• Follow us : Facebook Google+ RSS Feed
Home » Artikel Islam » Rahasia Hidup Sehat Ala Rasulullah

Rahasia Hidup Sehat Ala Rasulullah

Janet's Rich Banana Bread Recipe Rahasia Hidup Sehat Ala Rasulullah
191

Hidup sehat ala rasulullahDewasa ini perkembangan ilmu kesehatan sangat pesat. Namun, faktanya bahwa ternyata kian hari orang juga mudah terkena penyakit. Kita bisa melihatnya disekitar kita masih banyak orang yang mengeluh sakit. Bahkan, penyakit-penyakit yang dulunya hanya di derita oleh orang tertentu, kini lebih akrab di berbagai kalangan baik status sosial atau pun usia. Bisa kita simpulkan bahwa zaman semakin modern, ternyata masalah juga tidak sedikit, termasuk penyakit. Berkaitan dengan perkembangan zaman tersebut maka penyakit juga mengancam setiap saat. Ini bisa di lihat dari pola hidup serba instan di masyarakat, sampai pada tahap dimana orang sudah mulai kurang peduli dengan syari’at agama dalam hal makanan. Karena pada zaman sekarang banyak sekali makanan yang serba instan dan semakin banyak pengusaha yang menyajikan makanan siap saji ini. Pada zaman sekarang banyak sekali pola makan yang salah di masyarakat. Contohnya dari sisi pola makan, masyarakat juga sudah banyak yang menerapkan pola makan tidak sehat. Seperti makan tanpa diawali dan diakhiri dengan doa, bahkan ada juga makan sambil berjalan, atau pola makan yang salah lainnya seperti tidak mencuci tangan bila hendak makan. Padahal dalam dunia medis saat ini, cara makan yang baik untuk kesehatan adalah dengan duduk tenang. Ini bisa membuat tubuh mengarahkan energi menuju proses makanan yang sedang dicerna. Sehingga enzim pencernaan juga akan bekerja dalam kondisi baik. Jadi, harus disisihkan waktu untuk makan dengan tenang. Karena berbagai permasalahan di atas itulah, mari kita hidup sehat ala Rasulullah, teladan kita!

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Bagaimana hidup sehat ala Rasulullah?. Rasulullah sudah mengajarkan kepada kita bagaimana cara hidup yang sehat sejak 14 abad lalu, sebelum adanya cara-cara hidup sehat di dunia kedokteran. Berikut ini hal-hal yang bisa kita tiru dari hidup sehat ala Rasulullah seperti cara makan, cara sehat jiwa dan raga dan lain-lain dijelaskan sebagai berikut.

1. Makan Ala Nabi

Bagaimana pola makan yang sehat ala Nabi? Berikut ini adalah cara makan ala nabi yang di ambil dari beberapa hadist. a.Makanan yang dimakan harus halal dan baik. Sebagaimana firman Allah : “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS: Al Maidah: 88). b. Makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, hal itu sudah di ajarkan oleh Rasulullah. Namun, banyak sekali yang melewatkan bagian ini. Dunia modern seakan mengajak anda untuk makan secara berlebihan, sehingga lumayan banyak yang mengalami obesitas. c. Mencuci kedua tangan sebelum makan Biasakan cucilah tangan sebelum makan. Sebagaimana yang di anjurkan Rasulullah. “Apabila Rasululllah Sholallahu Alaihi Wassalam hendak tidur sedangkan Beliau dalam keadaan junub, maka beliau berwudhu terlebih dahulu dan apabila hendak makan, beliau mencuci kedua tangannya terlebih dahulu.” (HR. Ahmad)

2. Sehat Jasmani dan Ruhani Ala Nabi

Bagaimana kesehatan di pandang secara islam? Dalam pandangan Islam, kesehatan bukan saja jasmani, tetapi juga ruhani. Tidak hanya soal makanan, tetapi juga adanya keyakinan dan kemauan yang kuat untuk menerapkan syariat agama yang telah dicontohkan oleh nabi kita. Jadi, Nabi telah menganjurkan kita agar bisa sehat secara jasmani dan juga ruhani. Meskipun kita telah mengonsumsi makanan bergizi, tetapi mental kita bermasalah, sering marah-marah, dan adanya perasaan dengki pada orang. Bisa saja hal ini yang menyebabkan penyakit. Biasanya penyakit ruhani juga berdampak pada kesehatan jasmani. Islam itu seimbang, tidak pernah memberatkan satu aspek lalu mengabaikan aspek yang lain. Seorang dikatakan sehat dalam perspektif Islam tidak semata sehat jasmaninya, namun juga baik imannya. Bagaimana agar kita bisa sehat jasmani dan ruhani? Bagaimana agar kita bisa sehat jasmani dan ruhani? Berikut ini adalah langkah-langkah agar bisa sehat jasmani dan ruhani yang di ambil dari dari berbagai sumber. a.Bangunlah lebih awal yaitu satu jam sebelum subuh Bangun lebih awal akan membuat anda terasa lebih segar dan sehat. Jangan lupa juga rutinkan Shalat Tahajud dan berdoalah. Sebab doa pada waktu malam kemungkinan terkabulkannya cukup besar. Survei membuktikan, orang yang terbiasa bangun pagi akan lebih sehat. Hal ini juga lah yang sudah di contohkan oleh Rasulullah. Dan bahkan saat ini ada yang mengatakan salah satu kebiasaan orang sukses itu adalah bangun pagi. Tentu saja akan lebih mantap jika anda membiasakan juga dengan amalan-amalan sunah, sehingga peluang sukses anda tidak hanya dunia tetapi juga akhirat. b.Belajar untuk menahan emosi Sebisa mungkin jangan mudah emosi atau mudah marah. Rasullullah saw, memperingatkan kita, “Jangan marah, jangan marah, jangan marah.” Hal ini menunjukkan bahwa sehat itu tidak hanya jasmani tetapi juga ruhani. c.Jangan mendengki saudara muslim lainnya. Yang ketiga adalah jangan mendengki. Sebagaimana hadist berikut. “Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu.” (HR. Abu Dawud) . d.Berdoalah kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan. Sebagaimana perkataan Rasulullah saw, “Mohonlah kepada Allah keselamatan dan afiat. Sesungguhnya tiada sesuatu pemberian Allah sesudah keyakinan (iman) lebih baik dari pada sehat afiat.” (HR Ibnu Majah). e.Perbanyaklah puasa. Puasa juga dapat membuat kita sehat. Pesan Nabi ”Puasalah kamu niscaya kamu akan sehat selalu.” Dari segi kedokteran pun telah banyak yang membuktikan bahwa puasa itu menyehatkan. Oke, itulah Rahasia hidup sehat ala rasulullah, semoga kita bisa meneladani kehidupan Nabi kita. Salah satunya adalah hidup sehat ala rasulullah. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel hidup sehat ala rasulullah!

Incoming search terms:

Related Posts

Leave a Reply

 
© 2013 · RSS · Designed by Indowebthemes
Get up to speed fast on article spinner : risk free trial
Plugin from the creators of Brindes Personalizados :: More at Plulz Wordpress Plugins

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin