• Follow us : Facebook Google+ RSS Feed
Home » Pengembangan Diri » Kenali Bakat dan Keahlian Anda

Kenali Bakat dan Keahlian Anda

Janet's Rich Banana Bread Recipe Kenali Bakat dan Keahlian Anda
257
Kenali Bakat dan Keahlian Anda

Kenali Bakat dan Keahlian Anda

Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir. Contoh seorang yang berbakat melukis akan lebih cepat mengerjakan pekerjaan lukisnya dibandingkan seseorang yang kurang berbakat. Tetapi, Tidak punya potensi sekarang sama sekali tidak menunjukkan siapa Anda saat ini. Karena potensi itu bisa Anda gali. Yang harus di lakukan hanyalah menggali potensi dan terus belajar. Dari mulai sejak lahir sampai tumbuh dewasa bakat dan keahlian itu terus berkembang. Tetapi, terkadang kita tidak tahu atau tidak mengenal bakat dan keahlian diri sendiri. Sehingga tidak bisa mengoptimalkan potensi diri. Betapa banyak orang yang pada dasarnya memiliki bakat dan keahlian tetapi dia tidak mampu menggiringnya tersebut menuju kesuksesan. Namun, sebaliknya tidak sedikit orang yang hanya memiliki sedikit potensi tersebut, tetapi mampu menggalinya dengan cerdas sehingga dia bisa sukses dari bakat dan keahlian tersebut. Bakat dan keahlian tersebut apabila tidak di kembangkan dengan baik maka yang ada hanyalah kemungkinan gagal. Ada banyak puluhan bahkan ratusan bakat yang di berikan Allah SWT kepada makhluknya. Nah, dengan kemampuan melihat dan mengembangkan bakat serta keahlian pada diri Anda, InsyaAllah jalan menuju sukses akan lebih mudah. Galilah potensi yang ada pada diri Anda. Tanyakan pada diri sendiri apa yang menjadi potensi Anda! kenalilah dengan jeli. Contoh pertanyaan yang bisa Anda tanyakan pada diri Anda adalah sebagai berikut.

Apa bakat dan keahlian Anda?

Berikut ini contoh pertanyaan yang bisa Anda tanyakan pada diri sendiri, kira-kira dalam bidang apakah yang Anda sukai? 1. Dalam bidang olahraga : a. Sepakbola b. Basket c. Volly 2. Dalam bidang musik : a. Vokal b. Pemain gitar c. Pemain biola 3. Dalam bidang kuliner? 4. Dalam bidang akademik? 5. Dalam bidang menulis? dan seterusnya. Sangat mudah menggali potensi diri sama saja artinya Anda mengenal diri Anda sendiri bagi Anda yang belum mengenal potensi diri Anda. Berikut ini ada beberapa langkah praktis yang dapat dilakukan untuk menyelidikinya Anda: 1. Buat sebuah buku harian catatlah pada bidang apa sajakah Anda biasanya merasa cocok atau sering mendapatkan pujian untuk hal itu. Catat dan bidang apa yang menurut Anda paling menunjukkan siapa Anda. 2. Tulis juga kekuatan-kekuatan yang Anda miliki dan tentukanlah prioritas kekuatan yang Anda miliki tersebut. 3. Sering-seringlah bertanya pada diri Anda sendiri tentang apa saja yang anda anggap sebagai prestasi atau kepandaian terbesar anda selama ini. 5. Minta pada kawan yang mengenal Anda dengan baik dan pertimbangannya selalu Anda dengarkan, untuk menyebutkan lima kekuatan utama Anda dan alasannya. 6. Coba ajak sekelompok teman dekat untuk membicarakan kekuatan dan kelemahan masing-masing. Apakah yang orang lain katakan sebagian cocok dengan bagaimana Anda melihat diri Anda? Caranya sangat mudah bukan? Anda harus mengenali potensi Anda tersebut supaya Anda bisa sukses sesuai potensi Anda. Semoga tulisan ini bermanfaat buat Anda. Tulisan ini sebenarnya hanya secarik kertas dari buku tebal mengenai sumber daya manusia. Tak lebih dari sepenggal adegan dari cerita besar mengenai bakat. Dunia akan terasa lebih indah jika mulai saat ini kita mulai memperhatikan bakat unik yang dimiliki setiap orang.

Kepuasan terbesar dalam hidup ini adalah ketika kita berhasil melakukan sesuatu yang menurut orang lain kita tidak mungkin melakukannya. (Andri Wongso)

Incoming search terms:

Related Posts

2 Responses

  1. Wah, ternyata sikap proaktif sangat penting ya.. Thanks

Leave a Reply

 
© 2013 · RSS · Designed by Indowebthemes
Get up to speed fast on article spinner : risk free trial
Plugin from the creators of Brindes Personalizados :: More at Plulz Wordpress Plugins

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin