Bagaimana Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri?

membangun bisnisMembangun bisnis yang bisa berjalan tanpa adanya anda adalah hal yang sangat menyenangkan. Artinya bisnis tersebut tidak harus memerlukan anda lagi. Bila hal itu bisa anda dapatkan maka anda bisa pasif income.

Bagaimana membangun bisnis yang bisa berjalan tanpa anda?

Ini kuncinya. Ada 4 hal yang bisa anda lakukan untuk bisa membangun bisnis yang bisa berjalan tanpa anda. Berikut adalah 4 cara membangun bisnis agar bisa berjalan sendiri :

1.Membuat sistem

Pada umumnya sistem tercipta karena dua hal. Yang pertama karena faktor kesengajaan dan yang kedua adalah ketidaksengajaan. Dan, sistem kebanyakan tercipta karena faktor ketidaksengajaan.
Saat anda membeli makanan dalam kemasan, dibungkusnya hampir semua tercetak tanggal kadaluarsanya. Mengapa BPOM memberlakukan sistem kadaluarsa? Itulah sistem yang di maksud.

Jika anda membangun bisnis internet, anda juga bisa mendapatkan bisnis yang bisa berjalan tanpa anda. Karena sama hal nya dengan bisnis konvensional pada umumnya, anda hanya perlu membangunnya. Kalau anda memiliki website maka anda sudah membangun bisnis dengan sistem, otomatis 24 jam. Dengan bisnis internet kita bisa menciptakan sistem, dimana bisnis bisa berjalan tanpa anda.

Kalau anda tidak bisa menciptakan sistem, maka anda bisa saja mengikuti bisnis yang sudah memiliki sistem yang baik. Yang bisa anda set di awal kemudian setelah pada tahap tertentu, anda bisa meninggalkannya. Ini jauh lebih mudah ketimbang anda harus menciptakan sistem. Contohnya adalah bisnis waralaba pribadi.

2.Duplikasikan sistem

Kalau anda sudah membangun bisnis dengan sistem. Maka untuk menumbuhkembangkan bisnis anda adalah dengan cara duplikasi. Kalau dalam bisnis internet anda sudah mempunyai website dan sistem, maka tinggal anda perbanyak website anda.

Jika anda mengikuti sistem yang ada, maka anda bisa menduplikasikan sistem tersebut pada bawahan atau pengikut anda. Mereka harus di latih bisa mengerjakan apa yang sudah anda kerjakan, itu berarti sistem duplikasi terjadi.

3.Biarkan mereka (tim anda) melakukan kesalahan

Saat pertama kali menduplikasikan sistem di bisnis sering tidak akan langsung berhasil. Anda akan dihadapkan banyak hal yang akan membuat anda ingin melakukannya sendiri. Namun, anda harus menahan diri. Jangan tergoda untuk melakukannya. Biarkan tim anda yang mengerjakannya, meskipun harus melakukan kesalahan terlebih dahulu. Biarkan mereka belajar dari keselahan.

4.Buat evaluasi

Sistem yang sudah anda buat harus di evaluasi secara berkala baik itu bulanan, tiga bulanan, 6 bulanan bahkan setelah setahun. Dari evaluasi anda bisa melihat mana yang berhasil dan mana yang perlu di perbaiki sehingga anda akan mendapatkan hasil terbaik. Ini adalah langkah terakhir yang bisa anda lakukan dan jangan sampai anda lewatkan.

Itulah 4 cara agar bisa membangun bisnis anda bisa berjalan sendiri tanpa anda. Tentu memerlukan waktu untuk membangun bisnis yang bisa berjalan sendiri sehingga anda akhirnya bisa pasif income dan berada pada kudran orang-orang superkaya. Baca juga artikel saya tentang Rahasia sukses para miliarder. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Salam sukses selalu.

author
Ilawati Pristiani adalah Seorang Pengusaha Toko Online, Blogger, Internet Marketer dan Apoteker Penanggung Jawab (APA) di Apotek. Visi hidupnya adalah Sukses Dunia Akhirat & Memberikan Banyak Manfaat Kepada Semua Orang.

Leave a reply "Bagaimana Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri?"