Membangun Keyakinan Diri

membangun keyakinan

Pada postingan beberapa waktu yang lalu saya menulis rahasia orang sukses yang pertama yaitu bermimpi besar. Saya sarankan anda untuk membacanya di sini :

# Mulailah Dengan Bermimpi Besar!

Sekarang kita membahas rahasia orang sukses bagian kedua. Apakah rahasia orang sukses bagian kedua ini? rahasia orang sukses kedua ini adalah membangun keyakinan. Anda tidak akan bisa sukses kalau Anda tidak yakin Anda bisa sukses. Orang-orang sukses di luar sana sangat faham akan hal ini.

Membangun keyakinan di sini bukan hanya dalam artian percaya diri biasa, namun sebuah keyakinan yang bisa membuat anda mampu bertahan dalam proses menuju sukses yang anda inginkan. Keyakinan inilah yang akan memberikan anda semangat yang luar biasa dalam menggapai sukses.

Keyakinan adalah sebuah kepercayaan diri yang sangat penting. Untuk itulah perlunya adanya keyakinan di sini. Anda tidak mungkin pergi ke dokter kalau Anda percaya kalau dokter itu bisa menyembuhkan. Begitu juga dengan kesuksesan. Bagaimana Anda bisa menjadi orang sukses kalau Anda sendiri tidak percaya Anda bisa sukses.

Jika Anda ragu akan kesuksesan Anda. Maka potensi Anda akan kurang optimal. Keraguan itu akan memberikan energi negatif pada kesuksesan Anda. Keyakinan akan menjadi sumber pikiran. Anda hanya bisa memikirkan apa yang anda yakini saja. Semakin banyak anda memikirkan sesuatu maka pikiran itu lama kelamaan akan masuk ke pikiran bawah sadar. Pikiran ini sangat kuat pengaruhnya bagi realisasi keinginan anda.

Tindakan Anda akan dituntun oleh keyakinan yang Anda pegang. Seorang muslim tentu akan bertindak sesuai ajaran islam karena yakin ajaran islam akan membawanya ke jalan kebaikan. Begitu juga pada bidang kehidupan lainnya. Semua dituntun oleh keyakinan kita. Misalnya seorang pebisnis hanya akan berbisnis pada jenis bisnis yang diyakininya paling jitu.

Bagaimana cara membangun keyakinan diri?

Saya pernah membaca sebuah ebook yang sangat bagus yaitu ebook berpikir positif islami. Di ebook itu sangat lengkap membahas tentang bagaimana membangun keyakinan. Nah, saya akan mencoba mengulas tentang bagaimana caranya membangun keyakinan diri agar keyakinan Anda tinggi akan kesuksesan Anda sendiri.

Berikut cara membangun keyakinan :

1. Membangun keyakinan dengan Melakukan Afirmasi
Afirmasi adalah suatu kegiatan mensugesti diri Anda dengan mengucapkan kata-kata/kalimat yang bisa membuat Anda bersemangat. Kalimat itu bisa seperti ini “Saya sukses”, “saya bisa” dan sebagainya dimana kata itu bisa membuat Anda benar-benar yakin kalau Anda bisa sukses. Lakukanlah hal ini setiap hari. Akan lebih baik jika Anda melakukannya sesudah bangun tidur. Saya selalu melakukannya setiap hari dan hasilnya sungguh luar biasa.

2. Melakukan Visualisasi

Setelah Anda melakukan afirmasi maka lakukanlah visualisasi. Bagaimana caranya? Caranya adalah setelah Anda melakukan afirmasi setelah bangun tidur lanjutkanlah melakukan visualisai dengan cara membayangkan bahwa Anda benar-benar sukses. Bahwa apapun yang Anda inginkan sudah tercapai.Bayangkan kalau Anda telah benar-benar sukses. Bayangkan seolah-olah Anda sudah mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Apa Pentingnya membangun keyakinan ini

Membangun Keyakinan ini sangat penting bagi Anda, selain Anda harus berani bermimpi tentu saja Anda juga harus percaya mimpi Anda itu akan terwujud. Percaya mimpi Anda akan terwujud maka Anda pun benar-benar berhasil. Kepercayaan itu muncul dengan cara membangun keyakinan.

Menurut buku Berpikir dan Berjiwa Besar karya David J. Schwartz Kepercayaan itu bekerja sebagai berikut. Kepercayaan, sikap ” saya positif saya dapat”, membangkitkan kekuatan, keterampilan dan energi yang diperlukan untuk berhasil. Jika Anda percaya “saya dapat melakukannya” dan benar-benar percaya, maka “bagaimana melakukannya pun berkembang secara otomatis.

Bermimpi besar dan memiliki keyakinan pada mimpi itu sangat penting dimiliki oleh calon orang sukses. Tanyakan pada semua orang sukses, adakah yang sukses tanpa kedua hal tersebut. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa untuk menjadi orang sukses cukup memiliki dua hal tersebut terlebih dahulu. Kemudian hal-hal lain seperti “bagaimana cara melakukan” akan datang dengan sendirinya.

Miliki dua hal ini terlebih dahulu. Baru memikirkan bagaimana caranya menjadi orang sukses. Kalau anda memikirkan bagaimana caranya menjadi orang sukses terlebih dahulu maka anda akan sulit untuk menghadapi pertentangan antara realitas dan keinginan anda.

Itulah betapa pentingnya kepercayaan. So, membangun keyakinan ini sebagai salah satu dari rahasia orang sukses. Percayalah ini sangat ampuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *