• Follow us : Facebook Google+ RSS Feed
Home » Artikel Islam » Bagaimana Menghadapi Kesulitan Hidup?

Bagaimana Menghadapi Kesulitan Hidup?

Janet's Rich Banana Bread Recipe Bagaimana Menghadapi Kesulitan Hidup?
109

kesulitan hidupKesulitan hidup benar-benar sesuatu yang tidak enak. Tak seorang pun menginginkannya. Setiap orang menghindarinya. Setiap orang menginginkan hidup dalam kemudahan. Sehingga kebanyakan orang menghindari kesulitan hidup ini. Namun, tidak semua orang mampu menghindari kesulitan hidup ini.

Sebenarnya Hidup itu Indah

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Alam Nasrah: 5-6) Jika kita membaca ayat ini, mengapa kita harus takut? sebab jika saat ini sedang sulit, maka esok kemudahan lah yang datang. Ayat ini memberikan inspirasi bagi kita untuk percaya bahwa sesudah kesulitan ada kemudahan. Jadi, jangan lah bersedih jika mengalami kesulitan hidup. Renungi lah ayat di atas selalu. Ketika Nabi Musa harus menghadapi serangan dari Fir’aun, maka Nabi Musa bersikap tenang seperti di jelaskan pada Alqur’an sebagai berikut. Maka Fir’aun dan bala tentara dapat menyusuli mereka di waktu matahari terbit. Maka setelah kedua golongan itu saling melihat, berkatalah pengikut Musa : “sesungguhnya kita benar-benar akan tersusul.” Musa menjawab: “sekali-kali tidak akan tersusul, sesungguhnya Tuhanku besertaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku” (QS. Asy Syu’araa’ 60-62) Jika kita meneladani Nabi Musa kita juga bisa mengatakan bahwa sesungguhnya Allah bersamaku. Jadi jangan lah bersedih dan berputus asa. Jangan pernah merasa terhimpit karena keadaan akan berubah.

Hikmah kesulitan hidup

Daripada tenggelam dengan kesedihan dalam hidup, mengapa kita tidak berusaha mengambil hikmah dari kesulitan itu tersebut? Hikmah dari kesulitan dalam hidup ini mungkin adalah : 1. Agar memiliki hati yang lebih kuat, sebab kesulitan menguatkan hati kita. 2. Agar sadar dengan segala kekurangan dan kesalahan sehingga kita selalu bertaubat dan dosa kita di ampuni! 3. Bebas dari rasa ujub, kesulitan adalah bisa saja sebagai teguran karena kita merasa bisa dan merasa pintar. 4. Agar senantiasa tidak lalai 5. Lebih banyak mengingat Allah 6. Lebih sabar dalam hidup.

Tips Menghadapi Kesulitan Hidup

Bagaimana menghadapi kesulitan hidup? Caranya adalah dengan mengoptimalkan diri Anda kemudian bersabar dan berserah diri pada Allah. Serahkan semua kesulitan Anda pada Allah. Dengan mengoptimalkan potensi diri Anda untuk menghadapi dan mengatasi kesulitan dalam hidup Anda sendiri maka Anda akan mampu mengatasi kesulitan hidup Anda. Dalam kondisi yang kepepet Anda akan terdesak untuk mengoptimalkan segala daya dan upaya Anda untuk mengatasinya. Setelah Anda sudah mengoptimalkan segala cara untuk mengatasinya? langkah selanjutnya adalah Anda serahkan semuanya pada Allah SWT. Kemudiaan bersabarlah pada hasilnya. InsyaAllah dengan cara itu Anda akan bisa menghadapi sekaligus mengatasi kesulitan Anda. Apa pun kesulitan Anda. Kesulitan itu sebenarnya kecil bagi Allah. Sehingga serahkan lah semuanya pada Allah Yang Maha Kuat dan Maha Kaya. Jika kita ingin mampu menghadapi dan mengatasi kesulitan hidup.

Incoming search terms:

Related Posts

One Response

  1. terimakasih kpd anda yg mengutip ilmu tersebut.bagaimn cara menghilangkan rasa tertekan dan takut terhadap masalah yg selalu membayangi kita,hrp jwaban.nya.

Leave a Reply

 
© 2013 · RSS · Designed by Indowebthemes
Get up to speed fast on article spinner : risk free trial
Plugin from the creators of Brindes Personalizados :: More at Plulz Wordpress Plugins

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin