• Follow us : Facebook Google+ RSS Feed
Home » Artikel Bisnis » Peluang Usaha Rumahan Katering Makanan

Peluang Usaha Rumahan Katering Makanan

Janet's Rich Banana Bread Recipe Peluang Usaha Rumahan Katering Makanan
242

katering makananSalah satu contoh usaha rumahan adalah katering makanan. Katering makanan adalah usaha yang tergolong usaha rumahan modal kecil dan sangat banyak diminati. Hal ini dikarenakan makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Selain itu juga katering makanan ini bisa memberikan potensi penghasilan yang relatif besar, dengan keuntungan bisa mencapai 50 % dari modal. Contoh usaha rumahan katering makanan ini juga relatif mudah di kerjakan. Yang penting anda bisa memiliki keahlian memasak dan sedikit manajemen bisnis. Apalagi dengan semakin berkembangnya jaman, banyak dari masyarakat yang memang membutuhkan sesuatu yang praktis sehingga lebih memilih untuk menggunakan jasa catering untuk urusan makanannya. Biasanya orang-orang yang suka memakai jasa katering makanan ini adalah anak kost, orang kantoran, atau bahkan orang-orang sibuk yang lebih suka dengan yang praktis. Kalau usaha rumahan katering makanan ini dikemas dengan baik dan kreatif, maka bisa dipastikan akan laris manis di pasaran.

Langkah-langkah Memulai Usaha Rumahan Katering Makanan

Berikut adalah Langkah memulai usaha rumahan katering makanan :

1.Menentukan jenis usaha rumahan katering makanan

Ada berbagai macam jenis usaha katering, seperti berikut ini : • Katering Rumahan : contoh usaha rumahan katering makanan Usaha katering yang melayani pesanan sampai dengan 100 orang. Meliputi rantangan untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan/pengajian, pesanan nasi boks untuk 20-100 porsi, dan pesanan nasi tumpeng. • Katering makanan anak : yaitu katering makan pagi/siang untuk Anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak. Selain itu ada juga yang namanya katering makanan sehat dan katering makanan bayi. • Katering Kantoran: yaitu rantangan karyawan kantor, nasi boks atau prasmanan untuk perayaan/syukuran di kantor. • Katering Acara Khusus / Hajatan : Seperti pernikahan dan perayaan. Umumnya menggunakan sistem prasmanan, tetapi kadang ditambah pula dengan pesanan nasi boks dan tumpeng.

2.Menyiapkan modal yang dibutuhkan

Adapun modal yang dibutuhkan : • Peralatan memasak. Untuk memasak 100 porsi misalnya, bisa dikerjakan dengan peralatan memasak yang ada dalam rumah tangga sehingga tidak perlu terburu-buru menanam modal hanya untuk membeli peralatan baru. • Ruangan / dapur Untuk katering rumahan, ruangan khusus tidak perlu disiapkan. Namun sebaiknya tata dapur Anda sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan dan tambahkan rak-rak khusus untuk tempat perlengkapan memasak. • Rak khusus untuk bumbu-bumbu dapur Kalau perlu beri label pada tempat masing-masing bumbu untuk memudahkan proses memasak. • Keuangan Sebagai pemula, biasanya Anda belum bisa berutang alias masih memakai modal sendiri. Modal yang Anda perlukan untuk berbelanja bahan makanan. Estimasi biaya yang diperlukan sekitar 500 – 2 juta rupiah. Tergantung banyaknya pesanan yang anda kerjakan. Cobalah dengan skala kecil hingga besar.

3.Menyiapkan keterampilan yang harus dimiliki

Keterampilan yang harus anda miliki dalam usaha rumahan katering makanan ini adalah • Aneka masakan dan variasinya. Memasak memang urusan selera, tetapi tetap ada standart tersendiri yang harus dikuasai. Bedakan standar ini dengan pesaing anda. • Anda harus pintar mengelola bahan-bahan makanan dan penggunaannya agar tidak boros dan terhindar dari kerugian. • Membina hubungan dengan siapa saja, bahkan dengan pesaing atau sesama pengusaha katering. Anda juga harus tahu harga yang ditetapkan pengusaha katering lainnya agar bisa menentukan harga yang pas. • Perhatikan cara memasak dan menyimpan hasil masakan dengan baik. Hal ini sangat penting untuk menghindari masakan menjadi basi/bau akibat penanganan atau penyimpanan yang salah. • Teknik berbelanja dan memilih bahan makanan agar perhitungan biaya • Informasi tempat berbelanja bahan makanan yang berkualitas baik dengan harga miring.Terkadang perlu sumber dari beberapa tempat untuk mendapatkan bahan makanan yang baik. Misalnya, untuk sayuran segar dan murah sebaiknya Anda beli di pasar A, tetapi untuk daging sapi lebih baik dibeli di pasar B. Membeli daging ayam dan sapi ada yang menggunakan pesan-antar. • Informasi tempat persewaan peralatan makan dan penyajian (pemanas, pemanas sup,pyrex) yang lengkap dan murah. Lebih baik Anda tahu lebih dari satu tempat persewaan untuk menghindari kekosongan barang pada saat-saat ramai. • Membina hubungan dengan siapa saja, bahkan dengan pesaing atau sesama pengusaha katering. Anda juga harus tahu harga yang ditetapkan pengusaha katering lainnya agar bisa menentukan harga yang pas. ===================================

Rahasia Sukses Menjalankan Usaha Makanan Katering

Barikut akan saya berikan sedikit rahasia sukses menjalankan usaha rumahan katering makanan :

1.Tentukan tujuan besar anda

Apapun bisnis anda, awali dengan sebuah tujuan besar. Jadi, sebelum anda action menjalankan usaha katering makanan ini, tentukan terlebih dulu tujuan besar yang membuat anda terguguh untuk segera mencapainya.

2.Bangun Brand Anda

Bangunlah sebuah Brand anda sendiri. Sehingga orang akan mengingat anda dengan brand yang anda bangun tersebut. Mulailah dengan sebuah nama usaha yang terlihat bagus. Kemudian tingkatkan profesional anda dimata pelanggan.Kalau bisa harga katering anda lebih murah dari pesaing. Jaga terus kualitas dan rasa makanan serta ciptakan juga satu resep unggulan anda.

3.Fokus

Jika anda sudah memutuskan untuk menjalankan usaha katering ini, maka tugas anda harus fokus pada usaha katering ini. Jangan tergiur dulu untuk menjalankan bisnis lainnya. Fokus saja pada peluang usaha rumahan katering makanan ini hingga sukses besar. Setelah itu baru membuka usaha lainnya kalau anda mau.

4.Memperluas Jaringan

Bisnis apapun akan sukses jika didukung dengan jaringan yang besar. Seperti sebuah pernyataan “banyak teman, banyak rezeki”. So, terapkan juga di bisnis katering ini.

5.Mengusai berbagai jenis resep masakan

Karena anda bergerak di bidang katering makanan, maka anda harus benar-benar mengusai berbagai jenis resep masakan supaya pada saat ada pesanan resep tertentu anda bisa menyanggupinya.

6.Kreatif

Satu lagi syarat bisnis agar sukses adalah kreatif. Anda harus terus menerus mengasah kreatifitas anda, termasuk dalam usaha rumahan katering makanan ini. Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

Related Posts

10 Responses

  1. manz says:

    artikel yang memotifasi, terimakasih info yang sudah anda berikan untuk saya smoga ber manfaat untuk orang banya .,.

    kunjungan sore kunjugan balik blog sis.

  2. Tipsnya menarik sekali. Banyak orang sukses karena dia mau dan banyak yang gagal meski ia mampu.

  3. untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog dengan cepat dan aman,, silahkan langsung lihat cara berikut ini

  4. untuk menambah wawasan tentang dunia spiritual supranatural serta pengobatan alternatif silahakan langsung berkunjung ke blog saya

  5. pnet says:

    makasih banyak buat tipsnya… ditunggu tulisan berikutnya… :)

  6. hay……….tulisan anda sangat bagus, bisa berbagi materi tentang kewirausahaan?

  7. Indonesia sangat Butuh Wirausaha, maju terus Wirausaha Indonesia

    salam hangat dari kami Sarung Bantal Sofa

  8. Joko says:

    Menentukan ide bisnis rumahan memang tidak mudah. Yang namanya bisnis, terkait dengan berbagai hal diantaranya apa yang akan dibisniskan, bagaimana proses produksinya dan bagaimana pemasarannya. Tapai saya setuju kalao memilih bisnis online sebagai bisnis rumahan. Bisnis online merupakan bisnis rumahan online yang sangat menjanjikan dan memerlukan modal yang relatif kecil

  9. info yang sangat bermanfaat..thx

  10. terima kasih infonya… salam sukses

Leave a Reply

 
© 2013 · RSS · Designed by Indowebthemes
Get up to speed fast on article spinner : risk free trial
Plugin from the creators of Brindes Personalizados :: More at Plulz Wordpress Plugins

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin