4 Langkah Menuju Kebahagiaan

kebahagiaanPada artikel sebelumnya saya telah menulis tentang arti bahagia. Lalu bagaimana caranya agar bisa lebih mudah hidup dengan kebahagiaan? Nah, Kali ini saya akan menulis tentang langkah menuju kebahagiaan yang saya ambil dari buku Ajroma Aditya Utama, langkah-langkah menuju kebahagiaan tersebut itu adalah :

1.Miliki dan Kendalikan emosi-emosi anda

Keyakinan, perasaan, emosi-emosi adalah miliki anda. Kendalikanlah semua itu. Ambilah kendali penuh melalui diri anda. Jangan biarkan ada tekanan-tekanan dari luar yang mendorong anda. Semua itu harus anda lalui dari diri anda sendiri. Kendalikan emosi anda, karena anda sendiri yang mempunyai kendali penuh atas emosi anda. Dengan begitu anda bisa memilih untuk hanya memiliki emosi yang bisa memberikan kebahagiaan untuk anda.

2.Buatlah kebahagiaan sebagai tujuan yang disengaja

Langkah selanjutnya adalah membuat kebahagiaan sebagai tujuan yang disengaja. Dalam hal ini anda memang sengaja memilih untuk bahagia. Karena bahagia adalah pilihan anda sendiri.

3.Terimalah diri apa adanya

Orang yang tidak bahagia biasanya orang yang tidak bisa menerima dirinya apa adanya. Jika kita bisa menerima diri apa adanya, maka akan mudah untuk bahagia. Jadi terimalah diri anda apa adanya. Selain itu, akan lebih baik jika anda juga mencintai diri anda sendiri.
Bagaimana caranya agar bisa menerima diri anda apa adanya?

Berikut adalah hal yang bisa anda lakukan agar bisa menerima diri anda apa adanya :

1.Memahami dan mengubah keyakinan
Keyakinan adalah ide-ide anda tentang diri anda, kehidupan, dan orang lain. Kejelasan pada apa yang anda percayai, siapa diri anda dan apa yang anda inginkan. Sayangnya kebanyakan dari kita tidak menyadari keyakinan-keyakinan tersebut. Keyakinan-keyakinan itulah yang bisa memberikan energi pada anda.

2.Bersyukur
Rasa terima kasih akan membuat anda menerima diri anda. Tulis daftar apa saja yang membuat anda bersyukur kepada Tuhan. Tulislah pada kertas 100 daftar hal-hal yang anda syukuri selama hidup anda. lakukan latihan ini selama beberapa hari. Itu akan membuat anda menerima diri anda.

3.Hiduplah dalam peristiwa sekarang
Orang yang tidak bisa menerima dirinya sendiri adalah karena mereka hidup pada bayang-bayang masa lalu. Jadi, hiduplah pada masa sekarang. Bukan pada masa lalu. Lupakan masa lalu, jika itu hanya membuat anda tidak bahagia. Terimalah diri anda yang sekarang.

4.Jujur terhadap diri sendiri dan orang lain.
Kebohongan adalah salah satu penyebab, ketidakbahagiaan dalam hidup. Baik bohong pada diri anda ataupun pada orang lain. Setiap kali anda melakukan kebohongan maka sadar atau tidak anda akan mengalami kecemasan dan ketidaktenangan. Kalau sudah demikian, maka apa anda akan merasa bahagia dengan keadaan tersebut?

5.Perluas cara pandang anda
Dunia ini mengandung semua cara pandang dan evaluasi. Memperluas cara pandang bukan berarti menutup mata dari semua kenegatifan. Tetapi, ini merupakan persoalan memilih sebuah perspektif yang bisa membantu anda menciptakan kehidupan yang anda inginkan serta mendorong kebahagiaan dan kesenangan. Dengan memperluas cara pandang anda, ini akan bisa membuat anda menerima diri anda apa adanya. Dan menciptakan kebahagiaan untuk anda.

Itulah cara-cara agar bisa memiliki kebahagiaan. Semoga artikel langkah-langkah menuju kebahagiaan ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *