Bersyukur lah atas Apapun yang Terjadi!

bersyukurSeringkali manusia hanya bersyukur saat mereka telah mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan atau apa yang menurut mereka baik. Padahal apa yang menurut mereka baik itu belum tentu hal tersebut itu baik menurut Allah. Sebaliknya, manusia lupa bersyukur jika keinginannya tidak tercapai atau mendapatkan sesuatu yang mereka benci, padahal boleh jadi hal tersebut sangat baik bagi mereka.

Sebagaimana dalam Al Quran, Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula)
kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS.Al Baqarah:216)

Banyak sesuatu yang dicari manusia yang hampir saja rusak dirinya karena menyesali sesuatu yang tidak mereka dapatkan. Tetapi setelah beberapa waktu tampak baginya bahwa ternyata sesuatu yang tidak mereka dapatkan itu adalah cara penyelamatan dari Allah. Banyak juga cobaan dikeluhkan oleh seseorang karena sesuatu yang tidak mereka dapatkan. Tetapi setelah beberapa waktu ternyata hal itu menimbulkan suatu kebaikan di dalam hidupnya yang tidak pernah dialaminya ketika dia hidup dalam kemakmuran yang panjang.
Jadi bersyukur lah atas apapun yang terjadi bagi diri kita, meskipun itu buruk menurut sangkaan kita, tetapi bisa saja baik menurut Allah, setidaknya ada hikmah dalam kejadian tersebut. Apa yang kita miliki mungkin itu yang terbaik bagi kita, apa yang tidak kita miliki bisa saja itu juga yang terbaik bagi kita. Musibah yang terjadi bisa saja memang harus demikian agar hidup kita lebih baik.
Kita sering tidak tahu apa yang ada dibalik sesuatu kejadian yang menimpa kita, hanya Allah yang Maha tahu. Sementara Allah Maha Penyayang sehingga mungkin saja apa yang Allah takdirkan kepada kita adalah bentuk kasih sayangnya kepada kita namun kita tidak
menyadarinya. Bersyukur lah, bebaskan diri kita dari keluh kesah, hidup kita insya Allah
akan lebih tenang, lebih bersemangat, jauh dari putus asa, dan tetap termotivasi.

Bersyukur dapat Membentuk Pola Sukses

Bersyukur dapat membentuk pola sukses. Kita bisa menanamkan pola sukses tersebut dengan sengaja, meskipun kita tidak berada diantara orang-orang “sukses”. Kita cukup memanfaatkan kesuksesan diri kita sendiri, caranya ialah dengan mensyukuri kesuksesan-kesuksesan Anda yang telah lalu. Anda bisa, karena Anda pernah mengalamai kesuksesan di masa lalu. Jadi bersyukur lah sukses Anda meskipun menurut Anda itu sukses kecil. Sebagaimana kita ketahui sukses adalah tercapainya apa yang Anda inginkan, dan insya Allah Anda pernah mengalaminya. Mungkin dulu anda lupa bersyukur, maka bersyukur lah sekarang, bersyukur tidak mengenal kata terlambat.
Bersyukur lah atas nikmat yang Anda peroleh saat itu, baik berupa materi, ilmu, penghargaan dan sebagainya. Anda juga perlu bersyukur atas perasaan-perasaan Anda saat itu, perasaan bahagia, senang, bangga, dan sebagainya.

Bersyukur dapat membuka Rezeki

Dari Al Quran, kita tahu bahwa jika kita bersyukur maka Allah akan membuka rezeki atau nambah nikmat kepada kita. Dari ilmu pengetahuan pun kita bisa menemukan bahwa ada hubungan antara bersyukur dengan motivasi. Jika kita mensyukuri nikmat yang telah kita miliki, maka pikiran kita akan terbentuk pola menerima dan akrab dengan hal yang kita syukuri.

Jika kita bersyukur suatu nikmat, maka pikiran kita akan menarik dan menyaring
berbagai informasi yang berhubungan dengan nikmat tersebut. Dengan demikian pikiran
Anda akan dipenuhi ide-ide untuk menambah nikmat tersebut, sementara pikiran Anda
sudah dalam pola terbuka atau menerima. Jadi sudah kita ketahui bahwa baik secara
keimanan maupun secara ilmiah, jika kita bersyukur insya Allah, Allah membuka rezeki kita.

Marilah kita bersyukur nikmat yang telah kita miliki. Cara bersyukur nikmat bisa dengan cara mengucapkan Alhamdulillah, beribadah dengan lebih baik, dan memanfaatkan nikmat yang telah Allah berikan sebaik mungkin. Bersyukur itu termasuk rahasia sukses. Semoga bermanfaat!

One thought on “Bersyukur lah atas Apapun yang Terjadi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *