• Follow us : Facebook Google+ RSS Feed
Home » Percaya Diri » Konsep Percaya Diri Dalam Islam

Konsep Percaya Diri Dalam Islam

Janet's Rich Banana Bread Recipe Konsep Percaya Diri Dalam Islam
60

percaya diri

Pada artikel sebelumnya saya menulis tentang meningkatkan kepercayaan diri anak. Masih dalam tema percaya diri saya akan menulis bagaimana konsep percaya diri dalam islam.

Percaya diri adalah suatu sikap positif seorang individu yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Sehingga dengan alasan ini, ia akan mampu melakukan tindakan sesuai dengan apa yang ia inginkan, rencanakan dan harapkan.

Islam juga mengajarkan pentingnya percaya diri. Bisa dilihat dari beberapa ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang percaya diri ini.

Berikut adalah beberapa ayat Al-Qur’an yang menceritakan pentingnya percaya diri :

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (Ali Imran: 139)

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (Fusshilat: 30).

Kedua ayat di atas menjelaskan tentang pentingnya kepercayaan diri. Dari ayat di atas nampak bahwa orang yang percaya diri dalam al-Qur’an di sebut sebagai orang yang tidak takut dan sedih serta mengalami kegelisahan adalah orang orang yang beriman dan orang-orang yang istiqomah.

Banyaknya ayat-ayat lain yang menggambarkan tentang keistimewaan kedudukan manusia di muka bumi dan juga bahkan tentang keistimewaan umat Islam. Kedua ayat ini bisa meningkatkan kepercayaan diri anda.

Dari ayat tersebut jelas bahwa percaya diri sangat di anjurkan dalam Islam.

Kepercayaan diri akan membuat kita tidak lemah dan akan selalu kuat dan mengambil tindakan. Kepercayaan diri juga akan membuat kita akan selalu bertindak meski dalam keadaan sulit sekalipun.

Pada Sirah Rasullulah dan para sahabat yang hidup pada masa kejayaan Islam merupakan kisah yang banyak sekali dengan bukti-bukti kepercayaan diri umat Islam dalam menghadapi umat atau individu lain.

Kisah-kisah tentang Rasulullah dan para sahabat ini tentunya juga dapat dijadikan bahan kajian sebagai perbandingan bagaimana kepribadian Rasul dan generasi awal yang berpegang teguh kepada al-Qur’an dan Sunnah. Sehingga akhirnya mereka mampu membawa Islam menuju zaman keemasan.

Rasulullah dan para sahabat memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam perjuangan islam. Sukses dalam dakwah dan juga dalam karir salah satunya adalah karena tingginya kepercayaan diri Beliau.

Tentu saja ini sangat dianjurkan dalam menjalani kehidupan ini. Dan diharapkan menjadi teladan bagi kita untuk senantiasa kepercayaan diri dalam menjalani kehidupan kita seperti bagaimana kita bisa kepercayaan diri dalam bertindak meraih sukses yang kita harapkan.

Keseimpulan :Memiliki kepercayaan diri dalam menjalani kehidupan ini sangat di anjurkan dalam agama dan sangat penting sekali agar dapat terus bertindak menghadapi tantangan.

Semoga artikel Konsep Percaya Diri Dalam Islam ini bermanfaat untuk anda.

Incoming search terms:

Related Posts

Leave a Reply

 
© 2013 · RSS · Designed by Indowebthemes
Get up to speed fast on article spinner : risk free trial
Plugin from the creators of Brindes Personalizados :: More at Plulz Wordpress Plugins

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin