Cara Memotivasi Diri Dengan Membaca Sejarah Hidup Nabi Muhammad

cara memotivasi diri

Cara memotivasi diri yang lainnya adalah dengan membaca sejarah nabi Muhammad SAW. Cara ini juga ampuh memotivasi diri anda. Hal itu dikarenakan sejarah hidup nabi adalah sejarah yang sangat menggugah. Mengapa tidak, Nabi kita adalah manusia paling sempurna yang patut kita pelajari bagaimana perjalanan hidup beliau.

Kehidupan Nabi dipenuhi oleh berbagai pelajaran yang sangat berharga sekali. Pelajaran ini tidak akan ditemukan di dalam kehidupan tokoh manapun di dunia ini.

Nabi Muhammad adalah manusia luar biasa. Nabi mengalami banyak cobaan hidup. Beliau pernah dihina, disiksa, dikucilkan, dan hampir dibunuh. Selama hampir 13 tahun mengalami cobaan hidup yang berat (sejak diangkat menjadi Nabi sampai dengan hijrah ke Madinah).

Bahkan setelah hijrah ke Madinah beliau masih berjuang untuk menegakkan kejayaan islam. Selama hidupnya tidak kurang dari 80 kali beliau berperang. Kita semua tahu bahwa perang adalah cobaan hidup yang sangat sulit dan berat. Namun, Nabi mampu menghadapinya dengan sukses. Di akhir hidup beliau mampu menegakkan islam di seantero jazirah Arab hanya dalam waktu 23 tahun.

Itu adalah sebuah prestasi yang sangat mencengangkan. Sebuah prestasi gemilang yang tak satupun orang yang mampu memikulnya. Suatu keberhasilan yang bisa tertandingi oleh pemimpin manapun di dunia ini. Sejarah hidup Nabi Muhammad juga merupakan sejarah hidup yang paling lengkap dan paling terpercaya. Beda dengan sejarah lain yang sepotong-sepotong dan hanya di bumbui oleh mitos saja.

Banyak hikmah yang bisa diambil dari kehidupan nabi Muhammad. Salah satunya adalah hikmah semangat hidup beliau. Motivasi beliau yang sangat tinggi dalam menjalani kehidupan bisa kita contoh. Beliau bukan hanya mampu membangkitkan motivasi hidup untuk diri beliau saja. Tetapi juga mampu membangkitkan motivasi bagi orang lain. Termasuk orang-orang terdekat beliau seperti para sahabat beliau.

Dengan membaca sejarah Nabi maka kita pasti akan merasakan semangat hidup kembali. Semangat menatap masa depan, walau berbagai cobaan menerpa kita.

Silahkan jadikan sejarah Nabi Muhammad ini sebagai salah satu untuk memotivasi diri sendiri. Bacalah sirah Nabawi secara rutin atau ketika dalam keadaan lemah semangat. InsyaAllah akan mampu memotivasi diri sendiri.

Semoga kita bisa meneladani Nabi Muhammad dan mampu menjadikan kisah hidup beliau sebagai salah satu cara memotivasi diri.

4 thoughts on “Cara Memotivasi Diri Dengan Membaca Sejarah Hidup Nabi Muhammad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *