7 Kebiasaan Manusia yang Tidak Efektif

kebiasaan manusia yang tidak efektifBanyak manusia melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak efektif. Kebiasaan-kebiasaan itu harus dihindari, karena bisa membuat anda kehilangan banyak kesempatan dan waktu dalam menjalani hidup yang hanya sekali dan sangat bermakna ini.

Anda mungkin sudah pernah membaca atau mendengar buku karangan Stephen R. Covey yang berjudul 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif yang termasuk buku Best Seller di dunia. Selengkapnya bisa anda baca di artikel berikut.

# 7 Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif

Dari sana kita bisa melihat adanya 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif. Nah, berkaitan dengan hal itu, maka kali ini saya akan menulis kebalikan dari kebiasaan yang sangat efektif tersebut yaitu kebiasaan yang tidak efektif. Apa saja 7 kebiasaan manusia yang tidak efektif itu? Berikut adalah 7 kebiasaan manusia yang tidak efektif.

7 Kebiasaan Manusia yang Tidak Efektif

1.Tidak ’menampakkan diri’

Perlihatkan pada dunia, siapa diri anda? Tidak menampakkan diri adalah hal yang sangat tidak efektif yang harus di hindari. Menampakkan diri ini sangat penting apalagi dalam dunia bisnis. Orang mengenal produk anda setelah mengenal anda. Jadi, bila anda ingin dagangan anda laku. Maka perlihatkan diri anda. Buktikanlah eksistensi anda dalam bidang yang ingin anda geluti. Bukannya sebaliknya.

Misalnya anda ingin menjadi penulis, maka langkah anda adalah menulis sebanyak-banyaknya di blog, forum, facebook, hal itu akan membuat anda dikenal sebagai penulis sehingga akan mendatangkan peluang besar bagi anda. Contoh lain adalah jika anda adalah seorang pedagang bunga, namun, kerjaan anda hanya sembunyi di balik pot bunga, bagaimana mungkin orang bisa melihat anda?

2.Menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan jelas sangat tidak efektif. Ini akan membuang waktu anda saja. Anda harus segera melakukan sesuatu dan segera bertindak. Pikirkan kalau anda menunda pekerjaan maka anda akan kehilangan waktu. Pikirkan juga manfaat –manfaat jika anda segera mengerjakan pekerjaan itu. Anda jelas telah kehilangan waktu dari hasil menunda pekerjaan anda.

Menunda pekerjaan juga berarti anda memiliki sikap malas dalam memulai sesuatu. Sikap malas sangat berbahaya dan tidak produktif. Mau menghancurkan penyakit malas? Saya telah menulis artikel tentang malas, silahkan anda baca :

# Rahasia Menghancurkan Penyakit Malas

3. Anda melakukan sesuatu yang sebetulnya tidak penting

Banyak sekali orang yang suka melakukan sesuatu yang tidak penting. Sebagai contoh adalah melamun. Melamun adalah contoh hal yang tidak penting yang harus anda hindari. Melamun beda dengan visualisasi atau membayangkan sesuatu hal positif. Kalau melamun, kita biasanya memikirkan sesuatu yang tidak penting atau memikirkan sesuatu yang tidak berakibat positif bagi anda.

Hal tidak penting lainnya adalah menonton TV secara berlebihan. Menonton TV boleh-boleh saja, tetapi jika dilakukan secara berlebihan misalnya seharian penuh, maka anda telah membuang waktu sia-sia.

Sebagai contoh lagi adalah menggunakan facebook secara berlebihan hanya untuk menulis status “galau”. Saat ini, banyak sekali orang yang menggunakan facebook untuk berbisnis, jadi dari pada anda menulis status galau di facebook alangkah baiknya anda menggunakan facebook untuk berbisnis.

4.Berpikir terlalu lama

Terkadang untuk memulai sesuatu kita terlalu banyak berpikir dulu baru mengerjakannya. Segeralah lakukan, jangan terlalu banyak berpikir. Jika anda ingin memulai sesuatu, maka ingatlah manfaat yang didapat dari apa yang ingin anda lakukan tersebut. Dengan mengingat manfaat maka anda akan lebih cepat bertindak dari pada berpikir terlalu lama.

Anda juga perlu motivasi agar bertindak cepat, jadi carilah motivasi yang cocok untuk anda. dengan motivasi yang tinggi, maka anda akan lebih cepat bertindak, dan tidak perlu lagi terlalu banyak berpikir. Perlu motivasi? Silahkan baca artikel saya di :

# Rahasia Termotivasi Setiap Hari

5.Melihat sisi negatif dari setiap hal

Manusia memang tidak ada yang sempurna. Terkadang kita menyalahkan orang lain dan selalu melihat sisi negatif pada orang lain. Memandang orang lain dari sisi negatif itu sebenarnya merugikan kita, bukan merugikan orang lain yang kita pandang negatif . Jika orang lain itu memang salah. Maka sikap kita yang lebih baik adalah membiarkannya saja. Pikirkan saja diri kita dan terus menerus berpikir positif. Lebih baik anda memperbaiki diri sendiri daripada anda harus memperbaiki orang lain. Tidak hanya kepada orang lain, tetapi juga pada apapun yang terjadi pada kita.

6.Keras kepala pada pendirian anda sendiri dan menolak pendapat orang lain

Terkadang manusia itu selalu mau menang sendiri. Padahal, tidak hanya dia yang punya pendapat, orang lain juga punya hak memiliki pendapat dan ingin pendapatnya di dengar. Keras kepala akan membuat anda lebih egois dan menolak pendapat orang lain, sehingga akan membuat anda tidak pernah memperhatikan orang lain.

Jadi, cobalah untuk mengakui keberadaan orang lain dengan cara menerima pendapat orang lain. Menerima pendapat orang lain bukan berarti anda setuju dengan pendapat orang lain tersebut, hanya saja anda harus membiarkan orang lain berpendapat terlebih dahulu.

7. Membiarkan informasi membanjiri otak anda

Kebanyakan informasi membuat otak anda kelebihan informasi sehingga menyebabkan stress. Ini sama sekali kurang efektif dan harus anda hindari. Informasi yang berlebihan membuat anda akan bingung harus memakai informasi mana terlebih dahulu.

Oke, hanya ini yang bisa saya sampaikan terkait 7 kebiasaan manusia yang tidak efektif. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *