Tips Menghadapi Kesulitan Hidup

1 comment 12242 views

menghadapi kesulitanSetiap manusia pasti memiliki kesulitan hidup. Tingkat kesulitan pun bermacam-macam. Tiada seorang pun di dunia ini yang tak pernah dihinggapi kesulitan atau penderitaan. Setiap orang sama, yang berbeda adalah derajat kesulitan itu dan kesanggupan pribadi seseorang dalam menghadapinya.

Hidup didunia ini seolah tiada hari tanpa permasalahan yang datang silih berganti. Masalah satu diselesaikan, datang lagi masalah yang lain, terkadang masalah satu belum selesai, masalah lain sudah muncul, kadang-kadang masalah yang sudah terpendam lama tiba-tiba muncul kembali dan sebagainya. Memang begitulah hidup ini. Kita sebagai umat manusia memang di minta untuk bersiap akan hal ini. Bagaimana caranya kita menghadapinya?

Sikap Kita menghadapi kesulitan Hidup?

Lalu, bagaimana sikap kita dalam menghadapi kesulitan? Dalam hal ini ada dua hal yang harus kita lakukan, yaitu ikhtiar dan sabar. Sikap pertama dalam menghadapi kesulitan itu adalah dengan cara menyelesaikan masalah tersebutdengan ikhtiar. Ikhtiar lah sangat penting dan wajib dalam menghadapi kesulitan. Dengan berikhtiar tersebut kita harus hati-hati dan selalu introspeksi diri apakah selama ini usaha kita yang kita lakukan sudah sesuai dengan ajaran Islam atau belum?

Hal ini penting mengingat kenyataannya banyak orang yang berusaha mengatasi kesulitan hidup justru dengan cara yang dilarang oleh Allah, seperti misalnya orang yang sedang mengalami kesulitan ekonomi kemudian mencuri uang milik orang lain, orang yang sakit kronis bertahun-tahun tidak sembuh, karena putus asa kemudian pergi berobat ke ahli sihir, dan sebagainya. Inilah contoh ikhtiar yang salah.

Cara kedua adalah dengan Sabar bukan berarti berpangku tangan, pasrah, menyerah, menerima keadaan, dan tidak melakukan apa-apa. Karena kesulitan hidup tentu tidak akan teratasi jika kita berperilaku demikian. Namun, sabar di sini adalah menerima yang telah terjadi dengan ikhlas dan berusaha untuk mengatasinya. Dan hal usaha untuk mengatasi kesulitan ini, maka Allah SWT berfirman dalam QS Ar Ra’du ayat 11 yang artinya: “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”.

Yang harus diperhatikan agar kita lulus ujian dalam menghadapi kesulitan hidup adalah sikap kita ketika mendapat ujian. Ada banyak respon yang terjadi terhadap kesulitan hidup pada tiap orang. Dan pada tiap orang pastilah berbeda. Ada yang tertekan, mengamuk, menyalahkan orang lain, menyesali hidup, mengkambinghitamkan orang lain, dan sebagainya. Sikap dan perilaku tersebut bertentangan dengan ajaran Islam.

Sikap ketiga adalah dengan mendekatkan diri pada Allah SWT. Karena siapa tahu kita sudah jauh dengan Allah, maka seharusnya lah kita meminta pertolongan Allah untuk dikuatkan dalam menghadapi kesulitan tersebut.

Kesimpulan

Jadi, apabila menghadapi kesulitan hidup maka lakukan dua hal ini :

1.Berikhtiar
Ikhtiar yang benar dan sesuai dengan ajaran Allah SWT. Carilah solusi masalah dan kesulitan anda. Jangan berdiam diri. Kita sudah di beri tuhan kekuatan berpikir. Dari pikiran itulah seharusnya keluar ide-ide bagaimana menghadapi kesulitan hidup.

2.Bersabar
Dalam berikhtiar menghadapi kesulitan hidup maka bersabarlah. Akan banyak hal yang akan terjadi, jika anda tidak sabar, maka bukan kemudahan yang akan datang, tapi bukan tidak mungkin akan muncul kesulitan-kesulitan lain. Ingat ayat di bawah ini :

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 5).

Dengan mengingat bahwa setiap kesulitan itu akan ada kemudahan, maka kita akan semakin sabar dalam menghadapi kesulitan hidup.

3.Mendekatkan diri Pada Allah
Cobalah untuk lebih mendekatkan diri pada Allah. Siapa tahu, karena jauhnya kita pada Allah lah yang membuat kesulitan itu datang silih berganti.

Demikian beberapa hal yang bisa saya bagikan dalam menghadapi kesulitan hidup. Mudah-mudahan bermanfaat dan apabila ada hal-hal yang tidak berkenan, mohon di maafkan. Silahkan kalau ada pendapat lain!

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.
  1. author

    Eny B Dlambkudiary3 years ago

    terimakasih kpd anda yg mengutip ilmu tersebut.bagaimn cara menghilangkan rasa tertekan dan takut terhadap masalah yg selalu membayangi kita,hrp jwaban.nya.

    Reply

Leave a reply "Tips Menghadapi Kesulitan Hidup"