Harga Diri Itu Harus Di Tingkatkan! Bagaimana Caranya?

harga diriSiapakah sebenarnya diri kita? apakah ada bedanya antara orang yang satu dengan yang lain? Mengapa saya lebih sukses dari pada yang lain? Jawabannya hanya satu, saya adalah saya. Saya tidak dapat mengubah apa pun tentang itu. Orang lain tentu mungkin lebih sukses dari pada yang lain. Tetapi, sekali lagi saya adalah saya, yang punya karakter dan kepribadian yang berbeda yang punya tujuan dan cita-cita yang beda, serta punya cara dan metode yang berbeda untuk sukses.

Nah, inilah yang dinamakan dengan harga diri. Jadi, sukses dan harga diri itu sangat berkaitan. Cenderung saling mempengaruhi dan tidak bisa dipisahkan.

So, Anda harus mengenal apa itu harga diri. Kalau Anda memiliki harga diri yang bagus, maka Anda akan bisa mengembangkan hidup secara cerdas dan efesien sehingga Anda akan menjadi orang yang sukses dalam menghadapi hidup.

Apa itu harga diri?

Pada dasarnya harga diri merupakan sebuah kesadaran akan seberapa besar nilai yang diberikan kepada diri sendiri. Artinya adalah sebuah sikap bagaimana kita bisa memberikan sesuatu kepada diri sendiri agar bisa memuaskan batin sehingga tampak lebih percaya diri dan bisa menguasai keadaan di sekitar kita.

Pengertian lain, harga diri adalah sikap menerima diri apa adanya. Hal ini berhubungan dengan keyakinan bahwa kita layak, mampu dan berguna dalam apa pun yang telah, sedang dan akan terjadi dalam hidup kita. Oleh karena itu harga diri adalah bentuk keberanian dalam mengakui kekurangan yang ada pada diri kita sendiri.

Harga diri ibarat fondasi bangunan. Kalau fondasi tersebut rapuh, maka apa pun yang di bangun di atasnya tidak akan aman. Akibatnya, jika kita gagal dalam satu hal kecil saja, atau ada yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka kita akan mengatakan kepada diri kita betapa tidak bergunanya kita.

Darimana Datangnya Harga Diri?

Darimana datangnya harga diri? Tentu saja penghargaan diri tidak datang dari langit. Harga diri harus di cari sendiri. Anda harus mengusahakannya sendiri untuk mencarinya kalau memang harga diri tersebut penting bagi Anda.

Bagaimana Cara Mendatangkan Harga Diri?

Menurut Grant Brecht, pada dasarnya penghargaan diri bisa Anda dapatkan dari 4 hal yaitu :

a.Orang tua

Orang tua sangat berpengaruh pada pembentukan diri anaknya. Hadiah terbesar yang harus di berikan orang tua pada diri kita adalah harga diri. Banyak cara yang bisa di lakukan orang tua dalam pembentukan harga diri anaknya. Seperti contoh berikut.

1.Memberikan perhatian pada anak agar anak berkelakuan baik
2.Memberikan kritik pada anak jika anak melakukan kesalahan atau penyimpangan prilaku.
3.Memberikan penghargaan terhadap usaha anak-anak yang sudah berkelakuan baik atau yang sudah berprestasi.

b.Teman

Teman juga sangat berpengaruh pada pembentukan diri Anda. Khususnya teman dekat Anda. Teman yang tidak memiliki penghargaan diri akan memberikan dampak negatif pada diri Anda. Sedikit banyak Anda akan ikut terbawa.

Jika teman dekat Anda memiliki penghargaan diri yang tinggi, terlebih memberikan perhatian penuh atas pembentukan diri Anda. Maka Anda akan sangat terbantu. Jika Anda di akui dan di puji oleh teman Anda maka otomatis penghargaan diri Anda akan meningkat.

c.Prestasi

Jika Anda berprestasi pada suatu bidang, maka Anda cendrung akan meningkatkan kan percaya diri dan juga penghargaan terhadap diri Anda. Prestasi jelas akan memberikan dampak positif pada Anda. Jika Anda bisa berprestasi maka Anda akan senang dengan diri Anda.
Kemampuan Anda untuk menetapkan tujuan yang realistis dan penghargaan terhadap diri sendiri pada setiap langkah pencapaiannya juga merupakan pendorong meningkatnya penghargaan diri.

d.Dari diri Anda sendiri

Sumber yang paling penting adalah diri Anda sendiri. Anda bisa menurunkan dan meningkatkan penghargaan diri kapan pun Anda mau. Orang yang memiliki penghargaan diri cenderung :

-Mengutamakan apa yang dapat di lakukan dan mengambil pelajaran apa yang telah dia lakukan
-Mengkritik prilaku, bukan diri

Langkah Membentuk Harga Diri

Untuk mulai memupuk rasa penghargaan pada diri Anda maka ada beberapa hal yang harus Anda ungkapkan :

1.Banggalah terhadap pencapaian yang telah Anda lakukan
2.Ungkapkan terima kasih pada orang yang telah memuji Anda tanpa harus merasa malu
3.Ungkapkan saja perasaan Anda kalau memang Anda suka, dan ungkapkan saat kalau memang Anda tidak suka.
4.Akui lah kesalahan Anda, apabila Anda melakukan suatu kekeliruan
5.Jangan menghina orang lain dan hargai orang lain.

Dan ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan penghargaan pada diri Anda.

a.Berusahalah semaksimal mungkin. Jangan mengecilkan diri Anda. Jangan mengedepankan kekurangan-kekurangan Anda.
b.Berani mengambil risiko. Jangan takut pada apa yang akan terjadi di depan Anda. Berani lah mengambil risiko.
c.Bersikap optimis. Sikap optimis merupakan satu langkah untuk meraih sukses. Paling tidak dengan optimis kita bisa intropeksi diri pada waktu kita melakukan kesalahan. Jangan sampai memaki diri sendiri dan percaya esok lebih baik.
d.Bersikap positif. Dengan bersikap positif maka hal-hal positif akan hadir dengan sendirinya pada diri Anda dan mengurangi energi negatif pada diri Anda.
e.Mencari hubungan untuk memperkaya diri. Banyak hal yang bisa kita dapat dengan berinteraksi dengan orang lain. So, bangunlah hubungan dengan orang lain.
f.Maafkanlah diri Anda setiap kali Anda melakukan kesalahan. Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidup, maka maafkanlah diri Anda. Jangan pernah menyalahkan diri Anda!

Bagaimana? Apa Anda sudah memiliki harga diri yang tinggi? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Salam sukses luar biasa 🙂

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.
  1. author

    vivi6 months ago

    Terima kasih postingannya. Sangat bermanfaat

    Reply

Leave a reply "Harga Diri Itu Harus Di Tingkatkan! Bagaimana Caranya?"