Jangan Pernah Takut Dengan Kegagalan

kegagalan

Bagaimana pandangan anda tentang kegagalan? Apakah anda takut dengan kegagalan? Kalau Anda takut gagal, maka anda pasti akan takut untuk mencoba lagi. Padahal, coba anda pikirkan, jika anda takut untuk mencoba lagi, maka anda pun secara tidak langsung telah memastikan bahwa anda sudah gagal. Jadi, rasa takut gagal adalah penyebab kegagalan yang pasti.

Rasa takut sebenarnya ada untuk mendorong anda maju, bukan untuk menahan anda. Biarkan rasa takut akan kegagalan itu mempertahankan anda. Biarkan rasa takut mengajarkan anda. Tetapi, jangan biarkan rasa takut menghentikan langkah anda.

Sebuah kegagalan yang paling berbahaya adalah kegagalan untuk memulai untuk bertindak. Biasanya ini terjadi justru karena takut akan kegagalan tindakan tersebut. Ingatlah, bila anda sudah mencoba dan gagal maka anda telah menemukan satu pelajaran. Bukankah tidak ada yang sia-sia. Satu pelajaran itu bisa anda gunakan untuk mencoba lagi di lain waktu.

Gagal adalah hal yang biasa bagi yang ingin sukses. Mereka yang sudah sukses pun telah merasakan banyaknya kegagalan. Tahukah anda? Seorang pebisnis top di Amerika yang bernama R.H. Macy, sebelum tokonya di New York sukses besar ia telah mengalami kegagalan sebanyak 7 kali.

Seorang bintang baseball ternama, Babe Ruth dalam catatan karirnya ada sekitar 1.330 kali Ia melakukan kegagalan menendang bola, namun ia juga berhasil mencetak 714 gol sepanjang karirnya.

Bagaimana dengan Thomas Alfa Edison, yang sempat di keluarkan dari sekolah karena di anggap bodoh dan lamban dalam menangkap pelajaran, namun akhirnya berhasil mempatenkan sekitar 3000-an penemuan.

Begitu juga dengan Albert Einstein yang pernah di beritahu oleh kepala sekolah Munich ia tak akan menjadi “orang”, tetapi kemudian ia pada akhirnya menjadi pemikir terbesar sepanjang sejarah manusia.

Intinya, jangan pernah takut dengan kegagalan..jika anda tidak takut maka anda termasuk bagian dari orang-orang yang akan sukses…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *