7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif

7 kebiasaan manusia yang sangat efektifAnda mungkin sudah pernah membaca atau mendengar buku karangan Stephen R. Covey yang berjudul 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif yang termasuk buku Best Seller di dunia. Dari sana kita bisa melihat adanya 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif. Apa saja 7 kebiasaan yang sangat efektif tersebut. Nah, kali ini saya akan menulis 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif tersebut. Silahkan di simak.

7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif

Kebiasaan 1 : Jadilah Proaktif

Proaktif di sini adalah bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri (di masa lalu, di masa sekarang, maupun di masa mendatang), dan membuat pilihan-pilihan berdasarkan prinsip-prinsip serta nilai-nilai ketimbang pada suasana hati atau keadaan. Kebalikan proaktif adalah reaktif.

Orang-orang proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan. Mereka aktif mengambil peluang dan tidak memilih diam. Mereka bertekad menjadi daya pendorong kreatif dalam hidup mereka sendiri. Selengkapnya tentang sikap proaktif ini anda bisa baca artikel saya di bawah ini :

# Pentingnya Sikap Proaktif Dalam Berbisnis

Kebiasaan 2 : Merujuk pada Tujuan Akhir

Untuk mendapatkan sesuatu atau sukses di suatu bidang, Anda harus memiliki tujuan terlebih dahulu. Kemudian dengan tujuan itulah anda kemudian bisa bekerja dan bersemangat. Sebelum mendapatkan tujuan akhir itu, terlebih dahulu lihatlah tujuan itu dipikiran anda.

Jangan melihat keadaan sekarang, tapi lihatlah keadaan yang ingin di tuju, karena boleh jadi keadaan sekarang belum merupakan keadaan yang anda inginkan, jadi lihatlah hasil akhirnya saja yang anda inginkan. Nah, itulah yang dimaksud dengan merujuk pada tujuan akhir. Fokuslah pada tujuan akhir anda. Silahkan baca artikel saya tentang tujuan di bawah ini.

# Mengapa Untuk Sukses Harus Memiliki Tujuan Jelas?
# Bagaimana Bentuk Tujuan yang Ideal
# Sudahkah Anda Menentukan Tujuan Hidup Anda?

Kebiasaan 3 : Dahulukan yang Utama

Dalam hal ini adalah anda harus mendahulukan prioritas dalam bekerja. Mana yang lebih utama, itu yang di dahulukan dan jangan menundanya. Kebiasaan ketiga ini berkaitan dengan manajemen waktu. Mengenai waktu apa saja yang harus anda dahulukan. Tentu saja waktu yang harus anda dahulukan adalah waktu yang penting dan mendesak. Tentang mendahulukan prioritas selengkapnya bisa di baca pada artikel berikut.

# Pentingnya Mendahulukan Prioritas

Kebiasaan 4 : Berpikir Menang/Menang

Berpikir menang/menang adalah sebuah cara berpikir, dimana anda selalu ingin mencapai keuntungan bersama dan didasarkan pada sikap yang saling menghormati antara manusia.

Berpikir menang/menang artinya anda tidak berpikir egois. Misalnya dalam pekerjaan. Kita pasti berinteraksi dengan banyak orang. Interaksi dengan banyak orang itu akan membentuk tim. Dan diharapkan dalam tim itu terjadi hubungan saling menguntungkan. Jangan berpikir tentang “aku” tetapi rubah pula pikir menjadi “kita”

Berpikir menang/menang mendorong penyelesaian masalah-masalah dan membantu masing-masing individu untuk mencari solusi-solusi yang sama-sama menguntungkan. Berpikir menang/menang artinya berbagi informasi, kekuasaan, pengakuan, dan imbalan secara bersama-sama.

Kebiasaan 5 : Berusaha untuk Memahami Terlebih dulu, Baru Dipahami

Terkadang orang ingin dipahami terlebih dahulu. Sekarang, mulailah dengan memahami terlebih dahulu orang lain. Kalau orang lain merasa dipahami, mereka merasa dihargai, sehingga peluang untuk berbicara secara terbuka serta dipahami terjadi lebih alami dan mudah. Berusaha memahami ini menuntut kemurahan dan berusaha dipahami menuntut keberanian. Keefektifan terletak dalam keseimbangan di antara keduanya.

Kebiasaan 6 : Wujudkan Sinergi

Memanfaatkan perbedaan-perbedaan yang ada dalam mengatasi masalah, memanfaatkan peluang. Tim-tim serta keluarga-keluarga yang sinergis memanfaatkan kekuatan masing-masing individu sehingga secara keseluruhannya lebih besar seperti ini mengenyampingkan sikap saling merugikan.

Kebiasaan 7 : Mengasah Gergaji

Mengasah gergaji adalah cara kita memperbaharui diri terus-menerus dalam keempat bidang kehidupan dasar: fisik, sosial/emosional, mental, dan rohaniah. Kebiasaan inilah yang meningkatkan kapasitas kita untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan efektif lainnya.

Oke, itulah 7 kebiasaan yang sangat efektif yang senantiasa harus kita lakukan dalam kehidupan. Memang 7 kebiasaan ini saya rasa benar-benar sangat efektif, sehingga tidak salah kalau buku karangan Stephen R. Covey yang berjudul 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif menjadi Best Seller.

One thought on “7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *