Hilangkan Perasaan Takut Gagal

takut gagalPerasaan takut gagal hampir selalu terlintas di dalam hati kita ketika kita ingin memulai suatu pekerjaan ataupun memulai bisnis. Perasaan seperti ini bukanlah suatu fitrah atau bawaan sejak lahir. Didikan sosial lah yang sangat berperan akan hal ini. Lingkungan anda yang membuat anda memiliki perasaan takut gagal tersebut.

Keluarga kita sering menanamkan perasaan takut gagal tersebut dari kita sejak kecil. Dengan begitu, perasaan takut gagal tersebut tertanam hingga kita dewasa. Berawal dari hal itu lah kita menjadi takut akan suatu hal yang belum kita ketahui dampaknya.

Sehingga hal ini berakibat kita menjadi takut memilih pekerjaan yang belum kita ketahui. Sebagai contoh kita menjadi takut untuk memulai berbisnis. Kita baru berani mengerjakannya bila kita sudah tahu itu bisnis itu pasti berhasil.

Hal ini tidak di benarkan. Sekalipun mereka memiliki persiapan dan sarana yang lengkap untuk memulai sesuatu, tetap saja mereka takut gagal. Perasaan takut akan kegagalan tersebut sudah terekam sejak kita anak-anak dan terus melekat sepanjang hidup. Sebagai contoh, terkadang anda merasa terkejut ketika baru mendengar pertama kali suatu hal. Hal ini karena fenomena kegagalan memiliki wujud yang konkret.

Takut gagal akan mencegah kita untuk mengarungi pengalaman yang sangat banyak, menarik, dan berguna bagi kita. Kita takut melakukan banyak hal. Perasaan ini akan membatasi gerak anda dalam menjalani kehidupan ini. So, segera hilangkan!

Ketika anda gagal untuk pertama kali, atau bahkan beberapa kali sehingga menyebabkan anda takut untuk memulai lagi. Jadikanlah kegagalan itu sebagai pintu gerbang anda menuju kesuksesan. Semakin banyak kegagalan yang anda dapatkan akan semakin mendekatkan anda pada kesuksesan.

Semua orang besar pernah mengalami kegagalan. Sebagai contoh adalah Thomas Alva Edison yang telah mengalami kegagalan ribuan kali dalam membuat bola lampu. Bagaimana jika seandainya Thomas menyerah pada saat itu sebelum pada akhirnya berhasil menciptakan bola lampu, saya yakin bukan tidak mungkin kita sampai saat ini tidak pernah mengenal bola lampu.

Seandainya Thomas Alva Edison menafsirkan bahwa semua pekerjaan yang ia lakukan sebagai bukti kepakaran dirinya dan ia anggap sebagai kegagalan, maka ia pasti akan berhenti untuk terus berkarya setelah kegagalannya pertama kali. Niscaya ia akan menjuluki dirinya sebagai orang yang gagal dan tentu ia akan menghentikan usahanya untuk menyinari alam ini.

Memang benar bahwa perasaan takut akan kegagalan adalah batu sandungnya yang akan menghalangi langkah kita untuk menuju kesuksesan yang kita inginkan sehingga kita menjadi terbelenggu dalam keadaan cemas dan menderita karena banyaknya urusan. Hal ini di karenakan karena kita takut gagal. Untuk itu hilangkanlah perasaan takut gagal tersebut. Kegagalan akan memberikan pelajaran yang sangat berharga pada anda. Dengan kegagalan akan membuat kita mengetahui kelemahan diri kita.

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk menghilangkan perasaan takut tersebut. Semuanya berawal dari kesadaran anda sendiri. Kesadaran bahwa kegagalan adalah bukan hal yang layak untuk di takuti!

Hilangkan lah perasaan takut gagal tersebut, anda pasti bisa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *