Mengapa Anda Gagal?

mengapa-anda-gagalSebelum kita berbicara tentang kesuksesan ada baiknya terlebih dahulu kita melihat beberapa faktor penyebab kegagalan. Periksa lah daftarnya karena bisa jadi Anda akan menemukan penyebabnya dari kegagalan yang selama ini mendera Anda. Daftar ini berdasarkan pada analisis yang akurat terhadap lebih dari 20.000 kegagalan, dan meliputi jenis kelamin laki-laki dan perempuan di segala tingkatan yang pernah di ungkapkan lebih rinci oleh Willian More dalam bukunya “Ladder of Succes”, yaitu :

1. Landasan keturunan yang tidak baik
2. Kurangnya tujuan yang terdefinisi dengan baik atau tujuan yang pasti untuk diperjuangkan.
3. Kurangnya ambisi untuk mencapai tujuan di atas rata-rata.
4. Pendidikan yang tidak memadai
5. Kurangnya disiplin diri dan kepekaan
6. Kesehatan yang buruk
7. Lingkungan yang tidak baik
8. Suka membuang-buang waktu
9. Kurangnya keteguhan dan keberanian untuk menyalahkan diri sendiri (introspeksi diri) sehingga suka menyalahkan orang lain
10. Memiliki kepribadian yang negatif
11. Kurang cerdas membuat keputusan
12. Salah dalam memilih pasangan hidup
13. Terlalu hati-hati sehingga melemahkan inisiatif dan percaya diri
14. Salah dalam memilih rekan bisnis
15. Tidak fokus dan menghambur-hamburkan energi
16. Memilih pekerjaan yang salah
17. Boros
18. Kurangnya rasa antusiasme
19. Sikap yang tidak toleransi
20. Ketidamampuan bekerjasama dengan orang lain
21. Tidak jujur
22. Egois dan sombong
23. Lebih suka menebak di bandingkan berpikir
24. Kurangnya modal.

Wah, banyak sekali ya penyebab kegagalan? Itu hanya sebagian saja. Tentu saja masih banyak lagi penyebab kegagalan yang harus diketahui oleh Anda.

Kita semua tahu kehidupan ibarat roda yang berputar. Ada saatnya di atas dan ada saatnya di bawah. Ada saatnya kita berhasil, dan ada saatnya kita gagal. Coba kita tengok sejarah, banyak tokoh yang mengalami kegagalan bertubi-tubi baru meraih sukses. Sebagai contoh Thomas Alfa Edison, yang sempat di keluarkan dari sekolah karena di anggap “bodoh” dan lamban dalam menangkap pelajaran, namun akhirnya berhasil mempatenkan sekitar 3000-an penemuan.

Begitu juga dengan Albert Einstein yang pernah di beritahu oleh kepala sekolah Munich ia tak akan menjadi “orang”, tetapi kemudian ia pada akhirnya menjadi pemikir terbesar sepanjang sejarah manusia.

Nah, Kalau pun Anda gagal dalam berbisnis, jangan lah bersedih hati apalagi sampai berputus asa, yakin lah suatu hari nanti Anda akhirnya juga akan sukses. Jangan pernah takut dengan kata gagal dalam hidup ini. Karena gagal itu justru adalah pelajaran berharga untuk kesuksesan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *