Ingatlah! Dalam Kesulitan Itu Ada Kemudahan

No comment 3175 views

Setiap ada kesulitan, maka disitulah pula adanya kemudahan. Dalam Alqur’an di jelaskan :

“karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”.


Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Al Insyirah:5-6).
Maksud ayat di atas adalah kemudahan datang bersama kesulitan dan bukan setelahnya karena setiap musibah dan kesulitan selalu membawa kemudahan. Oleh karena itu, tidak ada musibah yang hanya berisi kesulitan. Sebagaimana semua hal adalah berpasangan.

Begitu juga dengan kesulitan, pasangannya adalah kemudahan. Sungguh rahmat Allah yang di berikan pada kita sangatlah besar. Oleh karena itu, setiap Allah menurunkan bencana, selalu disertai dengan kemudahan.

Dari ayat itu juga kita bisa mengetahui, bahwa Allah memotivasi kita sebanyak dua kali. Bahwa dalam satu kesulitan ada dua kemudahan. Untuk itu, jangan lah khawatir jika mendapatkan kesusahan dan kesedihan karena setiap kesusahan itu ada kemudahan.

Sungguh dalam gelap gulitanya malam, dekat sekali dengan terbitnya fajar. Musibah yang menimpa setiap muslim sungguh telah memberikan rahmat. Rahmat ini terkadang tidak di ketahui oleh sebagian orang. Hanya orang-orang yang pandai saja yang mengetahuinya.

Jika balasan orang-orang yang mendapat musibah itu hanya pahala, di akhirat, niscaya hal itu sudah cukup baginya. Akan tetapi, setiap musibah terjadi, selalu disertai dengan rahmat dari Allah SWT. Baik yang bersifat duniawi maupun ukhrawi.

Musibah bagi seorang muslim merupakan pencuci dosa dan kesalahan-kesalahannya. Berawal itulah kita wajib bersyukur kepada Allah SWT.
Jika kesulitan sedang melilit kita, hadapilah dengan sabar dan tawakkal. Yakinilah, bahwa bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Bukankah di sekitar kita, telah cukup banyak contoh-contoh yang transparan tentang hal itu? Maka, tetaplah tebarkan senyum di sepanjang langkah kehidupan kita, sebagai tanda bahwa kita (akan) selalu lulus ujian.

Dalam kesulitan itu ada kemudahan. Itu pun sudah jelas adanya. Hanya saja terkadang kita tak pernah menyadarinya. Kita lebih terpaku pada masalah yang kita hadapi, setelah masalah itu ada penyelesaian kita pun tidak sadar sebuah penyelesaian itulah kemudahan yang telah di berikan kepada kita.

Semoga bermanfaat!

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.

Leave a reply "Ingatlah! Dalam Kesulitan Itu Ada Kemudahan"