Bagaimana Bentuk Tujuan yang Ideal

tujuan yang idealTujuan yang ideal yang sangat diperlukan untuk memulai kesuksesan Anda. Memiliki tujuan juga salah satu rahasia meraih sukses. Tujuan yang harus kita miliki harus ideal. Bagaimana cara membuat tujuan ideal tersebut?

Menentukan tujuan sangat penting untuk Anda untuk memulai kesuksesan. Inilah langkah pertama yang tidak boleh Anda lewatkan sedikitpun. Anda harus menetapkan tujuan Anda dalam bentuk tertulis dan Anda harus memulainya sekarang juga.

Bentuk tujuan yang ideal

Tujuan itu bukanlah keinginan dalam bentuk sesuatu yang konkret. Misalnya tujuan hidup Anda adalah memiliki rumah yang mewah, mendapat gaji besar, mobil yang mahal, atau segala hal yang wah. Apa bedanya dengan bermimpi besar. Tentu saja berbeda. Impian lebih konkret daripada tujuan sejati.

Tujuan sejati Anda harus kejar sifatnya tidak kelihatan. Sebagai contoh tujuan hidup saya adalah sukses dunia akhirat :-). Nah, sudah jelas bukan apa beda impian dan tujuan hidup?

Tujuan yang ideal apabila tercapai biasanya akan mendatangkan kebahagiaan yang abadi. Kebahagiaan bisa datang dari kesuksesan. Dan memang tujuan utama dari kesuksesan adalah kebahagiaan itu sendiri.

Menurut Charles Vance, segala hal yang konkret itu bukanlah tujuan sejati, tetapi lebih sekedar motivasi bagi kita untuk mencapai tujuan sejati. Dengan kata lain, segala hal yang konkret itu kita jadikan tujuan antara atau bukan sebagai tujuan akhir bagi kesuksesan kita. tujuan yang ideal adalah sesuatu yang bermakna dan memiliki arah positif bagi kehidupan kita.

Jadi, penetapan tujuan yang ideal itu harus menggabungkan antara ambisi dengan cita-cita luhur. Jika kita menetapkan tujuan hanya sebagai ambisi saja, maka kita akan pasti menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. Untuk mendapatkannya kita tidak peduli nilai-nilai luhur yang ada dalam masyarakat. Yang penting kita bisa mencapai ambisi pribadi.

Contoh yang paling nyata adalah keinginan untuk menumpuk harta kekayaan dengan cara curang atau dengan cara manipulasi, korupsi, dan penyalahgunaan jabatan serta hal-hal negatif lainnya. Jadi hal ini bukanlah tujuan sejati, meskipun dalam mewujudkan kejayaan hidup Anda akan mendapatkan hal-hal seperti di atas. Jadikanlah hal tersebut sebagai bagian dari tujuan Anda, tetapi bukan tujuan utama Anda.

Jadi ambisi itu cendrung bisa merusak kita apabila tidak di iringi dengan cita-cita luhur atau tujuan yang ideal itu sendiri. Ini benar-benar berbahaya sekali. Istilah lain bisa di ibaratkan bahwa seseorang yang memiliki tujuan ini ibarat keinginan lebih baik dari orang lain tanpa adanya keinginan untuk memperbaiki diri atau lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana Memilih Sebuah Tujuan yang Ideal?

Nah, sekarang bagaimana memilih sebuah tujuan supaya menjadi ideal. Memilih tujuan yang benar-benar tepat atau tujuan yang ideal sebenarnya tidak terlalu susah. Ini kembali lagi kepada sifat manusia itu sendiri yang tidak pernah puas pada satu hal. Sifat selalu berusaha untuk mengambil semuanya itu sehingga menjadi kebingungan tersendiri bagi kita untuk memilih sebuah tujuan yang benar-benar sesuai dengan ciri dan kepribadian kita sendiri.

Kondisi seperti itu justru membuat kita tidak bisa membuat tujuan yang terstruktur. Lalu bagaimana memilih tujuan yang sesuai dengan keinginan kita dan bisa mewujudkannya dalam aksi yang konkret? Jika Anda memiliki tabel tujuan yang jelas dan telah terformulasi, maka Anda dapat mengulasnya dan mengetahuinya apa yang seharusnya Anda lakukan selanjutnya.

Lihat lah tujuan Anda tersebut dan prioritaskan. Apa saja tujuan yang paling benar-benar Anda wujudkan? Apa saja langkah yang perlu Anda kerjakan sekarang? Maka kerjakanlah sekarang. Jangan membuang waktu lagi. Tulislah dengan rinci apa saja yang harus Anda kerjakan dari tujuan Anda tersebut dan bagaimana urutan kerjanya. Kerjakanlah secara berurutan.

Itulah cara memilih suatu tujuan ideal yang harus Anda tentukan mulai dari sekarang. Ingat, ini langkah awal Anda. Lakukan hal ini terlebih dahulu sebelum memulai langkah berikutnya dalam meraih sukses Anda. Selamat bekerja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *