Bisnis Camilan Makanan Dan Bagaimana Kunci Suksesnya

Bisnis camilan makanan

Bisnis camilan makanan (Foto: takkasih.com)

Apakah anda ingin melakukan usaha sampingan namun tidak memiliki banyak modal, tidak memiliki keahlian dan tidak memiliki banyak waktu luang? Jangan khawatir, usaha atau bisnis sampingan memasarkan cemilan bisa jadi bisnis yang tepat untuk anda.

Bisnis camilan makanan tergolong usaha rumahan yang sangat mudah dijalankan karena waktu kerja yang fleksibel, tidak memerlukan keahlian khusus, modal yang dikeluarkan juga tidak banyak.

Dari beberapa kelebihan dan kemudahan yang telah disebutkan, maka usaha cemilan ini bisa jadi sangat cocok untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu serta tenaga namun tetap ingin menambah penghasilan dari rumah.

Analisa Bisnis Camilan Makanan Dan Kunci Suksesnya

1.Target Konsumen Bisnis Cemilan Makanan

Kebanyakan orang pasti suka ngemil, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Biasanya, cemilan selalu ada untuk menemani saat santai, baik sendiri maupun ketika berkumpul bersama keluarga atau teman. Oleh karena itu, sasaran pasar untuk usaha cemilan cukup luas dan dapat menjangkau berbagai kalangan.

Untuk memenuhi permintaan pasar yang mungkin cukup besar, anda bisa memanfaatkan keberadaan warung yang ada disekitar, supermarket, dan minimarket untuk dijadikan target pasar dengan menitipkan produk usaha cemilan.

2. Info Usaha Rumahan Bisnis Camilan Makanan

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan ketika anda ingin memulai usaha menjadi supplier cemilan. Berikut diantaranya:

  1. Lakukan survei terlebih dahulu jika anda masih bingung ingin menentukan cemilan apa yang bagus untuk dijadikan produk usaha. Pilih cemilan yang banyak diminati oleh masyarakat agar produk yang anda jual dapat laku keras di pasaran serta menghasilkan untung yang banyak.
  2. Carilah produsen cemilan yang mampu menghasilkan produk berkualitas namun dengan harga terjangkau sehingga anda dapat menjual kembali produk tersebut dengan harga yang bersaing di pasaran. Produk berkualitas mencakup soal rasa, kebersihan dan tampilan.
  3. Lakukan kerjasama dengan produsen cemilan yang anda pilih. Berikan penjelasan mengenai kerjasama dan niat anda untuk menjadi supplier cemilan yang mereka produksi. Tanyakan apakah ada harga khusus untuk anda, jika membeli dalam jumlah banyak agar ketika dijual kembali harga yang dipatok tidak terlalu mahal, setidaknya dapat bersaing dengan harga pasaran.
  4. Apabila kesepakatan kerjasama dengan produsen telah tercapai, langkah berikutnya adalah menyiapkan berbagai alat dan perlengkapan yang diperlukan untuk pengemasan produk. Beberapa alat yang biasanya diperlukan pada tahap ini adalah mesin pengemas (sealer), kemasan yang sudah dibuat semenarik mungkin dengan variasi ukuran serta pencantuman merk dan label.
  5. Terakhir, jika tahap pengemasan telah dilewati maka selanjutnya menentukan target pasar yang potensial. Pilih beberapa tempat seperti warung, kantin dan minimarket yang cukup ramai pengunjung sehingga kemungkinan produk yang anda titipkan ditempat tersebut bisa cepat laku dan habis terjual.

Setelah mengetahui langkah-langkah memulai usaha cemilan, tentu anda sudah bisa membayangkan dan mudah dalam merencanakan apa yang hendak dilakukan bukan? ternyata bisnis ini dapat dijalankan dan dikelola terutama oleh anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang.

Anda hanya perlu membeli stok cemilan dalam jumlah yang banyak kemudian dipasarkan kembali dalam kemasan baru dengan berbagai macam ukuran.

Artikel Terkait : Peluang Usaha Rumahan Membuat Kreasi Kaos Flanel

3 Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Camilan Makanan

Kelebihan Usaha Rumahan Bisnis Cemilan

Beberapa keuntungan dan kelebihan jika anda menjalankan usaha cemilan dari rumah yaitu keuntungan yang cukup besar meskipun dengan modal yang kecil. Jika anda bisa memasarkannya dan jeli memilih produk cemilan yang berkualitas dan banyak diminati, maka tidak menutup kemungkinan usaha ini akan mendatangkan keuntungan besar bagi anda.

Tingginya minat masyarakat terhadap kebutuhan produk cemilan membuat usaha ini memiliki peluang pasar yang cukup luas. Tingkat kerugian akan penjualan produk cemilan relatif kecil karena daya tahan produk yang lama dan tidak cepat rusak.

Kekurangan Usaha Rumahan Bisnis Camilan Makanan

Kendala atau tantangan yang seringkali dihadapi pelaku usaha cemilan adalah pengadaan barang yang tidak pasti sehingga menyebabkan sewaktu-waktu stok bisa kosong ketika tingginya permintaan pasar. Apalagi jika sedang dalam kondisi tertentu misalnya menjelang hari raya besar seperti lebaran, dimana permintaan akan kebutuhan produk cemilan sangat tinggi.

Sebagai langkah antisipasi terjadinya lonjakan permintaan pasar ketika stok barang sedang menipis maka lakukan pengadaan produk yang banyak ketika produsen sedang memproduksi dalam jumlah besar. Belilah dalam jumlah yang banyak sebagai bahan persediaan. Solusi lainnya, anda bisa menjalin kerjasama dengan beberapa produsen namun dengan kualitas yang hampir sama untuk menjaga kualitas produk cemilan serta mempertahankan loyalitas konsumen terhadap produk yang anda jual.

Artikel Terkait : Peluang Usaha Rumahan Toko Sembako Dan Kunci Suksesnya

4.Cara Pemasaran Bisnis Camilan Makanan

Pemasaran untuk produk cemilan yang paling banyak dilakukan oleh pelaku bisnis ini adalah dengan sistem konsinyasi atau titip jual, namun bisa juga dengan jual putus di beberapa tempat yang ramai pengunjung. Biasanya sistem pemasaran bisa disesuaikan dengan kesepakatan antar supplier dengan pemilik warung.

Untuk memperluas pasar serta memenuhi kebutuhan konsumen, anda bisa menawarkan produk cemilan dengan berbagai ukuran mulai dari 100 gr – 1000 gr. Buatlah kemasan produk yang menarik agar konsumen tertarik membeli dan mudah diingat. Kualitas rasa dan kemasan yang menarik dapat mempertahankan produk yang anda jual ditengah ketatnya persaingan bisnis.

Strategi promosi lainnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan penawaran harga khusus jika pembelian dalam jumlah banyak. Berikan potongan harga jika konsumen membeli dalam jumlah banyak, hal ini bisa jadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan memberikan kepuasaan layanan terhadap konsumen. Anda juga bisa memperluas pemasaran dengan menggunakan berbagai media online yang banyak tersedia saat ini sebagai alat promosi.

Artikel Terkait : Tips Membuka Usaha Bagi Pemula Agar Sukses

5.Kunci Sukses Menjalankan Usaha Rumahan Bisnis Camilan Makanan

Untuk usaha camilan makanan dimana produk yang dijual adalah berupa makanan maka hal terpenting agar usaha yang dijalankan dapat bertahan dan sukses yaitu dengan memperhatikan segi kualitas dan rasa. Untuk dapat mengetahui apakah rasa produk cemilan yang anda jual nikmat dan bisa laris dipasaran, anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu dengan mencicipinya dan membagikan produk tersebut ke beberapa orang dan tanyakan respon mereka terhadap rasa cemilan tersebut. Jika banyak yang menyukai, maka kemungkinan produk akan laku dipasaran.

Selain rasa, kemasan yang menarik juga turut menjadi faktor suksesnya usaha cemilan. Kemasan serta merk yang dapat mencuri perhatian banyak orang, bisa jadi daya tarik utama yang membuat orang penasaran kemudian tertarik membeli produk.

Untuk menghindari kerugian, usahakan jeli dalam memilih tempat menjual produk. Pilihlah warung, kantin dan minimarket yang ramai pengunjung, hindari yang sepi karena hal ini dapat membuat produk camilan yang anda titipkan ditempat tersebut lambat terjual.

Demikianlah ulasan mengenai peluang usaha rumahan bisnis camilan makanan yang dapat kami bagikan. Terimakasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk anda semua 🙂

Cara Bisnis Anti Gagal
author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.

Leave a reply "Bisnis Camilan Makanan Dan Bagaimana Kunci Suksesnya"