Menggapai Impian, Siapa Takut?

4 comments 3710 views

menggapai impian

Sudahkah Memiliki Impian?

Apakah anda sudah punya impian? Atau anda belum memilikinya? Kenapa tidak bermimpi? Banyak orang yang belum memiliki impian karena takut gagal, takut jatuh dalam menggapai impian. Sebagai contoh saja, ketika saya melontarkan impian-impian saya kepada teman-teman berbagai macam tanggapan yang muncul. Intinya memiliki impian itu sulit bagi sebagian orang.

Penyebab Tidak Memiliki Impian

Lalu, apa penyebab masih banyak yang belum memiliki impian? Ada beberapa penyebab mengapa orang tidak memiliki impian yaitu :

1.Adanya rasa takut yang ada dalam diri

Salah satu penyebab pertama adalah adanya rasa takut yang ada dalam diri. Takut gagal, karena jika mengalami kegagalan maka akan kecewa atau merasa malu terhadap orang lain.

Mereka merasa malu dan kecewa pada kegagalan di karenakan mereka tidak memahami makna kegagalan. Mungkin ada yang berpikir jika gagal maka habislah semuanya. Padahal, jika kita bisa memaknai kegagalan dengan sebaik-baiknya maka tentu kita tidak akan kecewa yang menyebabkan kita takut memiliki impian.

2.Rasa malas

Penyebab kedua adalah adanya rasa malas, karena dia tahu bahwa jika seseorang yang memiliki impian, akan dituntut untuk bekerja keras mencapainya. Tentu saja apa yang anda capai akan sepadan dengan perjuangan dan kerja keras. Namun, kalaupun anda hanya memiliki impian sekalipun, tetap masih punya kemungkinan untuk menggapai impian. Jadi, sebenarnya impian itu adalah langkah awal yang tidak boleh di lewatkan.

3.Adanya rasa puas

Karena adanya rasa puas, sudah cukup maka dia berhenti bermimpi atau bercita-cita. Kalau ini terjadi anda harus mencoba untuk memikirkan orang-orang disekitar anda. Mungkin ada keluarga, tetangga, saudara, teman-teman atau orang-orang sekitar anda yang memerlukan bantuan. Bukankah akan menyenangkan jika membantu semakin banyak orang?

Jangan hanya melihat diri kita, padahal masih banyak orang yang perlu ditolong. Jadi, kenapa tidak bermimpi untuk bisa membantu orang banyak?

4.Adanya faktor dari luar

Anda harus berhati-hati oleh adanya orang lain yang berusaha mencuri mimpi anda. Seperti apakah orang ini? Dimanapun akan selalu ada orang yang akan merasa tidak senang dengan kita, termasuk dengan impian kita. Ketika kita menyatakan impian kita kepada orang tersebut maka bisa saja orang itu akan menertawakan kita. Ini salah satu yang menyebabkan kita takut bermimpi.

Mungkin akan banyak yang akan menurunkan semangat kita, namun kalau kita menghiraukan mereka maka kita akan takut berhenti. Kalau hal ini terjadi, maka solusinya adalah jangan pernah membicarakan impian kita kepada mereka.

Pentingnya Memiliki Impian

Memiliki impian sangatlah penting. Memiliki impian jelas akan memberikan kita motivasi untuk menjalani hidup dan senantiasa bersemangat selalu. Dengan bermodal impian yang jelas, kita akan memperoleh energi yang besar dan tidak mudah surut pada saat menemui kesulitan dalam menggapai impian tersebut.

Jadi, teman-teman sekalian, impian itu penting. Jadi milikilah impian itu. Jangan sepelekan impian. Selain itu impian yang harus anda miliki haruslah besar. Mengenai bermimpi besar, bisa anda baca di artikel berikut ini.

# Bermimpi Besar

Cara Menggapai Impian

Kalau kita sudah memiliki impian maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menggapai impian tersebut? disini saya akan berbagi bagaimana cara menggapai impian.

1. Tulislah cita-cita anda tersebut di sebuah kertas dan tempelkan di tempat yang mudah di lihat sehingga anda lebih sering membaca dan mengingatnya.

2. Meyakini impian tersebut sepenuhnya dalam hati anda bahwa suatu hari impian itu akan tercapai. Jadilah orang pertama yang meyakini impian anda akan tercapai. Keyakinan anda tentang impian anda itulah persangkaan anda. Bukankah Allah sebaik persangkaan hambanya?

3. Ceritakan impian anda pada orang yang anda percayai. Cukup pada orang yang anda percaya saja. Karena kalau anda salah orang maka takutnya malah bisa melemahkan anda. Jika anda menceritakan impian anda pada orang yang tepat, anda mungkin akan mendapatkan doa dari mereka.

4. Visualisasikan impian anda tersebut dengan cara selalu membayangkan bahwa impian anda sudah terwujud dan berbaik sangka lah pada Allah pada Allah pasti akan mengabulkan impian anda! Visualisasi akan lebih menambah keyakinan Anda, jadi lakukanlah!

5. Lakukan tindakan terbaik dalam menggapai impian anda. Apabila impian anda tersebut sudah tertanam dengan baik di benak anda, maka saya rasa mudahlah anda bertindak. Impian anda akan tertanam dengan baik apabila anda telah menyelesaikan langkah-langkah di atas. Anda akan dengan sendirinya bertindak!

6. Kita tidak pernah tahu bagaimana cara Allah menolong kita dalam menggapai impian kita. Yang harus anda lakukan adalah mengenali sekecil mungkin peluang yang ada. Jadi, bila datang peluang yang menurut anda akan memudahkan menggapai impian anda, maka ambil segera peluang itu.

7. Berdoalah selalu. Anda pasti sudah tahu siapa Sang Penentu Tercapainya impian anda. Tentu saja Allah lah yang pada akhirnya menentukan apakah impian anda pantas anda dapatkan atau tidak. Yang perlu kita lakukan adalah memantaskan diri didepan Allah agar kita bisa menggapai impian tersebut. Lakukan lah hal-hal terbaik dalam hidup anda, dekatkan diri anda sedekat-dekatnya pada Allah. Jika Allah menilai anda sudah pantas mendapatkannya, maka percayalah anda pasti bisa menggapai impian.

Bagaimana Jika Kita Belum Bisa Menggapai Impian

Seberapa besar impian anda maka sebesar itulah kerja keras anda untuk mencapainya. Namun, sebenarnya jika anda sudah menggapai impian anda, maka anda telah mendapatkan lebih. Karena jauh lebih anda memiliki impian daripada anda menjadi orang biasa yang tidak memiliki impian sama sekali.

Lalu, bagaimana jika seandainya impian kita yang sudah kita perjuangkan tak kunjung tercapai? sebenarnya sederhanya saja, itu di karenakan kalau kita masih belum pantas menurut Allah untuk mendapatkan impian tersebut. Boleh jadi, impian tersebut harus terus kita perjuangkan. Bukankah banyak orang yang mengalami kegagalan demi kegagalan dalam menggapai impian namun pada akhirnya impian tersebut tercapai juga.

Periksa lagi kesungguhan anda dalam menggapai impian tersebut. Siapa tahu anda masih kurang bersungguh-sungguh. Kemudian jangan lupa anda juga harus bersabar. Jika anda tidak sabar dan menyerah, maka gagal lah anda dalam menggapai impian. Terakhir andapun harus mengembalikannya pada Allah semuanya. Karena Dialah penentu semuanya.

Oke, itulah artikel tentang menggapai impian. Artikel ini saya tulis untuk teman-teman yang masih takut bermimpi ataupun bagi mereka yang dalam proses menggapai impian! Ayo semangat! Terimakasih sudah membaca artikel menggapai impian ini!

****

Bermimpilah setinggi mungkin dan wujudkan!

Mimpi akan membuat seseorang memiliki semangat hidup.


author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.
  1. author

    Akhmad Rosyid5 years ago

    bu ilawati ingin tanya untuk prospek GI

    Reply
  2. author

    Desita Ratnasari4 years ago

    Prosesnya tidak mudah…

    Reply
  3. author

    saifur4 years ago

    Terima kasih atas infonya…artikel yang menarik dan mendidik

    Reply
  4. author

    Mebel jepara3 years ago

    Jam kerjanya cukup panjang dibanding negara lain dan lebih-lebih dengan indonesia.Terpaut jauh.Berarti semakin lama kita akan semakin tertinggal oleh jepang.Kalau boleh diibaratkan orang jepang berlari sedangkan kita berjalan dalam mencapai finish.

    Reply

Leave a reply "Menggapai Impian, Siapa Takut?"