Kiat Memulai Usaha dengan modal kecil

usaha-dengan-modal-kecil

Pengertian usaha dengan modal kecil

Usaha dengan modal kecil adalah usaha dimana kita tidak memerlukan banyak modal untuk memulainya karena keterbatasan modal yang kita miliki. Yang kita perlukan adalah kemauan untuk berusaha. Meskipun dengn modal kecil tetapi tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Kuncinya adalah daya ungkit.

Memiliki usaha sendiri adalah impian banyak orang. Namun, terkadang yang menjadi kendala adalah tidak memiliki modal. Padahal menurut saya tidak punya modal adalah bukan kendala. Tidak punya modal, belum tentu tidak bisa berbisnis? Hanya memiliki modal kecil? akan lebih baik lagi. Yang paling penting dari semuanya adalah Anda hanya perlu memiliki keinginan atau memiliki tujuan dalam berbisnis.

Jika ingin memulai usaha baik besar maupun kecil, kita harus memiliki gagasan bisnis apa yang harus di garap. Dari mana gagasan itu muncul? gagasan bisnis akan lebih mudah kita dapat apabila kita peka dan peduli terhadap diri kita sendiri, keluarga, teman, dan lingkungan masyarakat sekitar.

Peduli kepada diri sendiri adalah bagaimana kita mengenali kemampuan, bakat, minat, dan lain sebagainya. Banyak pengusaha berhasil karena mereka telah mengenali bakat mereka sendiri kemudian di kombinasikan melihat peluang pasar.

Bagaimana seorang Purdi E Chandra memulai usaha? Ia memulai dari kemampuan diri sendiri, yakni mengajar dan di kombinasikan dengan kejelian melihat pasar dengan melihat banyaknya siswa SMA yang ingin lulus tes masuk ke perguruan tinggi. Ia pun menderikan bimbingan belajar.

Ada lagi contoh seorang pengusaha sampai di bandung yang sukses dan berhasil mengembangkan usaha daur ulang sampah. Bahkan, kini ia memiliki beberapa jenis usaha meliputi pengembang perumahan. Dari mana ide bisnisnya berasal? banyak sampai berserakan dan ia melihat banyak sampai yang bisa di daur ulang. Seperti plastik menjadi bijih plastik dan seterusnya.

Langkah Memulai usaha dengan modal kecil

Berikut langkah memulai usaha :

1. Lakukan pengamatan dan pendalaman mengenai seluk beluk bisnis tersebut.
2. Lakukan uji coba dengan menggunakan tes pasar
3. Susunlah rencana usaha
4. Mulai lah menentukan jenis usaha

Jenis usaha dengan modal kecil

Ada ribuan jenis usaha. Namun perlu diingat, agar lebih sukses menjalankan usaha modal kecil kita tetap perlu memperbesar modal lainnya (yang selain uang), misalnya modal tekun dan rajin serta kerja keras tentunya. Dan kekuatan Anda dalam hal daya ungkit. Berikut Jenis usaha :

1. Memasarkan produk atau jasa orang lain
2. Bisnis kerajinan, seperti souvenir
3. Jasa, seperti potong rambut, usaha jahit.

Melonjakkan Hasil Usaha dengan Modal Kecil

Bagaimana cara melonjakan hasil? Caranya adalah dengan menggunakan daya ungkit. Daya ungkit adalah sebuah kekuatan yang menyebabkan kita bisa mendapatkan sesuatu dengan usaha sekecil mungkin atau usaha yang sama dengan hasil yang sebesar mungkin. Atau mendapatkan hasil maksimal dengan hanya menggunakan modal kecil. Apa pun yang Anda miliki sekarang, Anda bisa mengungkitnya menjadi hasil yang maksimal. Bahkan ketika Anda tidak memiliki modal sedikitpun. Menarik bukan 🙂

Rumusnya sederhana

(Modal seadanya) + (Daya Ungkit) = Terobosan Menuju Sukses

Klik di sini untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut tentang daya ungkit

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *