7 Tips Percaya Diri Saat Presentasi

tips percaya diri saat presentasiPresentasi adalah pekerjaan yang sering kita lakukan baik di sekolah, waktu kuliah, atau pada saat bekerja disebuah kantor, dan kegiatan lainnya yang mengharuskan kita presentasi. Saat presentasi kita mungkin merasa grogi. Perasaan ini hampir di alami oleh semua orang. Perasaan grogi ini di timbulkan oleh kurangnya percaya diri dalam diri kita. Seseorang yang posisinya tinggi pun misalnya saja seorang dosen bisa saja merasa grogi di hadapan mahasiswanya. Apalagi orang yang mungkin merasa posisinya lebih rendah harus presentasi di hadapan orang yang posisinya lebih tinggi mungkin akan tambah lebih grogi lagi. Kuncinya adalah percaya diri. Kalau rasa percaya diri kita tinggi tentu saja kita akan sukses dalam presentasi. Jadi, yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan percaya diri kita saat prensentasi.

Tips percaya diri saat presentasi

.

1. Lakukan affirmasi dan visualisasi sebelum presentasi di mulai.

Affirmasi dan visualisasi sudah saya bahas pada postingan saya sebelumnya. Teknik ini sangat dahsyat untuk meraih kepercayaan diri dan meraih apapun yang Anda inginkan dalam bidang apapun juga.

2. Lakukan persiapan materi presentasi dan kuasai materi yang akan dipresentasikan.

Anda harus benar-benar siap dalam menghadapi presentasi. Persiapan mulai dari materi yang bagus dan penguasaan materi tersebut.

3. Lakukan persiapan penampilan fisik Anda.

Anda harus tampil rapi dan sopan dalam presentasi karena semua mata akan tertuju pada Anda.

3. Tenangkan diri anda sejenak. Sementara anda menunggu giliran, atur nafas anda. Tarik nafas dalam-dalam, keluarkan lambat-lambat. Tenangkan pikiran dan emosi anda.

4. Berdirilah dengan sigap. Berjalanlah dengan tegap dan mantap. Bila perlu hembuskan nafas lepas sambil berteriak kecil, “yes”. Atau turut bertepuk tangan menyambut applaus dari audiens. Lakukan apa-apanya dengan sikap tegas. Biarkan energi itu mengalir dalam gerakan anda.

5. Berbicaralah dengan keras dan lantang. Bila anda berbicara lambat, maka bibir anda akan semakin gemetar, suara anda pun bergetar. Salurkan rasa grogi anda melalui suara anda yang keras dan lantang. Suara keras anda bukan hanya dapat mengatasi kecemasan, namun juga sarana menyalurkan energi tersebut.

6. Diam sejenak. Anda dapat menyalurkan ketegangan dalam diri anda pada para audiens, yaitu dengan memulai presentasi anda dengan diam beberapa detik. Biarkan ketegangan anda terserap dan jadi ketegangan audiens.

7. Lontarkan humor yang wajar. Lenturkan kegugupan anda dengan sebuah humor yang wajar. Anda memang perlu merencanakannya dengan baik, namun jangan sampai kehilangan spontanitas.Dan, humor terbaik yang tidak akan melukai perasaan siapa pun adalah humor tentang diri anda.

Tips percaya diri saat presentasi ini sangat penting sekali bagi Anda. Tidak hanya seorang yang bekerja di kantoran saja.

Apabila Anda ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang tips percaya diri saat presentasi Anda bisa membaca ebook percaya diri dalam 21 hari. Kunci percaya diri saat presentasi adalah tingkatkan percaya diri dalam diri Anda!

Selamat presentasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *