar ini Thomas Alfa Edison mengalami kegagalan sebanyak 9.998 kali. Baru pada percobaannya yang ke 9.999 dia berhasil secara sukses menciptakan lampu pijar yang benar-benar menyala terang. Pada saat keberhasilan dicapainya, dia sempat ditanya: Apa kunci kesuksesannya. Thomas Alfa Edison menjawab: “Saya sukses, Karena Saya Telah Kehabisan Apa Yang Disebut Kegagalan”.

Bayangkan dia telah banyak sekali mengalami gagal yang berulang-ulang. Thomas Alfa Edison memandang kegagalan dari kaca mata yang sangat positif. Kegagalan bukan sebagai kekalahan tapi dipandang dari sisi yang lain dan bermanfaat, yaitu mengetahui cara agar lampu tidak menyala.

Manfaat Kegagalan dalam Hidup

Meskipun terasa sangat menyakitkan, namun, gagal tersebut memiliki hikmah dan manfaat. Ya, Anda tidak salah baca, memang benar gagal pun ada manfaatnya. Berikut manfaat kegagalan dalam hidup Anda.

1. Kegagalan menciptakan pilihan-pilihan baru

Dengan gagal maka kita akan menciptakan pilihan-pilihan baru. Pilihan baru itu hanya akan lahir setelah kita tahu pilihan yang kita ambil sebelumnya salah. Bagian yang paling baik dari sebuah kegagalan adalah anda akan dibawa ke sebuah jalan yang belum pernah anda temukan sebelumnya.

2. Kegagalan melatih kesabaran

Dengan kegagalan kesabaran kita menjadi semakin kuat. Kita terlatih untuk menjadi lebih kuat lagi dalam menjalani hidup.

3. Mendorong menjadi kreatif

Karena langkah yang sudah kita ambil telah melahirkan kata gagal, maka kita akan terdorong untuk memilih jalan baru yang lebih kreatif.

4. Menciptakan kekuatan baru

Karena kita terbiasa gagal, maka kita akan terus semakin kuat dan menciptakan kekuatan baru lagi. Anda akan ditempa untuk menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Jika anda seringkali mengalami gagal dan merasa sangat jauh sekali dari kesuksesan yang anda impikan, bukan berarti anda tidak mengalami perkembangan. Justru anda sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa di dalam diri anda. Mental anda sedang ditempa dan dipersiapkan menuju kesuksesan yang akan Anda hadapi di masa yang akan datang.

5. Mendapatkan potensi baru

Gagal membuat kita Mendapatkan potensi baru. Semakin sering anda mengalami kegagalan, otak anda akan semakin dilatih untuk menghadapi permasalahan dan bagaimana mencari jalan keluarnya.

Itulah manfaat dari kegagalan. Jadi, meskipun begitu menyakitkan, tetapi gagal masih dapat di ambil pelajaran berharga bagi mereka yang pandai melihat sisi hikmah di balik kegagalan tersebut.

Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *