Hilangkan Penyakit Hati!

penyakit hatiSering kali, kita sendiri lah yang membuat rasa cemas terjadi pada diri kita. Juga sebenarnya kita sendiri lah yang memiliki terjadinya kesusahan dan kesedihan. Kita memegang kendali penuh atas diri kita. Bahkan, lebih dari kita ada yang menyiksa diri dengan penyakit hati. Rasa cemas itu adalah hasil dari adanya penyakit hati pada diri kita.

Penyakit hati ini bukan di sebabkan oleh virus atau sejenis mikroba. Tetapi, karena hal lain. Yaitu karena kerusakan pikiran kita sendiri dan akibat sedikit iman kita kepada Allah SWT.

Salah satu penyakit hati ini adalah iri. Orang yang iri, akan lebih menyiksa diri sendiri daripada menyakiti orang lain. Orang yang iri akan menyiksa diri sendiri karena suatu hal bukan miliknya. Hati-hati, penyakit ini sangat berbahaya.

Ada yang mengatakan bahwa iri merupakan dosa pertama dalam maksiat kepada Allah, baik di langit maupun di bumi. Jika di langit adalah irinya iblis kepada Adam A.S, sedangkan di bumi adalah irinya Qabil kepada Habil.

Sifat iri ini telah terjadi pada berbagai orang di masyarakat. Ketika mereka berkumpul, bahan pembicaraannya adalah seputar nikmat-nikmat Allah yang telah di dapatkan orang lain. Mereka merasa terbakar dan kecewa atas kondisi mereka sendiri. Hal ini yang membuat pandangan mereka tidak nyaman. Begitu pula saat seseorang di beri nikmat, mereka membiarkan perasaan iri membakar semua amal-amal kebaikan mereka.

Kita harus menyadari bahwa Allah paling tahu terhadap kondisi makhluknya. Sehingga jika Allah melebihkan nikmat yang satu dengan yang lain, tentu saja Allah tahu segalanya atas ketentuan tersebut.

Jagalah diri anda dari sifat iri. Karena dalam iri akan tumbuh dan berkembang perasaan benci antar sesama manusia. Sifat iri ini akan menimbulkan permusuhan, permasalahan, dan peperangan.

Mengapa anda menyiksa diri anda dan mengapa anda biarkan kesusahan dan kesedihan menguasai anda hanya karena penyakit hati ini. Jangan pernah benci kepada seseorang yang Allah berikan nikmat yang berlebih kepadanya. Minta ampunlah kepada Allah. Dengan begitu perasaan dan jiwa anda menjadi tenang dan tentram. Anda akan terjauh dari rasa cemas, susah, sedih. So, hilangkan penyakit hati ini!

One thought on “Hilangkan Penyakit Hati!

  1. memang benar aku juga pernah dengan penyakit iri hati merupakan dosa yang besar, aku harus mengendalikan diri nih. terutama di lingkungan kerja, jangan sampai iri kepada jabatan teman yang lebih tinggi, harus disyukuri, aku yakin Allah akan mengubah hidup kita lebih baik jika kita bisa bersyukur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *