Cerita Sukses Steve Jobs

5 comments 21400 views

steve JobsMungkin agak sedikit terlambat jika saya menuliskan Cerita Sukses Steve Jobs, namun saya pikir tidak apa-apa, karena Steve Jobs termasuk tokoh yang sangat pantas kita ketahui rahasia suksesnya. Ok. Berikut ini adalah cerita sukses Steve Jobs.

Sekilas Kehidupan Steve Jobs Sebelum Sukses

Steve Jobs lahir dari wanita yang hamil di luar nikah. Kelahirannya tidak dikehendaki, sehingga Ibu kandungnya berniat akan memberikan sang anak kepada Seorang Pengacara dan istrinya. Akhirnya Steve Jobs kecil diadopsi hingga pada umur 17 tahun beliau dikuliahkan.

Selama kuliah 6 bulan, Steve Jobs tidak merasa tenang hatinya karena telah menghabiskan uang tabungan orang tua angkatnya hanya agar dia bisa kuliah di Perguruan Tinggi mahal. Hanya bertahan 6 bulan, akhirnya Steve Jobs DO dari Kampus Reed College. Namun beliau tetap bertahan di sekitar kampus selama 18 bulan dan mengambil kelas kaligrafi (kelas non formal).

Steve Jobs bertahan dengan tidur di lantai asrama teman-temannya, menukarkan botol cola agar mendapatkan 5 sen untuk membeli makanan, dan berjalan sejauh 10 km seminggu sekali untuk memperoleh makanan yg baik di Candi Hare Krishna. 10 tahun kemudian, pelajaran tentang kaligrafi telah mengilhami Steve Jobs untuk mendesain komputer Macintosh pertama. Seni ini terus mempengaruhi karya-karya Steve Jobs berikutnya.

Dari sini bisa kita ambil pelajaran dari Steve Jobs : Pentingnya sebuah kekuatan untuk bertahan meski dalam keadaan terbuang. Steve mampu menghadapi semua itu.
=====================

Mendirikan Perusahaan Apple

Steve Jobs mengawali Apple di garasi orang tuanya, ketika dia berumur 20 tahun. Dia bekerja keras dan dalam 10 tahun Apple berkembang dari hanya dua orang menjadi perusahaan 2 milyar dolar dengan 4000 karyawan.

Seiring pertumbuhan Apple, mereka merekrut orang yang sangat berkompeten untuk menjalankan perusahaan mereka. Ketika Apple menjadi perusahaan besar beromset $2 Milyar dengan 4000 pekerja, Steve Jobs dipecat oleh CEO atas persetujuan Dewan Direksi.

Kedengarannya aneh bahwa ada pendiri perusahaan yg dipecat oleh CEO nya sendiri karena perbedaan pandangan ke depan. Tapi itulah kenyataannya. Selama beberapa bulan setelah dipecat fokus Steve Jobs hancur dan tidak tahu harus berbuat apa. Seluruh media sudah memberitakan kesalahannya. Namun ada satu hal yg beliau ingat, yaitu : Steve Jobs masih mencintai pekerjaannya.

Mendirikan Perusahaan Baru “NeXT Computer dan Pixar Animation”

Perusahaan ini mulai menciptakan film animasi komputer pertama, Toy Story, dan menjadi studio animasi film terbaik di dunia saat itu. Dalam kurun waktu tak terduga, Apple kemudian membeli Perusahaan NeXT dan Steve Jobs kembali lagi ke Perusahaan Apple yg pernah dia dirikan. Teknologi yg dikembangkan di NeXT Computer kemudian menjadi jantung teknologi Apple.

Dari sini bisa kita ambil pelajaran dari Steve Jobs : carilah pelajaran yang memang anda cintai, sehingga anda tidak akan meninggalkannya dan anda akan bekerja sepenuh hati. Kehilangan telah membuat Steve Jobs merubah energi perasan negatif menjadi lebih kuat dan lebih kreatif.
=====================

Kematian Steve Jobs

Steve didiagnosa dokter bakal mati dalam 3-6 bulan lagi. Suatu ketika beliau divonis dokter terserang kanker pankreas yg dia sendiri tidak tahu penyebabnya. Namun ternyata selama 8 tahun Steve Jobs masih bertahan dan tetap menghasilkan karya-karya besar pada perusahaan Apple-nya. Produk-produk iPhone, iPod Touch, iPad, Macbook Air, dirancang dan digarap saat ia telah didiagnosa mengidap kanker pankreas.

Selama 33 tahun setiap pagi beliau berdiri di depan cermin dan bertanya pada diri sendiri : “Jika hari ini adalah hari terakhir saya, apakah saya akan melakukan apa yang seharusnya saya lakukan?” “Dan ketika jawabannya ‘tidak’, saya tahu bahwa ada sesuatu yang harus saya rubah”.

Ada motto yg dibaca dan diterapkan Steve Jobs sejak umur 17 tahun :

“Jika kita hidup setiap hari seperti hari terakhir bagi kita, kita akan menciptakan sesuatu yang benar-benar besar akhirnya.”
=====================

Rahasia Sukses Steve Jobs

1.Keyakinan
Job memiliki keyakinan yang sangat tinggi. Dia selalu percaya diri akan suara hatinya. Keyakinan inilah yang menjadi rahasia suksesnya.

2. Gairah Hidup
Steve Jobs selalu menanamkan sebuah keyakinan bahwa yang setiap hal yang dilakukannya adalah proyek besar. Gairah hidup ini yang merupakan modal kesuksesan beliau. Bahkan, ketika beliau menderita kanker.

3. Keberanian
Keberanian Steve dalam menjalani hidup setiap harinya sudah tidak di ragukan lagi, meski sudah di diagnosa penyakit kanker.

4. Inovasi
Steve Jobs penuh dengan inovasi dan kreatif sehingga sukses mengembangkan perusahaan.

5. Visi
Visi Jobs di integrasikan ke dalam setiap aspek dari strategi perusahaan. Jika anda bermimpi untuk mengubah dunia, maka Jobs membuktikan dengan cara apapun dia bisa bahwa Anda membutuhkan sebuah komputer Apple untuk melakukannya.
=====================

Kini Steve Jobs telah tiada. Kepergiannya telah memberi pelajaran nyata pada kita-kita yg masih hidup. Bahwa sangat penting untuk selalu mengingat kematian. Sehingga selagi kita hidup kita akan memberikan yang terbaik.

Sejak Tanggal 24 Oktober 2011, Biografi Steve Jobs oleh Walter Isaacson telah diluncurkan di Amerika. Buku tersebut telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Mandarin di Cina dan telah terjual 1.000 kopi secara online saat peluncurannya.

(Di olah dari berbagai sumber)

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.
  1. author

    Pakar Buka Aura Kesuksesan3 years ago

    Oh, ternyata begitu. terimakasih artikelnya. Sangat membantu

    Reply
  2. author

    Disza Jatnika3 years ago

    ini sangat bermanfaat,, makasih gan

    Reply
  3. author

    kunci sukses2 years ago

    wah bermanfaat banget menambah wawasan untuk kita

    Reply
  4. author

    Chipsakti2 years ago

    mohon ijin nyimak gan. trima kasih pencerahannya, smoga menjadi amal ibadah.

    Reply
  5. author

    Pakar Kamasutra2 years ago

    steve jobs kisah hidupnya memangs angat inspiratif… luar biasa

    Reply

Leave a reply "Cerita Sukses Steve Jobs"